• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

6 Manfaat Olahraga yang Bikin Tubuh Semakin Sehat

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria

Tahukah kamu? Ternyata olahraga tidak hanya dapat membentuk tubuh, tapi juga bermanfaat untuk psikologimu. Tidak perlu minder atau khawatir jika tidak bisa berolahraga. Karena pada dasarnya masih banyak aktifitas olahraga lainnya yang bisa kamu lakukan.

Sebut saja fitnes, lari pagi, berjalan jarak jauh, bersepeda, atau berenang. Aktifitas ini tidak hanya dapat dilakukan dengan mudah dan murah, tapi juga tetap memberikan manfaat olahraga yang sangat bagus untukmu.

Nah, kamu masih penasaran apa saja manfaat olahraga di kehidupan sehari-hari? Yuk, simak beberapa fakta tentang manfaat olahraga di bawah ini!

1. Olahraga Meningkatkan Kualitas Kerja Otak

manfaat olahraga untuk meningkatkan kualitas otak

Rutin melakukan olahraga dapat meningkatkan kualitas kerja otakmu - OkayDoc

Menurut beberapa studi, melakukan olahraga dapat memicu hormon serotonin di otak. Hormon ini berfungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak yang dapat mengatur stabilitas nafsu makan, pemahaman, dan emosi. 

Jadi, mulailah rajin olahraga agar suasana hati dan kualitas kerja otakmu menjadi lebih baik.

2. Membantu Kamu Mengatasi Stres

manfaat olahraga yang buat tubuhmu rileks

Olahraga memberikan efek relaksasi yang baik untuk tubuhmu - OkayDoc

Berolahraga tidak hanya mengeluarkan keringat tapi juga memberikan efek relaksasi yang baik untukmu.

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan olahraga dapat membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik. Pasalnya ketika berolahraga, otak akan mengeluarkan hormon serotonin dan endorfin yang membuatmu menjadi lebih bahagia.

Rajin melakukan olahraga juga dipercaya dapat membantumu untuk menjadi seseorang yang tidak mudah marah.

Ketika seseorang bahagia, efeknya tidak hanya menguntungkan orang itu sendiri, tapi juga orang disekitarnya. Sehingga kualitas hubungan orang disekitarnya menjadi lebih baik.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stres yang Mudah dan Efektif!

3. Olahraga Memberikan Energi dan Stamina

manfaat olahraga yang membuat tubuhmu penuh energi

Khasiat olahraga bisa didapatkan dengan melakukan olahraga selama 30 menit sehari- OkayDoc

Tidak hanya dapat membantu mengatasi stres, olahraga 30 menit di pagi hari juga dapat memengaruhi suasana hatimu selama seharian. Hal itu terjadi berkat hormon endorfin yang dihasilkan saat olahraga meningkatkan suasana hati dan membuat lebih energik juga santai.

Selain itu, jika dilakukan secara terus menerus dalam beberapa minggu, kamu juga akan merasakan perubahan pada staminamu.

Pasalnya, jika kamu rutin berolahraga tubuhmu akan membentuk otot-otot yang dapat meningkatkan kekuatan dan staminamu. Selain itu, otot-otot akan dapat bekerja lebih efisien, daya tahannya meningkat, dan lebih cepat bereaksi.

4. Olahraga Meningkatkan Pembakaran Kalori

manfaat olahraga untuk membakar kalori

Fungsi olahraga juga termasuk membentuk otot dan membakar lemak - OkayDoc

Rajin berolahraga tidak hanya dapat membentuk otot dan menambahkan stamina. Otot juga dapat membakar lebih banyak kalori daripada lemak tubuh ketika kamu sedang beristirahat. Jadi, semakin banyak otot yang kamu miliki, semakin baik metabolismemu.

Selain itu, pembakaran kalori tidak hanya terjadi ketika kamu sedang beristirahat, tetapi juga ketika kamu berolahraga. Nah, dengan tingkat metabolisme yang baik, kamu dapat memiliki pola makan yang sehat.

