• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

9 Manfaat Lidah Buaya Beserta Efek Sampingnya!

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria

Manfaat lidah buaya sudah dikenal sejak dulu. Tanaman ini telah digunakan untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari maupun luka bakar.

Bagian penting yang digunakan pada lidah buaya adalah bagian isinya. Ada 2 jenis isi lidah buaya yang bisa dimanfaatkan.

Pertama, bagian bening dan bertekstur seperti jeli yang biasa dijadikan obat dalam bentuk salep, krim, dan losion. Kedua, bagian getah yang berupa cairan kekuningan dari lapisan kulitnya.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

manfaat-lidah-buaya-isi1-OkayDoc.jpg

Gejala dari penyakit kulit psoriasis bisa dikurangi dengan lidah buaya - OkayDoc

Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya membuatnya dipercaya dapat memberikan ragam jenis manfaat. Nah, berikut ini adalah manfaat lidah buaya yang perlu kamu ketahui.

Membantu Meringankan Gejala Psoriasis

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa krim yang mengandung lidah buaya dapat membantu mengurangi gejala psoriasis. Penyakit peradangan kulit kronis yang disebabkan oleh ganguan sistem imun ini, umumnya memiliki gejala kulit yang menebal, mengelupas, dan ruam berwarna kemerahan atau putih keabu-abuan.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulutmu

Mungkin tidak terpikir sebelumnya bahwa tanaman ini memiliki kandungan yang sangat bagus untuk mengurangi lubang pada gigi. Tapi nyatanya penelitian bahkan menunjukkan bahwa pasta gigi yang berbahan lidah buaya memberikan hasil yang lebih efektif menjaga kesehatan gigi dan mulut dibandingkan dengan pasta gigi lainnya.

Mengatasi Sembelit

Kandungan getah dalam lidah buaya terbukti mampu mengobati masalah pencernaan, seperti konstipasi. Meski begitu, jika digunakan secara berlebihan konsumsi tanaman ini justru dapat menyebabkan diare

sakit-perut-parah-OkayDoc.jpg

Mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dapat menjadi manfaat lidah buaya - OkayDoc

Menurunkan Kadar Gula Darah

Lidah buaya terkadang digunakan sebagai ramuan diabetes tradisional karena dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah.

Selain itu, sebuah studi juga menunjukkan hasil yang menjanjikan akan konsumsi ekstrak lidah buaya pada penderita diabetes tipe 2. Meski begitu, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk dapat merekomendasikan tumbuhan ini sebagai obat diabetes.

Pasalnya, beberapa kasus melaporkan bahwa mengonsumsi suplemen lidah buaya dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan hati.

Meringankan Sensasi Terbakar di Dada

Munculnya sensasi rasa terbakar di dada yang mungkin dialami saat asam lambung naik, dapat diredakan dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Hal tersebut disebabkan oleh senyawa dalam lidah buaya yang dapat membantu mengontrol sekresi asam lambung.

lidah-buaya-luka-OkayDoc.jpg

Lidah buaya memberi efek menenangkan sekaligus dapat mempercepat proses penyembuhan luka - OkayDoc

Mempercepat Penyembuhan Luka

Lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan, seperti akibat sinar matahari, hingga hampir 9 hari.

Hal tersebut karena gel tumbuhan ini memiliki sifat antibakteri yang membantu mengurangi inflamasi, menghidrasi sekaligus mendorong kemampuan elastisitas kulit dalam proses penyembuhan.

Bisa Menjadi Make Up Remover dan Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Lidah buaya juga dapat menjadi salah satu produk kecantikan kulitmu. Pasalnya, tekstur gel tumbuhan ini lembut di kulit dan dapat menjadi make up remover alami.

Penggunaannya mudah, cukup oleskan gel dengan kain ke wajah yang telah memakai make up. Bahan ini disebut baik untuk orang dengan kulit sensitif yang peka akan bahan standar dalam make up remover biasa.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai primer. Bahkan penggunaan tumbuhan ini juga dikenal bisa melembapkan kulit serta mencegah penuaan dini

lidah-buaya-kulit-OkayDoc.jpg

Lidah buaya juga dapat menjadi bahan perawatan kulit sebagai penghapus make up atau make up remover - OkayDoc

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Hati merupakan organ penting dalam proses detoksifikasi atau penetralan racun dalam tubuh. Kesehatan organ ini dapat dijaga dengan bantuan jus lidah buaya.

