• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu zat gizi teraman dan paling efektif. Berbagai manfaat vitamin C mencakup banyaknya manfaat yang dimiliki oleh nutrisi ini. Mulai dari kebaikannya untuk kecantikan hingga jantung dapat kamu peroleh.

Keutamaan vitamin C perlu didukung dengan cara konsumsi yang tepat. Konsumsi yang kurang atau terlalu banyak akan menjauhkanmu dari beragam manfaat vitamin ini dan justru menimbulkan berbagai kondisi serius yang dapat mengancam nyawa.

Pemanfaatan yang tepat baik untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan seluruh jaringan tubuh. Vitamin C juga bagus sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Masih banyak manfaat lainnya dari vitamin larut air ini.

Pahami Ragam Manfaat Vitamin C

manfaat vitamin c OkayDoc

Vitamin C bermanfaat bagi mood, kuku, rambut, antipenuaan, menangani flu, hingga mencegah stroke - OkayDoc

Vitamin C mempunyai beragam manfaat penting bagi tubuh. Nutrisi ini mampu membantu melindungi sel dan membuatnya tetap sehat, menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah, tulang, dan kartilago atau tulang rawan, serta membantu dalam proses penyembuhan luka.

Kebaikan lainnya yang juga dapat kamu petik, seperti:

Memperbaiki Mood

Ternyata orang yang mengalami kekurangan vitamin C lebih sering mengalami kelelahan dan depresi. Pemberian vitamin C, baik pada orang dengan kadar vitamin C rendah atau normal, nyatanya dapat meningkatkan perasaan.

Vitamin C dapat menurunkan kadar kecemasan dan menaikkan mood. Tak hanya itu, vitamin ini juga bermanfaat bagi orang yang imun sistemnya melemah karena stres. Nutrisi ini dianggap cukup sensitif terhadap kondisi stres.

Memicu Pertumbuhan Rambut dan Kuku Sehat

Vitamin C dapat menjadi sumber nutrisi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kukumu. Asam askorbat akan memelihara kesehatan kuku dengan menguatkan kulit, jaringan tubuh, tulang, dan pembuluh darah di sekitarnya.

Vitamin ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut dengan cara menutrisi dan menguatkan akar rambut. Kamu bisa mencoba memberikan rambut vitamin C melalui masker rambut.

Menjauhkan Tanda-tanda Penuaan

Tingginya asupan vitamin C berhubungan dengan rendahnya kemunculan keriput, kulit kering, dan penampakan usia kulit yang lebih baik. Sebab, asam askorbat tak hanya memengaruhi sel di dalam namun juga di luar tubuhmu.

Konsumsi vitamin C juga dipercaya dapat memperlambat tanda-tanda penuaan akibat kerusakan radikal bebas.

 manfaat vitamin C OkayDoc

Cegah penuaan dini dengan mengonsumsi vitamin C - OkayDoc

Membantu Menangani Flu

Saat flu menyerang ada baiknya kamu mengonsumsi vitamin C. Meski asam askorbat memang tidak akan menyembuhkan flu yang kamu alami, namun vitamin ini akan membantu mencegah munculnya komplikasi serius yang mungkin terjadi.

Misalnya, seperti mencegah kemungkinan komplikasi pneumonia atau infeksi paru-paru.

Berpotensi Mencegah Stroke

Tak hanya penyakit ringan seperti flu, vitamin penuh manfaat ini juga berdampak baik untuk stroke. Tingginya konsentrasi vitamin C dalam darah berkaitan dengan penurunan risiko stroke sebesar 42%. Alasannya masih belum begitu jelas.

Tetapi, saat kamu mengonsumsi banyak buah dan sayur maka kadar vitamin C dalam darah akan meningkat. Bukan itu saja, asupan yang diperoleh dari makanan sekaligus memberimu nutrisi lain seperti serat, vitamin, dan mineral.

Untuk memperoleh segudang manfaat vitamin C pastikan kamu mengonsumsinya dalam dosis yang tepat.

Efek Terlalu Sedikit atau Banyak Mengonsumsi Vitamin C

 manfaat vitamin c OkayDoc

Sebaiknya tidak mengonsumsi vitamin C lebih dari 2000 mg per hari - OkayDoc

Vitamin C disarankan untuk dikonsumsi sebanyak 40 mg per hari. Meski begitu, kebutuhan setiap orang akan vitamin ini mungkin berbeda. Misalnya, untuk perokok dan orang pasca operasi direkomendasikan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah lebih.

Asam askorbat memang tidak dapat disimpan di dalam tubuh, sehingga kecil kemungkinan kamu mengalami overdosis. Tetapi, sangat penting untuk memastikan asupan vitamin ini tidak lebih dari 2000 mg per hari untuk mencegah sakit perut dan diare.

Sedangkan kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan scurvy dengan gejala gusi berdarah, nyeri tulang serta sendi, dan lesu. Dampak lain dari rendahnya asupan vitamin C yaitu lambatnya penyembuhan luka atau luka yang hampir sembuh menjadi terbuka kembali.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat vitamin C, mulai sekarang jangan malas konsumsi buah dan sayuran sumber vitamin ini, ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Mengolah Camilan Sehat agar Bisa Diet Seimbang
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Rambut
Atasi Rambut Rontok Berlebihan pada Pria Pakai Cara ini!
Raditya Wardana
22 Jun 2017
Herba
Manfaat Suntik Vitamin C: Dari Menghambat Kanker Hingga Stroke
Vivi Hermin
10 Dec 2017
Kulit
Simak 7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Ini!
Maya Ligina
13 May 2018
Kebugaran
5 Manfaat Jus Alpukat yang Penuh Nutrisi dan Lemak Baik
Maya Ligina
03 May 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...