• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Olahraga yoga sepertinya sudah tak asing lagi di telinga kita. Semakin banyak pusat kebugaran, juga tutorial video yang mengajak kita untuk melakukan olahraga ini. Memangnya, apa manfaat yoga yang membuatnya begitu istimewa?

Yoga adalah olahraga kuno untuk menyatukan tubuh dan pikiran yang meliputi latihan pernapasan juga meditasi dengan gerakan-gerakan tertentu. Manfaat yoga sangat beragam, mulai dari kesehatan fisik hingga ketenangan jiwa seperti di bawah ini:

Tubuh Menjadi Lebih Fleksibel dan Bebas Nyeri

manfaat yoga untuk kesehatan tubuh

Yoga membuat tubuhmu jadi lebih lentur - OkayDoc

Rutin latihan yoga akan membantu meregangkan, membentuk, juga menguatkan otot-otot tubuhmu, termasuk otot lengan, bahu, perut, pinggul juga kaki. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan menjadi lebih lentur dan fleksibel.

Manfaat tersebut membantumu menua dengan baik. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, fleksibilitas otot cenderung menurun, terutama jika kamu jarang bergerak, seperti terlalu banyak duduk.

Yoga pun membantu memperbaiki postur tubuh saat duduk dan berjalan. Hal ini bisa membantu mengatasi nyeri akibat kesalahan postur tubuh, seperti nyeri punggung.

Bagi kamu yang tidak bertubuh lentur, jangan khawatir. Ragam gerakan yoga dapat dilakukan pada berbagai tingkat kemampuan kok.

Alternatif Obat Penawar Stres

sebagai penghilang stres

Manfaat yoga termasuk meredakan stres - OkayDoc

Kamu merasa tertekan dan susah tidur? Coba lakukan yoga. Aktivitas fisik, termasuk yoga, dapat membantu mengatasi stres. Beragam studi juga menyebutkan bahwa yoga mampu menurunkan hormon stres kortisol.

Selain itu, penelitian pun menunjukkan bahwa mereka yang melakukan yoga memiliki denyut nadi lebih rendah sehingga tubuh mampu menghadapi stres dengan lebih baik.

Fakta-fakta tersebut juga sejalan dengan kegiatan yoga yang mengajarkan kita untuk hidup pada masa sekarang, tidak memikirkan masa lalu dan mengantisipasi masa depan. Inilah alasan di balik rasa tenang yang mungkin kamu dapatkan setelah melakukan yoga.

Baca Juga: 5 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Paling Ampuh!

Sarana Latihan Pernapasan

manfaat yoga sebagai sarana melatih pernapasan

Yoga membuat pernasapan lebih teratur- OkayDoc

Latihan yoga bisa membantumu bernapas lebih baik, yang dapat berdampak positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa gerakan yoga mengajarkanmu untuk mengambil napas lebih dalam (dari perut) dan perlahan yang dapat menenangkan sistem saraf sehingga kamu menjadi damai dan relaks. Gerakan ini dikenal sebagai pranayama.

Lakukan teknik ini kapanpun kamu membutuhkannya, misalnya pada situasi tertekan ataupun darurat. Bernapas dengan baik juga bisa bisa menjernihkan pikiran lho.

Selain itu, latihan pernapasan pada yoga turut disebut membantu meningkatkan kapasitas volume paru-paru, sehingga bermanfaat untuk mereka yang menderita gangguan pernapasan, seperti asma.

Mendukung Pola Makan Sehat dan Penurunan Berat Badan

manfaat yoga untuk memulihkan pola makan

Berat badan sehat lewat rajin olahraga yoga - OkayDoc

Menjadikan yoga sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari bisa membantumu menerapkan kebiasan makan penuh kesadaran (mindful eating) sehingga pola makan menjadi lebih sehat dan mendukung pernurunan berat badan.

Yoga membuatmu dapat menghadapi ragam emosi negatif dengan lebih baik. Kamu tidak akan menjadikan makanan sebagai pilihan pelarian untuk menekan emosi tersebut sehingga terhindar dari perilaku makan berlebih.

Mindful eating dan kontrol emosi yang baik tersebut juga dinilai baik untuk metabolisme tubuh, dapat membantu kontrol gula darah hingga mengatasi ragam gangguan makan.

Selain ragam manfaat di atas, yoga juga disebut dapat membantu mengurangi risiko beragam penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Tak hanya itu, yoga pun membuatmu menjadi pribadi yang lebih percaya diri, dapat meningkatkan kualitas hidup, sekaligus dipercaya sebagai resep untuk umur panjang.

Baca Juga: Cegah Cedera dengan 6 Panduan Yoga untuk Pemula

Manfaat yoga tidak hanya baik untuk untuk tubuh namun memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, baik secara mental maupun fisik. Jadi, kapan mau rajin melakukan yoga?

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...