• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Minum air putih merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting untuk tubuhmu. Pasalnya, sebagian besar tubuh manusia mengandung air. Air juga diperlukan oleh tubuh dalam proses pencernaan, sirkulasi, menjaga suhu tubuh, penyaluran nutrisi ke seluruh bagian tubuh, pembuangan limbah metabolisme, dan produksi air liur.

Ketika tubuh kekurangan cairan, otak akan mengirimkan sinyal yang menyebabkanmu merasa haus. Ini berarti kamu perlu segera minum agar tidak mengalami dehidrasi dan sistem organ tubuh dapat tetap berkerja dengan baik.

Jadi apa saja manfaat lain dari air putih? Yuk, simak manfaat minum air putih berikut agar tubuh lebih sehat!

1. Melancarkan Pencernaan dan Mencegah Sembelit

manfaat minum air putih untuk melancarkan sembelit

Rajin minum air putih dapat melancarkan pencernaan - OkayDoc

Minum air putih tidak hanya sekadar menghilangkan rasa haus, tapi juga mampu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Konsumsi air putih juga membantu tubuh mencerna serat larut air.

Bahkan penelitian menunjukkan bahwa mencukupi minum air putih dapat membuat tinja dalam usus menjadi lebih lunak dan mudah keluar. Itulah mengapa minum air putih sangat penting jika kamu ingin pencernaanmu lancar. Hal ini juga membantumu jika ingin menurunkan berat badan.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

manfaat minum air putih bagi keseimbangan tubuh

Jaga keseimbangan cairan tubuhmu dengan cukup minum air putih setiap harinya - OkayDoc

Sebagian besar dari tubuh manusia terdiri dari air yang memiliki fungsi penting dalam penyerapan nutrisi, sirkulasi tubuh, pembuatan air liur, pencernaan, dan menjaga kemampuan kinerja organ tubuh.

Itulah mengapa kamu perlu menjaga keseimbangan cairan tubuhmu dengan cukup minum air putih setiap hari. Bahkan, tubuh juga bisa kehilangan banyak cairan dari bernapas, berkeringat, buang air besar atau buang air kecil. Sehingga kamu juga perlu memastikan untuk minum segelas air tiap beberapa jam, agar mencegah kehilangan cairan tubuh dan jatuh dalam kondisi dehidrasi.

Meski begitu, kamu tidak disarankan minum dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu berdekatan. Terlalu banyak minum bisa sama buruknya dengan kurang minum. Minum kebanyakan dapat meningkatkan risiko hiponatremia, yaitu kondisi di mana kadar natrium terlalu rendah atau di bawah normal.

Ingat, pada kondisi kesehatan normal, wanita perlu minum air putih sekitar 2 liter per hari, sedangkan pria membutuhkan sekitar 3 liter air per hari. Minumlah cukup air putih tiap harinya, dan tingkatkan jumlahnya ketika kamu sedang sakit, sebelum dan setelah olahraga, serta dalam kondisi menyusui atau hamil.

Baca Juga: Manfaat Olahraga agar Tubuh makin Sehat

3. Membantu Fungsi dan Kerja Ginjal

manfaat minum air putih untuk fungsi dan kerja ginjal yang lebih baik

Minum air putih penting untuk membantu ginjalmu bekerja mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dalam darah - OkayDoc

Selain menjaga menjaga keseimbangan cairan tubuh, manfaat minum air putih selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan ginjalmu. Fungsi ginjal adalah membantu tubuh menghilangkan senyawa yang tidak lagi dapat digunakan dalam metabolisme.

Nah, agar proses ini dapat berjalan dengan lancar, tubuh membutuhkan cukup asupan air putih. Itulah mengapa cukup minum air putih dipercaya mampu membantumu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

4. Menjaga Kecantikan Kulitmu

manfaat minum air putih untuk kulit

Rajin minum air putih membantu mempertahankan hidrasi kulitmu - OkayDoc

Guna mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, penting bagimu untuk menjaga hidrasinya dari dalam. Pasalnya, kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit tampak kering, dan bahkan lebih cepat mengalami keriput. Hal ini dapat dicegah dengan rajin minum air putih.

Minumlah satu atau dua gelas air putih di pagi hari guna melancarkan sirkulasi tubuh, membuang zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan tubuh, dan kulit lebih cantik bersinar.

5. Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala

manfaat minum air putih untuk mencegah dan mengatasi masalah

Bekerja tanpa cukup minum air putih bisa mengganggu kinerja otak dan menimbulkan sakit kepala - OkayDoc

Bekerja terlalu lama tanpa minum air putih dapat berisiko mengganggu kinerja organ tubuhmu, terutama otak. Selain itu, dehidrasi juga dinilai dapat memicu migrain dan sakit kepala. Oleh karena itu, guna mencegah sakit kepala, penting bagimu untuk memastikan kamu cukup minum air putih setiap harinya.

Jika kamu sering mengalami sakit kepala, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter dan tidak terlalu sering mengonsumsi obat pereda sakit. Obat tersebut dapat memberikan efek buruk bagi tubuhmu jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Nah, untuk membantu mengatasi dan mencegah kemunculan sakit kepala, minumlah cukup air putih dan beristirahat.

6. Mengatur Asupan Kalori Harianmu

manfaat minum air putih

Cukup minum air putih dapat membantumu mengatur asupan kalori - OkayDoc

Berniat menurunkan berat badan? Meningkatkan jumlah air yang kamu minum setiap harinya dapat menjadi salah satu strategi yang tepat.

Dengan itu, kamu bisa menekan nafsu makan. Bahkan jika kamu minum satu gelas air putih sebelum makan atau makan sup sebelum makan berat, kamu dapat menjadi lebih kenyang tanpa asupan kalori yang tinggi.

Selain itu, melakukan hal itu juga akan melembabkan lapisan mukosa saluran cerna dan mencegahnya terluka oleh makanan dan asam. Beberapa ahli juga menyarankan untuk mengonsumsi air putih sebelum, saat, dan sesudah makan.

Baca Juga: Diet Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

7. Menambah Energi dalam Tubuh

manfaat minum air putih untuk menambah energi pada tubuhmu

Cukup minum air putih bisa mengembalikan energimu yang hilang - OkayDoc

Merasa lelah atau mengantuk? Ini bisa menjadi tanda pertama dari dehidrasi. Ketika hampir seluruh kandungan air sudah terserap ke dalam aliran darah, hal ini dapat membangkitkan rasa kantuk dalam sekejap. Nah, jika kamu sudah merasa seperti ini, disarankan untuk tidak memilih minuman berenergi. Cukup minum air putih, dan hindari dehidrasi ringan maupun berat.

Itulah manfaat minum air putih dalam kehidupan sehari-hari. Intinya, minum air putih sangat berguna untuk memiliki tubuh yang sehat. Jadi mulai dari sekarang maksimalkan manfaat minum air putih untuk hidup yang lebih sehat!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
Disebut Baik untuk Kulit, Ini Fakta Seputar Fungsi Vitamin E!
Annisa Trimirasti
28 Nov 2017
Kebugaran
3 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui
Laila Adila
11 Aug 2017
Pencegahan
Beda dengan Air Biasa, Ini 5 Manfaat Minum Air Hangat!
Annisa Trimirasti
19 Oct 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...