• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Tanpa disadari berbagai perawatan rambut, seperti diwarnai dan styling menggunakan alat pengeriting atau catokan, dapat merusak rambutmu. Tak perlu bingung mencari jalan keluar. Ada rahasia untuk rambut sehatmu. Kamu bisa mengatasi kerusakannya dengan manfaat minyak kelapa untuk rambut.

Minyak kelapa tak hanya berguna untuk menggoreng makanan, namun telah banyak digunakan dalam dunia kecantikan. Salah satu yang populer adalah manfaatnya untuk wajah dan kulit sebagai pelembab.

Ternyata manfaat minyak nabati ini tidak berhenti di sana. Rambut bisa pula memperoleh khasiatnya yang mampu melembapkan hingga membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan rambut.

Rambut Sehat dan Cantik dengan Minyak Kelapa

Mungkin kamu hanya mengenal minyak kelapa untuk membuat makanan makin lezat. Nyatanya, minyak ini punya segudang manfaat lain. Yuk, cari tahu khasiat minyak kelapa untuk rambut!

Mencegah dan Mengatasi Rambut Rusak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa bagus untuk digunakan sebelum dan setelah mencuci rambut. Khasiatnya dapat menurunkan risiko kehilangan protein rambut dengan lebih baik jika dibandingkan dengan minyak bunga matahari dan minyak mineral.

Manfaat ini tidak hanya berlaku untuk rambut yang sehat, namun juga bagi rambut rusak. Mengapa demikian?

Minyak kelapa mengandung asam laurat (sejenis asam lemak) yang mampu menembus hingga ke dalam batang rambut. Sehingga minyak ini akan menguatkan rambut dan mencegah sekaligus mengatasi rambut mudah patah.

manfaat minyak kelapa untuk rambut

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat mencegah dan mengatasi rambut patah - OkayDoc

Rambut Lembut dan Halus

Penggunaan minyak kelapa setelah keramas akan membuat rambut lebih lembut dan halus. Minyak ini juga dapat menghaluskan rambut yang rapuh atau bercabang, misalnya karena terlalu sering menggunakan alat pengeriting atau pelurus rambut.

Rambut Lebih Panjang dan Tebal

Menggunakan minyak kelapa secara teratur pada rambut dapat membantu rambut tumbuh panjang dan tebal lebih cepat. Minyak kelapa mampu melembabkan dan melindungi rambut dari kerusakan akibat faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari.

Memijat kepala dengan minyak kelapa dipercaya melancarkan aliran darah pada kulit kepala. Proses ini akan membantu merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat dan tebal.

rambut lebih panjang dan tebal

Memijat kepala dengan minyak kelapa dipercaya akan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat dan tebal - OkayDoc

Mengatasi Ketombe

Beragam bakteri dan jamur dapat tumbuh di kulit kepala dan menyebabkan ketombe pada kulit kepala. Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dipercaya dapat membantu mengatasi ketombe.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut?

cara menggunakan minyak kelapa di rambut

Gunakan minyak kelapa sebagai masker rambut, kondisioner, atau bahan anti kusut setelah keramas - OkayDoc

Beragam cara dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat minyak kelapa untuk rambut. Kamu bisa memakainya sebagai masker rambut, bahan anti kusut setelah keramas, pelindung rambut sebelum keramas, kondisioner, maupun pengobatan bagi kulit kepala.

Caranya cukup mudah. Aplikasikan minyak kelapa pada rambut, kemudian ratakan dengan tangan. Lalu, diamkan selama beberapa saat. Jangan lupa untuk menggunakan penutup kepala agar noda minyak tidak menempel pada pakaian dan barang-barang sekitar.

Pengunaannya juga bisa bersama minyak lain untuk mendapat hasil maksimal. Contohnya, minyak zaitun.
Jenis dan banyaknya minyak kelapa yang digunakan, bergantung pada kondisi rambutmu. Rambut yang panjang atau tebal mungkin membutuhkan lebih banyak minyak kelapa dibandingkan rambut pendek dan tipis.

Jenis minyak kelapa yang banyak dipilih adalah organic virgin coconut oil atau minyak kelapa mentah yang belum diproses. Jenis ini dianjurkan karena bebas dari campuran bahan kimia.

Apakah Minyak Kelapa Aman Digunakan pada Rambut?

minyak kelapa digunakan pada rambut

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap minyak kelapa - OkayDoc

Gunakan minyak kelapa secukupnya, terutama jika rambutmu pendek dan tipis. Untuk meremajakan rambut yang panjang, gunakan minyak kelapa sebanyak 2-3 sendok makan. Penggunaan terlalu banyak akan membuat rambut dan kulit kepala berminyak.

Beberapa orang juga memiliki alergi terhadap minyak kelapa. Cobalah sedikit pada kulit dan diamkan sebentar untuk melihat adanya reaksi alergi atau tidak. Hentikan penggunaannya jika terdapat reaksi kulit yang tidak diinginkan seperti kemerahan, bengkak, mengelupas atau gatal.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah dan Kulitmu

Minyak kelapa dapat membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Tidak hanya melembabkan, minyak ini juga bisa mencegah dan menangani kerusakan rambut, mengatasi ketombe, dan bahkan menyuburkan rambut.

Setelah mengetahui rahasia rambut sehat dengan minyak kelapa, kamu bisa mencobanya di rumah dan buktikan sendiri manfaat minyak kelapa untuk rambut indahmu. 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Rambut
Cara Mengatasi Uban Ini Membuat Rambut Kembali Hitam nan Sehat
Dedi Irawan
20 Dec 2017
Rambut
5 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami yang Anti Ribet
Tsalis Annisa
04 Jul 2018
Wajah
Bebas Sel Kulit Mati dengan Scrub Wajah Alami
Vivi Hermin
19 Jun 2018
Wajah
12 Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah dan Kulitmu (ALAMI)
Vivi Hermin
14 Oct 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...