• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Banyak mitos beredar seputar manfaat pasta gigi untuk kecantikan. Beberapa orang mungkin masih beranggapan bahan yang satu ini dapat membantu menghilangkan jerawat di wajah.

Tapi tahukah kamu? Secara medis, penggunaan tersebut sebenarnya tidak disarankan . Apa alasannya? Agar tidak penasaran, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Risiko Penggunaan Pasta Gigi untuk Menghilangkan Jerawat

Bahan yang terkandung dalam pasta gigi dapat menimbulkan iritasi di kulit - OkayDoc

Tidak sedikit orang yang mencoba menggunakan pasta gigi sebagai langkah alternatif untuk menghilangkan jerawat yang murah dan mudah. Cara ini dianggap dapat membuat jerawat menjadi cepat kering.

Padahal, mengoleskan pasta gigi ke wajah justru bisa membuat kulit wajah menjadi kemerahan dan iritasi. Kamu tentu tidak ingin memperparah kondisi jerawat yang sudah merah dan membengkak.

Pasta gigi mungkin benar membuat jerawatmu mengering. Namun, bahan yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat kulit ikut menjadi kering. Bahkan, bahan ini juga mungkin memicu reaksi radang dan membuat permukaan kulit tampak bersisik .

Risiko lain yang mungkin terjadi adalah timbulnya luka bakar pada kulit akibat kandungan bahan kimia (chemical burn) di pasta gigi. Beberapa orang dapat mengalami dermatitis kontak, yang ditandai dengan timbulnya ruam kemerahan pada daerah di mana pasta gigi dioleskan.

Pasta gigi juga dapat menyebabkan kondisi wajahmu yang sudah berjerawat menjadi semakin parah, terutama bila kamu alergi pada bahan dalam produk ini. Maka dari itu, hindari cara menyembuhkan jerawat dengan mengoleskan pasta gigi.

Patut diingat, pasta gigi dibuat untuk membersihkan permukaan gigi. Meskipun aman untuk gigimu, tetapi bahan ini terlalu keras apabila digunakan untuk kulit wajah.

Alternatif Lain yang Bisa Kamu Gunakan

Tea tree oil dapat kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat - OkayDoc

Jika kamu mencari cara untuk menghilangkan jerawat secara cepat, masih banyak bahan yang lebih aman dan efektif dibanding mengoleskan pasta gigi ke wajah. Salah satunya adalah dengan menggunakan krim khusus jerawat yang banyak dijual di pasaran.

Sebagai saran, pilihlah krim yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat atau sulfur. Ketiga bahan tersebut dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit wajah dan mempercepat penyembuhan.

Kamu juga bisa mencoba beberapa cara alami untuk mengatasi jerawat dengan essential oil (minyak atsiri) dari pohon teh (tea tree oil). Untuk menggunakannya, kamu cukup menambahkan beberapa tetes minyak tersebut ke produk perawatan wajahmu.

Lebih praktis, kamu juga dapat mengoleskan beberapa tetes minyak ini secara langsung pada jerawat. Tea tree oil dianggap efektif untuk membantu menghilangkan jerawat dengan tingkat keparahan sedang.

Jika ukuran jerawat cukup besar atau tak kunjung hilang, sebaiknya kamu berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit. Pasalnya, kondisi ini mungkin adalah jenis gangguan kulit lain, seperti bisul atau sebaceous hyperplasia (pembesaran kelenjar minyak di permukaan kulit).

BACA JUGA
  • Cara Menghilangkan Jerawat pada Kulit Sensitif hingga Tuntas
  • Memilih Sabun Muka untuk Jerawat dan Cara Mencucinya

Mengambil manfaat pasta gigi untuk kecantikan memang tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Meski cara ini mungkin berhasil pada beberapa orang, ada terlalu banyak risiko yang bisa saja menyerang kulit wajahmu.

Maka dari itu, kamu disarankan untuk tetap menggunakan produk yang memang dibuat khusus untuk perawatan wajah. Selain itu, kamu pun disarankan untuk mendiskusikan kondisimu ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat guna.

Sumber

Your 8 Biggest Acne Myths Busted. https://health.clevelandclinic.org/8-biggest-acne-myths-busted/. Accessed on November 8th, 2018.

Does Using Toothpaste on Pimples Work. https://www.verywellhealth.com/does-using-toothpaste-on-pimples-really-work-15530. Accessed on November 8, 2018.

Can I Use Toothpaste on Pimples?. https://www.healthline.com/health/toothpaste-on-pimples#1. Accessed on November 8th, 2018.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
Cara Menghilangkan Jerawat pada Kulit Sensitif hingga Tuntas
Veronica
02 Aug 2018
Kulit
Praktis, Ini 3 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu!
Annisa Trimirasti
27 Oct 2017
Gangguan Kesehatan
Gejala dan Jenis Penyakit Thalasemia yang Perlu Kamu Waspadai
Nina Hertiwi
27 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
6 Kelainan pada Otot yang Perlu Kamu Waspadai
Vivi Hermin
30 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...