Hal tersebut dikarenakan dalam jumlah yang tidak berlebihan, jus ini membantu hati berfungsi dengan baik, mencukupi kebutuhan gizi tubuh berkat kandungan fitonutriennya sekaligus menghidrasi tubuh.

Membantu Mengatasi Herpes Tipe 1

Herpes simplex virus tipe 1 umumnya menjadi penyebab cold sore yang ditandai dengan luka lepuh, biasanya di sekitar mulut dan bibir. Penanganan kondisi ini disebut dapat dibantu dengan lidah buaya karena memiliki sifat antivirus.

Selain itu, lidah buaya pun memberikan efek menenangkan dan membantu menyembuhkan kulit yang teriritasi, seperti lepuhan akibat herpes.

Baca Juga: Rawat Rambutmu dengan Racikan Masker Rambut Lidah Buaya

Cara Penggunaan Lidah Buaya

manfaat-lidah-buaya-isi2-OkayDoc.jpg

Lidah buaya juga dapat dimakan atau diminum - OkayDoc

Mulai tertarik dengan manfaat lidah buaya? Jika kamu ingin merasakan khasiatnya secara alami, ada beberapa cara pemakaiannya untuk kesehatan. Di antaranya adalah dimakan atau dioleskan ke bagian tubuh yang diinginkan.

Lidah buaya yang biasa dimakan dipercaya dapat digunakan untuk mengobati penyakit seperti asma, demam, osteoarthritis, gatal, masalah haid, serta menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Sedangkan lidah buaya yang dioleskan bisa untuk meredakan jerawat, rasa terbakar pada mulut, plak pada gigi, kulit yang terbakar, penyakit gusi, dan juga ketombe. Bisa juga diaplikasikan pada kulit yang terasa kering. Ekstrak lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Efek Samping Lidah Buaya

manfaat-lidah-buaya-isi2-OkayDoc.jpg

Di samping manfaat lidah buaya yang baik untuk kesehatan, tanaman ini bisa pula menyebabkan efek samping yang sebaiknya diwaspadai - OkayDoc

Meski mengandung beragam jenis kegunaan, manfaat lidah buaya juga hadir dengan efek samping yang perlu diperhatikan. Adapun efek samping yang mungkin muncul meliouti diare dan kram perut jika dikonsumsi secara langsung.

Orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan juga harus berhati-hati. Lidah buaya dapat menyebabkan penurunan penyerapan dari beberapa jenis obat.

Baca Juga: Masker untuk Wajah Kusam dan Tips Membuatnya (Alami)

Meski lidah buaya dipercaya memiliki beragam khasiat bagi kesehatan, hal ini masih memerlukan lebih banyak penelitian. Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya sebagai alternatif pengobatanmu.

Kamu juga harus ingat untuk membaca label dari BPOM, aturan pakai, serta potensi efek samping pada kemasan produk lidah buaya yang ingin kamu pakai.

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria
Komentar
Artikel Terkait
Rambut
04 Jan 2018
Rawat Rambutmu dengan Racikan Masker Rambut Lidah Buaya
Asa Citra
Gangguan Kesehatan
04 May 2018
8 Gejala Kanker Lidah yang Perlu Kamu Waspadai
Venny Firstyani
Pengobatan
01 Feb 2018
9 Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Mandiri
Tsalis Annisa
Gangguan Kesehatan
18 Jun 2018
Penyebab Lidah Putih, dari Kebersihan Mulut hingga Kanker!
Diah Ayu Lestari
Pengobatan
13 Apr 2018
Lengkap, Ini Fungsi Antibiotik, Cara Kerja, dan Efek Sampingnya!
Annisa Trimirasti
Diet
06 Apr 2018
Teliti Lagi 4 Manfaat Susu Kedelai Beserta Efek Sampingnya!
Maya Ligina
Memuat...
Konsultasi
Memuat...