• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Disadari atau tidak, merekahnya garis senyuman di bibirmu dapat menebarkan aura kebahagiaan terhadap orang-orang di sekitarmu. Lebih jauh lagi manfaat tersenyum disinyalir memengaruhi kesehatan jiwa dan raga.

Dimulai dari mengusir stres, memancarkan kecantikan parasmu, hingga membantu diri membangun mental yang lebih sehat. Berikut manfaat nyata dari tersenyum yang dan selayaknya tidak kamu lewatkan:

1. Meredakan Stres yang Kamu Alami

ragam-manfaat-tersenyum-okaydoc.jpg

Manfaat tersenyum dapat menurunkan level stres yang menderamu - OkayDoc

Seseorang yang mudah tersenyum dipercaya dapat mengendalikan kadar stres yang sedang menimpanya. Dengan senyuman, kamu dianggap lebih mudah menjalani hari dengan bahagia dan memegang kendali terhadap emosimu.

Tersenyum dicatat mampu menurunkan denyut jantung yang terlalu cepat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tersenyum membantu menurunkan respon negatif karena paparan stres. Efek ini juga memberikan dampak positif pada kesehatan jantung kamu.

Jadi, bila kamu sedang mengalami tekanan yang berasal dari kegiatan sehari-hari, tangani dengan bergegas tersenyum. Tanpa disadari, senyum merupakan jurus ampuh guna meredakan kekhawatiran maupun kekesalan yang melandamu.

Upaya lainnya untuk mengontrol level stres adalah menyisihkan waktu untuk berolahraga. Aktivitas fisik memiliki sejumlah manfaat penting dalam mengusir rasa cemas. Lebih baik lagi, aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar hormon penurun stres pada tubuh, seperti endorfin.

2. Membuatmu Tampak Lebih Awet Muda

tetap-cantik- dengan-manfaat-tersenyum-okaydoc.jpg

Memperbanyak tersenyum dapat membuatmu terlihat awet muda - OkayDoc

Dipercaya atau tidak, senyum merupakan riasan alami guna membuat wajah terlihat lebih awet muda dan kencang. Ketika tersenyum, otot wajah termasuk, pipi, leher, dan rahang akan berkontraksi. Proses inilah yang dipercaya membuatmu terlihat lebih muda dari usiamu sebenarnya.

Oleh karenanya, jangan heran bila dengan sering tersenyum, orang-orang akan kesulitan menebak usiamu yang sesungguhnya. Di samping itu, tersenyum dapat dilakukan dengan sangat mudah dan gratis. Mengapa harus ragu untuk sering melakukannya?

Beberapa ahli memang berpendapat bahwa tersenyum mampu mengurangi kerutan di wajahmu. Meski demikian, harus diakui pencegahan garis halus di wajah tidak cukup hanya dengan tersenyum. Akan lebih baik jika disertai dengan tidur yang cukup dan mengatur pola makan sehat.

Kamu juga bisa menggunakan perawatan wajah anti penuaan untuk melawan kerutan membandel di kulit. Pastikan juga selalu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh setidaknya 2 Liter per harinya, ya!

Baca juga: 6 Cara Awet Muda secara Alami agar Prima dan Menawan

3. Membangun Suasana Hati Menjadi Lebih Baik

tersenyum dapat membangun suasana hati okaydoc.jpg

Tersenyum dapat membantumu melepas hormon kebahagiaan - OkayDoc

Ada fakta menarik lain terkait aktivitas ini yang perlu kamu tahu. Tersenyum disinyalir dapat memperbaiki suasana hatimu yang memburuk.

Menurut sebuah penelitian, kondisi ini dilatarbelakangi dengan pelepasan hormon serotonin. Hormon yang mengatur suasana hati seseorang untuk merasakan kebahagiaan dan menstabilkan mood. Meningkatnya kadar hormon tersebut dapat mengontrol kecemasan dan mengusir depresi yang kamu alami.

Tidak hanya dengan tersenyum, guna menjaga suasana hati tetap baik kamu bisa mengonsumsi makanan yang tepat. Cukupi asupan nutrisi dalam tubuh dengan mengonsumsi sejumlah makanan kaya omega 3, vitamin, dan protein. Misalnya dengan rajin menyantap salmon, telur, dan biji-bijian sehat seperti biji labu.

4. Memperbaiki Kualitas Hidup

tersenyum memperbaiki kualitas hidup okaydoc

Rajin tersenyum dapat meningkatkan kemampuan sosialisasimu - OkayDoc

Manfaat tersenyum yang satu ini tergolong krusial. Tersenyum tidak hanya membuatmu terkesan lebih ramah dan ceria, namun besar pengaruhnya pada peningkatan kemampuan bersosialisasi dengan rekan kerja, sahabat, bahkan keluargamu.

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat sehat ini. Akan tetapi, terbukti bahwa tersenyum dapat membuat perasaanmu lebih baik, kan?

Kamu jadi lebih sering berpikir positif dan hal tersebut berpotensi meningkatkan taraf kualitas hidup yang lebih baik, terutama saat berhubungan dengan orang terdekatmu.

5. Membuatmu Tampak Lebih Dapat Diandalkan

tersenyum terlihat lebih dapat diandalkan okaydoc

Senyuman mampu membuatmu terlihat lebih percaya diri dan dapat diandalkan - OkayDoc


Sebuah senyuman yang tulus tidak hanya membuatmu terlihat lebih menarik. Namun memengaruhi pula citra dirimu di mata seseorang. Orang yang tidak pelit memberikan senyum mampu membuat dirinya terlihat lebih percaya diri dan dapat diandalkan.

Di dalam lingkungan pekerjaan, hal ini membuatmu mudah dipromosikan oleh rekan kerja karena cenderung terlihat lebih menarik, pintar, dan kompeten dalam mengerjakan sesuatu.

Nah, bandingkan saja dengan rekan kerja yang tampak cemberut dan miskin senyum, tentu senyuman tulus tampak lebih menawan, kan?

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Ini Patut Kamu Coba

Itulah beragam manfaat tersenyum yang baik untuk menjaga kecantikan paras hingga kesehatan jiwamu. Tidak ada salahnya untuk senantiasa tersenyum tulus, apapun kondisi yang dialami.

Jadi, sudahkah kamu mulai tersenyum hari ini?

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...