• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Manfaat lidah buaya sudah dikenal sejak dulu. Tanaman ini telah digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit maupun luka bakar. Bagian penting yang digunakan pada lidah buaya adalah bagian isinya.

Sebenarnya, terdapat 2 jenis isi lidah buaya yang bisa dimanfaatkan. Pertama, bagian bening dan bertekstur seperti jeli yang biasa dijadikan obat dalam bentuk salep, krim, dan losion. Kedua, bagian getah yang berupa cairan kekuningan dari lapisan kulitnya.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

manfaat-lidah-buaya-isi1-OkayDoc.jpg

Gejala dari penyakit kulit psoriasis bisa dikurangi dengan lidah buaya - OkayDoc

Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya membuatnya dipercaya dapat memberikan ragam jenis manfaat. Nah, berikut ini adalah manfaat lidah buaya yang perlu kamu ketahui.

1. Membantu Meringankan Gejala Psoriasis

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa krim yang mengandung lidah buaya dapat membantu mengurangi gejala psoriasis. Penyakit peradangan kulit kronis yang disebabkan oleh ganguan sistem imun ini, umumnya memiliki gejala kulit yang menebal, mengelupas, dan ruam berwarna kemerahan atau putih keabu-abuan.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulutmu

Mungkin tidak terpikir sebelumnya bahwa tanaman ini memiliki kandungan yang sangat bagus untuk mengurangi lubang pada gigi. Tapi nyatanya penelitian bahkan menunjukkan bahwa pasta gigi yang berbahan lidah buaya memberikan hasil yang lebih efektif menjaga kesehatan gigi dan mulut dibandingkan dengan pasta gigi lainnya.

3. Mengatasi Sembelit

Kandungan getah dalam lidah buaya terbukti mampu mengobati masalah pencernaan, seperti konstipasi. Meski begitu, jika digunakan secara berlebihan konsumsi tanaman ini justru dapat menyebabkan diare

Mengatasi masalah gula darah okaydoc

Lidah buaya dapat mengontrol gula darah - OkayDoc

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Lidah buaya terkadang digunakan sebagai ramuan diabetes tradisional karena dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah.

Selain itu, sebuah studi juga menunjukkan hasil yang menjanjikan akan konsumsi ekstrak lidah buaya pada penderita diabetes tipe 2. Meski begitu, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk dapat merekomendasikan tumbuhan ini sebagai obat diabetes.

Pasalnya, beberapa kasus melaporkan bahwa mengonsumsi suplemen lidah buaya dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan hati.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan, seperti akibat sinar matahari, hingga hampir 9 hari.

Hal tersebut karena gel tumbuhan ini memiliki sifat antibakteri yang membantu mengurangi inflamasi, menghidrasi sekaligus mendorong kemampuan elastisitas kulit dalam proses penyembuhan.

6. Bisa Menjadi Make Up Remover dan Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Lidah buaya juga dapat menjadi salah satu produk kecantikan kulitmu. Pasalnya, tekstur gel tumbuhan ini lembut di kulit dan dapat menjadi make up remover alami.

Penggunaannya mudah, cukup oleskan gel dengan kain ke wajah yang telah memakai make up. Bahan ini disebut baik untuk orang dengan kulit sensitif yang peka akan bahan standar dalam make up remover biasa.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai primer. Bahkan penggunaan tumbuhan ini juga dikenal bisa melembapkan kulit serta mencegah penuaan dini.

Obat kumur alami okaydoc

Ekstrak lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur alami - OkayDoc

7. Obat Kumur Alami

Sebuah studi yang dilakukan selama 4 hari memaparkan bahwa penggunaan ekstrak lidah buaya berpotensi dalam mengurangi plak pada gigi. Terlebih lagi, lidah buaya juga mengandung vitamin C. Vitamin tersebut kerap digunakan untuk membantu mengatasi masalah gusi bengkak dan perdarahan di mulut.

8. Dipercaya Meredakan Jerawat

Saat jerawat ringan muncul di wajah, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya yang didiamkan semalaman sebagai cara alami meredakan iritasi dan kemerahan. Tanaman ini memiliki sifat antibakteri, anti radang, dan antioksidan yang baik untuk penanganan kondisi kulit berjerawat.

