• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Tidak hanya itu, banyak manfaat minyak kelapa untuk wajah lainnya yang mungkin belum kamu ketahui.

Selain asam laurat, minyak kelapa juga mengandung vitamin E yang bagus untuk kulitmu. Setidaknya terdapat sekitar 0.11 mg vitamin E di dalam 100 mg minyak kelapa.Itulah mengapa minyak kelapa dipercaya dapat mempercantik kulitmu.

Penasaran dengan manfaat lainnya untuk kulit? Yuk, simak manfaat minyak kelapa untuk wajah dan kulit di bawah ini.

1. Minyak Kelapa Mengatasi Masalah Jerawat

minyak kelapa untuk wajah OkayDoc

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dipercaya dapat mengatasi wajah berjerawat - OkayDoc

Manfaat minyak kelapa yang pertama adalah mengatasi masalah jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam laurat di dalam minyak ini berfungsi sebagai antiseptik dalam melawan bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes.

Untuk pemakaian, kamu bisa langsung membubuhkan minyak kelapa pada bagian berjerawat.

2. Minyak Kelapa untuk Membersihkan Wajah

minyak-kelapa-membersihkan-wajah-OkayDoc.jpg

Kotoran di wajah dapat mudah terangkat dengan minyak kelapa - OkayDoc

Minyak kelapa ternyata juga bisa kamu manfaatkan sebagai bahan pembersih wajah. Harganya yang terjangkau dan tidak mengandung zat kimia berbahaya sehingga aman digunakan untuk kulit wajah.

Penggunaan minyak kelapa dalam membersihkan wajah terbilang mudah. Tuangkan minyak kelapa secukupnya pada telapak tangan lalu usapkan pada wajah dengan gerakan memutar.

Setelah semua kotoran terangkat, bilas wajah dengan air hangat hingga bersih dan keringkan.

3. Membersihkan Riasan Secara Alami

Pembersih riasan okaydoc

Minyak kelapa dapat mengangkat sisa riasan dengan pigmentasi tinggi - OkayDoc

Selain efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak kelapa juga mampu menghapus sisa riasan di kulit (makeup remover). Kamu bisa mengandalkannya untuk membersihkan makeup tahan air seperti maskara, eyeliner, dan eyeshadow.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Ratakan satu sendok teh minyak kelapa pada bagian kulit yang hendak dibersihkan, misalnya pada area sekitar mata. Pijat lembut dengan gerakan memutar menggunakan kapas. Setelah itu, bersihkan sisa minyak kelapa dari mata menggunakan air hangat hingga bersih. 

4. Membantu Mengatasi Bibir Kering

minyak-kelapa-untuk-bibir-kering-OkayDoc.jpg

Mengoleskan minyak kelapa dibibir dapat menjaga kelembapannya - OkayDoc

Selain mengatasi kulit jerawat, dan membersihkan wajah, minyak kelapa juga dimanfaatkan untuk melembapkan kulit, termasuk bibir. Oleskan minyak kelapa secara perlahan pada bibir untuk menjaganya tetap lembap dan terhidrasi.

Kamu juga bisa mengangkat kulit kering di bibir dengan mencampurkan gula pasir dengan minyak kelapa dan menjadikannya sebagai scrub bibir.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mencegahnya Datang Lagi

5. Mengatasi Kulit Kering

minyak-kelapa-untuk-kulit-kering-OkayDoc.jpg

Minyak kelapa dipercaya ampuh mengatasi kulit kering - OkayDoc

Minyak kelapa memang dipercaya sebagai salah satu minyak yang dapat melembapkan kulit termasuk kulit wajahmu. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan melembapkan yang setara dengan mineral oil sehingga efektif dan tergolong aman untuk mengatasi kulit kering.

6. Merawat Kondisi Kulit Eksem

Eksim okaydoc

Minyak kelapa dapat meredakan kulit eksim - OkayDoc

Dikenal juga sebagai dermatitis atopik, gangguan kulit ini kerap menunjukkan gejala seperti kulit gatal, kering, bersisik, bahkan mungkin pecah-pecah hingga berdarah. Guna mengurangi ketidaknyaman tersebut, minyak kelapa dapat dijadikan salah satu bahan pelembap alami yang bisa kamu andalkan sehari-hari.

Minyak ini mengandung asam laurat yang dapat membantu mengurangi berbagai masalah kulit, termasuk eksem. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antiinflamasi yang turut membantu melindungi kulit. Efektivitasnya bahkan dinilai lebih baik daripada minyak zaitun.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengoleskan minyak dua kali sehari atau lebih sering saat gejala eskem muncul. Sapukan secara teratur untuk hasil maksimal. Bila dibutuhkan, berkonsutasilah terlebih dulu dengan dokter sebelum rutin menggunakannya, untuk mencegah risiko timbulnya reaksi alergi.

7. Membantu Proses Pemulihan Luka

minyak-kelapa-untuk-luka-OkayDoc.jpg

Minyak kelapa dipercaya dapat membantu proses penyembuhan luka - OkayDoc

Minyak kelapa dianggap mampu meredakan iritasi kulit dan membantu proses penyembuhan luka. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar protein kolagen dan antioksidan yang turut mempercepat pemulihan luka.

