• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Tahukah kamu? Mediterania diketahui sebagai kawasan dengan penduduk yang memiliki angka harapan hidup lebih tinggi. Salah satu rahasianya ternyata ada pada manfaat minyak zaitun yang umum digunakan untuk melengkapi hidangan.

Minyak zaitun populer untuk menjaga kesehatan kulit ini dan sering disertakan dalam produk kecantikan maupun makanan. Pasalnya, minyak ini kaya akan asam lemak tak jenuh, vitamin K dan E, serta zat besi, yang sangat baik untuk tubuhmu. Yuk, ketahui apa saja manfaatnya di bawah ini!

1. Melindungi Tubuhmu dari Penyakit Jantung

manfaat minyak zaitun bagi jantung

Kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung - OkayDoc

Manfaat minyak zaitun yang pertama berkaitan dengan kesehatan jantung. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh rantai ganda dan tunggal yang dipercaya dapat melindungi tubuhmu dari penyakit jantung.

Pasalnya, kedua jenis lemak tak jenuh ini dapat mengurangi faktor risiko di balik penyakit jantung, seperti kadar LDL (kolesterol jahat), tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Selain itu, para pakar berpendapat bahwa konsumsi konsumsi minyak zaitun secara rutin dapat mencegah sederet masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular. Misalnya, mencegah timbulnya peradangan kronis dan gangguan pada dinding pembuluh darah.

2. Mencegah Kanker Payudara

manfaat minyak zaitun untuk mencegah kanker payudara

Konsumsi minyak zaitun dikatakan mampu mendorong kematian pada sel-sel tumor - OkayDoc

Salah satu manfaat minyak zaitun yang dipercaya dapat memperpanjang usia seseorang adalah melindungi tubuh dari kanker payudara.

Berbeda dengan minyak sayur lainnya, minyak zaitun dapat menurunkan aktivitas p21Ras yang merupakan salah satu onkogen (gen yang berpotensi memicu kanker). Ini berarti, minyak zaitun diyakini bekerja untuk mencegah kerusakan DNA, mendorong kematian sel-sel tumor, dan memicu perubahan pada jalur sinyal protein.

3. Mencegah Terjadinya Stroke

manfaat-minyak-zaitun-mencegah-stroke-okaydoc.jpg

Mengonsumsi minyak zaitun diiringi dengan pola makan yang sehat dapat menurunkan sekitar 41 persen risiko stroke - OkayDoc

Dalam sebuah penelitian, minyak zaitun terbukti sebagai satu-satunya sumber lemak tak jenuh rantai tunggal yang berpotensi mencegah kemunculan stroke.

Apabila kalangan lanjut usia (lansia) rutin mengonsumsi minyak zaitun disertai dengan pola makan yang sehat, kemungkinannya untuk terkena stroke dapat berkurang. Para ahli mengemukakan bahwa risiko ini bisa dikurangi hingga 41 persen bila dibandingkan dengan lansia yang tidak mengonsumsi minyak sehat ini.

4. Memperlancar Metabolisme

manfaat minyak zaitun untuk memperlancara metabolisme

Konsumsi minyak zaitun bisa membantu dalam menurunkan berat badan sekaligus memperlancar pencernaan - OkayDoc

Kamu ingin punya berat badan ideal dan menghilangkan perut buncit? Minyak zaitun bisa jadi salah satu solusinya!

Bila dikonsumsi dengan tepat, minyak ini dapat membantumu dalam menurunkan berat badan. Kandungan lemak tidak jenuh di dalamnya pun terbukti dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

Baca Juga: Bisakah Gejala Awal kanker Payudara Dirasakan?

5. Menjaga Kesehatan Kulit

manfaat minyak zaitun untuk menjaga kesehatan kulit

Minyak zaitun berpotensi untuk melindungi kulit dari sinar UV - OkayDoc

Berkat kandungan vitaminnya yang berlimpah, minyak zaitun memiliki manfaat antioksidan yang berguna untuk melawan radiasi dari sinar ultraviolet (UV).

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengoleskan minyak zaitun ke kulit dapat melindunginya dari dampak sinar UV. Sinar ini yang tidak hanya merusak kecantikan kulitmu, tapi juga dapat menyebabkan kanker kulit.

Namun penelitian lebih lanjut diperlukan guna mendapat manfaat pelindung kulit dari sinar UV terhadap kulit manusia.