5. Berolahraga Dapat Melawan Penyakit

manfaat olahraga untuk melawan penyakit

Fungsi olahraga termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh - OkayDoc

Manfaat olahraga lainnya yang tidak kalah menarik adalah, olahraga secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, dengan begini kamu dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit.

Bahkan olahraga juga dapat menurunkan risiko stroke, osteoporosis, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol, dan banyak penyakit lainnya. Selain itu, berolahraga juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Menurunkan Berat Badan Bukanlah Tujuan Utama

manfaat olahraga untuk menurunkan berat badan

Jadikan kesehatan tubuhmu menjadi motivasi kamu berolahraga - OkayDoc

Rutin melakukan olahraga memang dapat membakar kalori dan meningkatkan otot tubuh yang dapat membantu pembakaran kalori. Meski begitu, jika tujuanmu berolahraga hanya untuk menurunkan berat badan, sebaiknya kamu lupakan.

Pasalnya, penurunan berat badan tidak dapat menjadi motivasi yang kuat untuk berhasil. Karena umumnya mereka yang menjadikan hal ini motivasi tidak cukup sabar untuk melihat hasilnya. Bahkan olahraga bisa terhenti ketika merasa sudah mendapat berat badan yang diinginkan.

Itulah mengapa motivasi penurunan berat badan tidak disarankan dalam berolahraga. Ingat, masih ada manfaat lain yang bisa kamu dapat dengan berolahraga. Misalnya hidup menjadi lebih baik, stres berkurang, tubuh menjadi lebih sehat, dan memiliki lebih banyak energi.

Seberapa Banyak Waktu Olahraga yang Dibutuhkan?

waktu-yang-dibutuhkan-tubuh-untuk-olahraga-OkayDoc.jpg

Luangkan waktumu setidaknya 30 menit sehari untuk mendapatkan manfaat olahraga - OkayDoc

Guna mendapatkan tubuh yang sehat, total waktu olahraga yang dibutuhkan adalah sekitar 150 menit per minggu. Kamu bisa membaginya menjadi 30 menit hingga 50 menit setiap sesi, selama beberapa hari.

Secara umum, orang dewasa berusia 19 hingga sekitar 60 tahun membutuhkan dua jenis olahraga, yaitu latihan memperkuat otot dan aerobik.

Meski begitu, penelitian juga menunjukkan bahwa berjalan cepat selama kurang lebih 2 jam per minggu atau sekitar 20 menit per hari sudah dapat menurunkan risiko berbagai penyakit.

Baca Juga: Hindari Trauma Otot dengan Tips Pemanasan Sebelum Olahraga!

Nah, guna mengetahui apakah aktivitas olahragamu sudah dilakukan dengan efektif adalah ketika kamu sudah mulai berkeringat dan detak jantung makin cepat.

Sudah mulai tertarik untuk merasakan manfaat olahraga? Mulailah teratur melakukan olahraga beberapa hari setiap minggunya. Jenis olahraga apapun yang kamu pilih, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisikmu, ya.

Selamat berolahraga!

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria
Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
16 Sep 2018
Makin Sehat dengan 3 Manfaat Olahraga Skipping (Lompat Tali)
Venny Firstyani
Kebugaran
16 Nov 2017
Bahagia dan Sehat dengan Manfaat Olahraga Air
Maya Ligina
Kebugaran
09 Aug 2018
7 Jenis Olahraga Kardio untuk Tubuh dan Jiwa yang Sehat
Rabbani Haddawi
Kebugaran
20 Jun 2018
4 Manfaat Yoga untuk Dapatkan Jiwa dan Raga yang Sehat!
Annisa Trimirasti
Kebugaran
12 Jun 2018
6 Kesalahan Setelah Olahraga Ini, Mungkin Sering Kamu Lakukan
Vivi Hermin
Olahraga Kehamilan
14 Jul 2017
Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Menggembirakan
Dedi Irawan
Memuat...
Konsultasi
Memuat...