Manfaat tersebut juga tidak terlepas dari sifat antibakteri pada minyak ini sehingga risiko infeksi akibat luka dapat ditekan. Meski demikian, penelitian baru dilakukan pada hewan dan masih membutuhkan uji klinis yang lebih mendalam untuk digunakan pada manusia.

8. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

minyak-kelapa-dan-sinar-matahari-OkayDoc.jpg

Minyak kelapa dapat menangkal pengaruh buruk sinar matahari - OkayDoc

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan wajah selanjutnya adalah melindungi kulitmu dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini dipercaya mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Kamu bisa mengoleskannya beberapa saat sebelum beraktivitas di luar ruangan.

9. Minyak Pijat Sekaligus Parfum Alami

minyak-pijat-OkayDoc-kelapa-OkayDoc.jpg

Minyak kelapa juga dapat menjadi minyak untuk pijat yang aroma nikmatnya bisa bersisa di tubuhmu - OkayDoc

Minyak kelapa dapat menjadi minyak pijat alami yang bisa kamu lulurkan di seluruh bagian tubuh. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan minyak peppermint atau lavender sebagai variasi.

Di samping itu, minyak ini juga dapat membantu melembapkan kulitmu dan memberi tubuh aroma yang sedap. Kamu bisa mengoleskannya setelah mandi.

Bila memiliki bayi yang lahir prematur, coba juga pijat lembut dengan mengoleskan minyak ini 2 kali sehari. Bayi prematur cenderung memiliki berat ringan dan kulit yang tipis karena masih dalam proses perkembangan.

Kondisi tersebut bisa membuat air mudah menguap dari kulit bayi. Minyak kelapa membantu mempertahankan kelembapan kulit bayi sekaligus meningkatkan ketahanan kulit agar tidak mudah terkena bakteri.

10. Krim Cukur

minyak-kelapa-kulit-pijat-OkayDoc.jpg

Manfaat minyak kelapa untuk wajah dan kulit juga termasuk bisa menjadi krim cukur - OkayDoc

Minyak kelapa membantu pisau cukur meluncur lembut saat kamu mencukur rambut-rambut tubuh, misalnya rambut pada tungkai. Cara ini pun membantu rambut terpangkas lebih pendek sehingga hasilnya lebih baik.

Selain itu, minyak kelapa juga membantu melembapkan kulit selama proses mencukur. Tetapi minyak ini sangat licin, jadi disarankan tidak mencukur di kamar mandi atau dengan tangan basah.

11. Mempercantik Kutikula Kuku

perhatikan-perubahan-kuku-OkayDoc.jpg

Kukumu dapat lebih cantik dengan olesan minyak kelapa - OkayDoc

Kutikula kukumu mungkin terasa kasar. Minyak kelapa dapat membantu menghaluskannya berkat kemampuannya untuk menghidrasi kulit kutikula yang tipis dan memperkuat kuku, sehingga membuatnya tampak muda.

Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan mengoleskan minyak kelapa ke kutikula dan tunggu meresap. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mencegah infeksi jamur pada kuku karena memiliki sifat antibakteri serta antijamur.

12. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

pelembap-tumit-pecah-pecah.jpg

Manfaat minyak kelapa untuk wajah dan kulitmu juga termasuk mengatasi tumit pecah-pecah - OkayDoc

Manfaat minyak kelapa selanjutnya bisa kamu dapatkan dengan mencampurkan minyak kelapa dengan dua sendok makan madu dan satu sendok makan gula. Aduk merata hingga tercampur sempurna, kemudian oleskan secara lembut menggunakan jari tangan dengan gerakan memutar.

Cara penggunaan tersebut juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, memperhalus tumit pecah-pecah dan area kasar lainnya.

Baca Juga: 6 Tips Merawat Kaki yang Benar Agar Tampak Indah

Sekarang kamu sudah tahu ragam manfaat minyak kelapa untuk wajah dan kulitmu, kan? Cantik tidak harus selalu mahal. Mulailah tambahkan minyak kelapa ke dalam rutinitas kecantikanmu sehari-hari untuk kulit wajah lebih sehat dan cantik.

Meski begitu, tetap ingat untuk segera berkonsultasi dengan dokter bila kondisi kulit justru memburuk ya, misal timbul alergi atau mengalami iritasi. Selamat mencoba!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
Manfaat Jahe untuk Wajah Ternyata Bukan Sekedar Mitos!
Dedi Irawan
02 Apr 2018
Kulit
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
11 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
8 Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Mengatasinya
Annisa Trimirasti
31 Jul 2018
Wajah
4 Cara Mengatasi Wajah Kering ini Membuatmu Anti Jelek
Maya Ligina
09 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
9 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Kamu Waspadai
Eka Aulia
01 Oct 2018
Wajah
Yuk, Intip 6 Tips Jitu Mengatasi Sekaligus Mencegah Jerawat
Lenny Tan
04 Oct 2017
Rambut
Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Sehat dan Cantik
Maya Ligina
11 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...