• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan timun atau mentimun. Tak hanya sekadar pelengkap lauk saat makan, timun ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah mata. Penasaran apa saja manfaat timun untuk mata?

Irisan mentimun terkenal dengan kandungannya yang baik untuk menjaga kecantikan kulit di sekitar mata. Ini karena timun kaya dengan antioksidan, air, dan vitamin C guna membantumu memperoleh tampilan mata yang segar.

Semakin lengkap, sebelum kamu mengetahui ragam manfaat timun untuk mata, berikut ini adalah beragam nutrisi di dalam timun yang mungkin memberikan beragam manfaat untuk kecantikan matamu.

Ketahui Kadar Nutrisi dalam Timun

kadar nutrisi timun

Melimpahnya kandungan nutrisi dalam timun menjadikannya sehat untuk mata - OkayDoc

Merawat kecantikan dan kesehatan matamu dengan timun merupakan pilihan yang tepat karena sejumlah kandungan gizinya dapat membantu mengusir rona lelah pada mata. Lantas, apa saja nutrisi sehat yang terkandung pada sayuran berwarna hijau ini? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

  • Potongan timun merupakan salah satu sayuran yang mengandung kadar air tinggi, yaitu sekitar 96%. Berkat melimpahnya air dalam sayuran mentimun ini, tidak heran mentimun sering dimanfaatkan untuk menenangkan dan menghidrasi area mata yang kelelahan.
  • Mentimun kaya dengan kandungan caffeic acid. Senyawa ini dapat berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk merawat kesehatan kulit maupun tubuhmu.
  • Kandungan vitamin C di dalam timun tergolong tinggi. Satu buah timun dengan ukuran 300 g dapat memenuhi sekitar 14% kebutuhan vitamin C tubuh dalam sehari. Vitamin C dapat merawat kulit indahmu dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.
  • Kandungan antioksidan, termasuk senyawa flavonoid dan tanin di dalamnya terbukti mampu melawan radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel kulit. Hal ini juga dapat menekan risiko terjadinya kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

Baca juga: Catat Deretan Vitamin untuk Mata yang Tak Tergantikan Ini!

3 Manfaat Timun yang Tersembunyi untuk Matamu

manfaat timun untuk mata

Timun dipercaya mampu menangani mata sembap - OkayDoc

Sudah sejak lama timun menjadi sahabat setia dalam mengusir gangguan mata dari tampilan luar yang letih dan kusam. Berikut manfaat timun untuk mata di bawah ini:

1. Mengurangi Mata Sembap

Menurut sebuah studi, timun terbukti efektif meminimalkan mata yang sembap. Berkat tingginya kadar air dan antioksidannya, potongan mentimun yang ditempelkan ke area mata dapat menjadi penyegar tampilan mata sembap.

Pemakaian secara rutin di area sekeliling mata disinyalir dapat mengurangi tampilan sembap pada mata. Namun, jika kondisi mata yang membengkak tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.

2. Mengusir Kerutan Membandel

Garis halus yang muncul di area sekitar mata akan semakin terlihat seiring dengan bertambahnya usia. Penuaan dini bisa dipicu karena gaya hidup yang tidak sehat seperti tidak tercukupinya kebutuhan cairan di dalam tubuh, merokok, dan terlalu sering terpapar jahatnya sinar ultraviolet.

Jika keriput sudah muncul di area mata, jangan ditunda lagi! Lakukan perawatan rutin secara alami sehingga dapat menyelamatkanmu dari tampilan yang membuatmu minder.

Cara paling terjangkau dan mudah untuk mencegah serta mengurangi kerutan di sekitar mata adalah dengan mengonsumsi jus timun. Studi menunjukkan bahwa garis halus bisa diminimalisir berkat melimpahnya kandungan air, dan mampu meningkatkan elastisitas kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu dapat menggunakan mentimun secara teratur dan menjauhi pemicu lain kerutan pada kulit. Selain itu, penggunaan produk perawatan kulit dengan fokus mencegah kerutan di sekitar matamu dapat dijadikan pelengkap guna memperoleh hasil yang lebih nyata.

manfaat timun untuk menghilangkan kerutan di mata

Irisan mentimun kaya asam folat dan vitamin C yang dapat mengusir mata lelah - OkayDoc

3. Menyejukkan Mata yang Lelah

Mata lelah kerap kali menjengkelkan karena mungkin disertai dengan rasa gatal dan tidak nyaman. Kelelahan pada mata sebagian besar disebabkan karena terlalu lama menatap layar komputer, membaca, dan seringnya penggunaan perangkat digital yang membuat mata harus bekerja lebih keras.

Untuk menyejukkan kembali mata yang lelah, manfaatkanlah irisan mentimun yang tinggi kandungan asam folat dan vitamin C. Asam folat berperan aktif sebagai antioksidan alami untuk melawan racun dari luar yang membuat mata terlihat lelah. Sedangkan vitamin C dapat menyegarkan kembali kulit yang letih.

Cara Membuat Ramuan Timun untuk Mata

cara membuat ramuan timun untuk mata

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu cukup menempelkan timun di sekitar area mata secara teratur - OkayDoc

Perawatan di rumah yang alami diyakini dapat menjadi solusi dalam mengatasi berbagai masalah mata dari luar. Cara ini terbilang mudah dan kamu hanya membutuhkan sayuran timun. Berikut langkah yang harus kamu ikuti:

  • Kupas dan potong mentimun menjadi dua irisan tipis.
  • Tempelkan pada permukaan kulit mata, biarkan meresap selama 15-20 menit.
  • Lalu saat potongan mentimun terasa hangat, gantilah dengan sisi lainnya dan rasakan sensasi menyegarkannya!
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi secara berkala.

Baca juga: 5 Cara Membuat Masker Mentimun untuk Wajah Berkilau!

Nah, cara penggunaannya cukup mudah, kan? Namun jika kamu memiliki kecenderungan alergi, cobalah diskusikan dahulu kepada dokter karena kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Hal ini untuk mencegah iritasi, bengkak, kemerahan, dan gatal di sekitar area mata yang sensitif.

Setelah mengetahui beragam manfaat timun untuk mata yang hebati, sudah saatnya kamu mencoba memasukkan timun ke dalam daftar perawatan kecantikanmu sehari-hari.Terbilang mudah dan praktis, kan? Selamat mencoba!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Pengobatan
6 Cara Mengobati Mata Bintitan Hingga Sembuh Sempurna
Annisa Trimirasti
14 Sep 2018
Kesehatan Bayi
Bunda, Ini Penyebab Mata Bayi Belekan dan Tips Mengatasinya
Annisa Trimirasti
06 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...