Untuk mencegah terjadinya reaksi alergi pada wajah, kamu bisa coba mengoleskan gel tersebut pada area kulit yang sensitif, seperti area bagian dalam lengan bawah, dan amati kemungkinan timbulnya reaksi alergi. Jika muncul reaksi gatal atau kemerahan, kamu sebaiknya tidak menggunakan gel ini sebagai bagian penanganan jerawat. 

9. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Hati merupakan organ penting dalam proses detoksifikasi atau penetralan racun dalam tubuh. Kesehatan organ ini dapat dijaga dengan bantuan jus lidah buaya.

Hal tersebut dikarenakan dalam jumlah yang tidak berlebihan, jus ini membantu hati berfungsi dengan baik, mencukupi kebutuhan gizi tubuh berkat kandungan fitonutriennya sekaligus menghidrasi tubuh.

Asam lambung okaydoc

Lidah buaya dapat mengontrol sekresi asam lambung - OkayDoc

10. Membantu Meringankan Gejala Asam Lambung

Munculnya sensasi rasa terbakar di dada (heartburn) mungkin dialami saat asam lambung naik, dapat diredakan dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Hal tersebut disebabkan oleh senyawa dalam lidah buaya yang dapat membantu mengontrol sekresi asam lambung.

Lidah buaya juga dipercaya dapat membantumu meredakan gejala penyakit asam lambung lainnya. Sebuah studi memaparkan bahwa konsumsi 10 mL lidah buaya satu kali sehari bisa turut menurunkan gejala seperti mual, muntah, dan perut kembung. Tentunya meredakan gejala juga harus disertai dengan pola makan sehat ya.

11. Membantu Meredakan Luka Lepuh pada Herpes Tipe 1

Herpes simplex virus tipe 1 umumnya menjadi penyebab cold sore yang ditandai dengan luka lepuh, biasanya di sekitar rongga mulut dan bibir. Sebuah studi yang dilakukan pada tahap sel, menemukan bahwa kondisi luka lepuh tersebut dapat dibantu dengan lidah buaya.

Selain itu, lidah buaya pun memberikan efek menenangkan dan membantu penyembuhan kulit yang teriritasi, seperti lepuhan akibat herpes.

Baca Juga: Cermati Gejala Penyakit Herpes Sebelum Bertambah Parah

Cara Penggunaan Lidah Buaya

manfaat-lidah-buaya-isi2-OkayDoc.jpg

Lidah buaya juga dapat dimakan atau diminum - OkayDoc

Mulai tertarik dengan manfaat lidah buaya? Jika kamu ingin merasakan khasiatnya secara alami, ada beberapa cara pemakaiannya untuk kesehatan. Di antaranya adalah dimakan atau dioleskan ke bagian tubuh yang diinginkan.

Lidah buaya yang biasa dimakan dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit seperti asma, demam, osteoarthritis, gatal, masalah haid, serta menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Sedangkan lidah buaya yang dioleskan bisa untuk meredakan jerawat, rasa terbakar pada mulut, plak pada gigi, kulit yang terbakar, penyakit gusi, dan juga ketombe. Bisa juga diaplikasikan pada kulit yang terasa kering. Ekstrak lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Efek Samping Lidah Buaya

manfaat-lidah-buaya-isi2-OkayDoc.jpg

Di samping manfaat lidah buaya yang baik untuk kesehatan, tanaman ini bisa pula menyebabkan efek samping yang sebaiknya diwaspadai - OkayDoc

Meski mengandung beragam jenis kegunaan, manfaat lidah buaya juga hadir dengan efek samping yang perlu diperhatikan. Adapun efek samping yang mungkin muncul meliputi diare dan kram perut jika dikonsumsi secara langsung.

Orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan juga harus berhati-hati. Lidah buaya dapat menyebabkan penurunan penyerapan dari beberapa jenis obat.

Baca Juga: Masker untuk Wajah Kusam dan Tips Membuatnya (Alami)

Meski lidah buaya dipercaya memiliki beragam khasiat bagi kesehatan, hal ini masih memerlukan lebih banyak penelitian. Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya sebagai alternatif pengobatanmu.

Kamu juga harus ingat untuk membaca label dari BPOM, aturan pakai, serta potensi efek samping pada kemasan produk lidah buaya yang ingin kamu pakai.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...