6. Berpotensi Mencegah Penyakit Alzheimer

wanita-tua-OkayDoc.jpg

Minyak zaitun dipercaya dapat membantu dalam mencegah penyakit Alzheimer - OkayDoc

Penyakit Alzheimer adalah kondisi yang dapat menurunkan kemampuan mengingat dan fungsi kognitif lainnya secara bertahap. Penyakit ini memiliki kaitan erat dengan penumpukan beta-amyloid dalam otak.

Menurut para pakar, minyak zaitun kualitas terbaik, atau sering disebut extra virgin olive oil, mengandung senyawa fenolik alami bernama oleocanthal. Senyawa ini dipercaya dapat mencegah terjadinya penumpukan beta-amyloid.

7. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

diabetes OkayDoc.jpg

Minyak zaitun juga disebut bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah - OkayDoc

Minyak zaitun dikatakan bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh sekaligus meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. 2 hal ini penting pada penanganan penyakit diabetes.

Percobaan pada sekitar 400 orang nondiabetes yang menerapkan pola makan Mediterania juga menegakkan dugaan tersebut. Pola makan yang kaya akan minyak zaitun ini terbukti dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 40 persen.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan agar hasilnya lebih akurat dan terpercaya.

8. Mengurangi Kemungkinan Mengalami Depresi

depresi-OkayDoc-500364.jpg

Orang yang menerapkan pola makan kaya lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, disebut memiliki risiko depresi yang lebih rendah - OkayDoc

Pola makan tinggi lemak trans dapat meningkatkan risiko untuk terkena depresi, jika dibanding dengan orang yang menerapkan diet kaya lemak tak jenuh. Minyak zaitun termasuk salah satu bahan pangan yang kaya akan lemak jenis ini.

Pernyataan di atas juga didukung oleh studi yang menunjukkan bahwa orang dengan pola makan Mediterania (kaya minyak zaitun, buah, dan sayuran) memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami depresi.

9. Menjaga Kesehatan Hati dan Pankreas

liver-manusia-hati-OkayDoc.jpg

Minyak zaitun juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan organ hati - OkayDoc

Extra virgin olive oil dipercaya dapat melindungi hati dari stres oksidatif, yaitu kerusakan akibat reaksi kimia antara radikal bebas dan molekul lain dalam tubuh.

Selain itu, minyak ini juga mengandung asam oleat dan hidroxytyrosol. Kedua senyawa ini dipercaya dapat menurunkan risiko radang pankreas akut.

10. Melembabkan Kulit dan Mengatasi Jerawat

manfaat minyak zaitun untuk mengatasi jerawat

Minyak zaitun membunuh bakteri penyebab jerawat - OkayDoc

Manfaat minyak zaitun lainnya yang mungkin belum kamu ketahui adalah mengatasi jerawat. Minyak ini ternyata tidak hanya mampu melembapkan kulit, tapi juga dikatakan mampu mengurangi jerawat dengan manfaat antibakterinya.

Pastikan kamu memilih minyak zaitun berkualitas bagus. Jangan lupa juga untuk menyeka kelebihan minyak ini ketika menggunakannya pada wajah. Jika dibiarkan menumpuk tebal di kulitmu, bakteri bisa saja menempel dan minyak justru berpotensi menyumbat pori-pori wajah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan jerawat batu Secara Alami

Itulah serangkaian manfaat minyak zaitun yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Supaya kamu tidak ketinggalan khasiatnya dalam mempercantik dan memperpanjang usia, cobalah menyertakannya dalam menu harian dan rangkaian perawatan wajahmu.

Agar lebih meyakinkan, kamu juga bisa berkonsutasi terlebih dulu dengan dokter. Dengan ini, manfaat yang kamu dapatkan akan lebih optimal.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengerikan, Ini Bahaya Makanan Manis Bagi Tubuh!
Vivi Hermin
08 Jul 2018
Kebugaran
Makin Sehat dengan 5 Manfaat Bersepeda
Venny Firstyani
12 Aug 2018
Kebugaran
4 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa
Venny Firstyani
05 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
9 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Kamu Waspadai
Eka Aulia
01 Oct 2018
Wajah
Yuk, Intip 6 Tips Jitu Mengatasi Sekaligus Mencegah Jerawat
Lenny Tan
04 Oct 2017
Pengobatan
Yuk, Kenali Mamografi yang Ampuh Deteksi Kanker Payudara!
Diah Ayu Lestari
11 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenal 5 Jenis Kanker yang Paling Sering Terjadi
Annisa Trimirasti
11 Aug 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...