• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Manfaat kopi hijau sering dikaitkan dengan kandungan asam klorogenat di dalamnya. Pamornya yang semakin meningkat di masyarakat membuat kopi hijau kerap dijual sebagai suplemen diet. Suplemen tersebut bahkan diklaim dapat menurunkan berat badan.

Sebagian orang yang ingin langsing dan menjadi lebih sehat mulai tergoda dengan klaim tersebut. Tapi, tahukah kamu apa itu yang dimaksud dengan kopi hijau? Lalu, amankah mengonsumsinya setiap hari?

Kopi Hijau dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya

manfaat kopi hijau OkayDoc

Kopi hijau atau ekstrak kopi hijau diklaim dapat mengatasi beberapa kondisi kesehatan - OkayDoc

Kopi hijau merupakan biji kopi yang masih mentah dan masih belum melalui proses penyangraian seperti biji kopi yang biasa diolah untuk beragam minuman kopi. Biji kopi yang belum melalui proses ini memiliki kandungan asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan kopi yang sudah disangrai.

Asam klorogenat dalam kopi hijau inilah yang dipercaya memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Senyawa yang juga ditemukan dalam buah apel ini berperan sebagai antioksidan.

Selain asam klorogenat, kopi hijau juga mengandung kafein yang juga dapat memberikan manfaat untuk tubuhmu. Akan tetapi, konsumsi kafein harus diatur dalam batas tertentu. Bahkan perlu dikurangi hingga dihindari jika kamu mengidap gangguan kesehatan tertentu.

Memahami Lebih Jeli Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

manfaat kopi hijau menurunkan tekanan darah

Asam klorogenik dalam kopi hijau diklaim dapat mengatasi tekanan darah tinggi - OkayDoc

Kamu termasuk ke dalam golongan yang tergoda akan manfaat kopi hijau? Kalau iya, sebelum kamu mengonsumsinya lebih jauh, yuk kenali beberapa fakta dan mitos mengenai manfaat kopi hijau di bawah ini.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Jika kamu memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, kopi hijau dipercaya dapat menjadi obat alaminya. Pasalnya kopi hijau mengandung asam klorogenik yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara teratur.

Meski begitu, ternyata hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Kenapa? Karena belum banyak bukti yang menyatakan demikian dan masih memerlukan lebih banyak penelitian.

2. Menurunkan Berat Badan

Selain menurunkan tekanan darah, manfaat kopi hijau lainnya adalah menurunkan berat badan. Pasalnya kopi hijau dapat memperlancar sistem pencernaan dan mengatur gula dalam darah. Tapi, sayangnya, hal ini juga masih memerlukan penelitian lebih dalam dan belum banyak bukti yang menyatakan demikian.

Diabetes okaydoc

Kopi hijau mengandung asam klorogrenat yang dapat menurunkan risiko diabetes - OkayDoc

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Asam klorogenat dalam kopi ini dipercaya memengaruhi kadar glukosa dalam darah. Ahli memaparkan kopi hijau dapat menurunkan kadar gula darah hingga 24% diukur 30 menit setelah mengonsumsi kopi ini.

Meski begitu, hasil tersebut hanya diujikan pada orang-orang yang normal yang tidak mengidap diabetes. Penggunaan suplemen kopi hijau untuk tujuan ini juga belum didukung penuh oleh hasil penelitian yang memadai. Jadi, hati-hati selama mengonsumsinya ya!

Teliti Juga Efek Samping Konsumsi Kopi Hijau Berikut

Gangguan kecemasan okaydoc

Asupan kafein dalam kopi hijau dapat menimbulkan gangguan kecemasan - OkayDoc

Perlu kamu catat, kopi hijau mengandung kafein seperti kopi pada umumnya. Karenanya, konsumsi kopi hijau memiliki risiko yang tidak kalah dengan kopi yang sudah melalui proses pengolahan.

Lebih-lebih, jika kamu mengidap penyakit atau beberapa kondisi medis tertentu, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi kopi hijau. Sebab, asupan kafein yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping berupa:

  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan tidur
  • Kopi hijau mengandung zat stimulan seperti kafein yang dapat memperparah diare
  • Gangguan saluran cerna, seperti irritable bowel syndrome (IBS)
  • Peningkatan tekanan darah

Seseorang yang kerap mengonsumsi kopi hijau dalam dosis besar juga berisiko mengalami peningkatan hormon homosistein yang terkait dengan gangguan jantung. Selain itu, risiko menderita glaukoma dan osteoporosis juga turut meningkat saat kamu mengonsumsi kafein berlebihan.

Baca Juga: Begini Tanda Kamu Kecanduan Kopi dan Cara Mengatasinya!

Kecewa? Tenang, Kamu Punya Cara Lain untuk Hidup Sehat

manfaat kopi hijau bagi kesehatan

Mulai ubah gaya hidup dan pola makanmu menjadi lebih sehat - OkayDoc

Kecewa dengan fakta manfaat kopi hijau? Jangan sedih, untuk memiliki tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal, kamu masih bisa melakukan beberapa cara lain. Misalnya dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah umumnya akan meningkat seiring meningkatnya berat badan atau lingkar pinggang. Jadi, untuk menurunkan tekanan darah secara alami, kamu perlu berusaha menjaga berat badanmu.

Caranya sangat mudah. Mulailah mengonsumsi makanan yang kaya kalium, serat, dan protein.  Kandungan potasium mampu membantumu menurunkan jumlah sodium di dalam tekanan darahmu.

Selain itu, untuk menunjang usahamu ini kamu juga perlu seimbangkan dengan olahraga secara rutin.

2. Cara Alami Menurunkan Berat Badan

Daripada kamu mengonsumsi kopi hijau yang masih belum benar-benar terbukti khasiatnya, cobalah untuk lebih rajin minum air mineral untuk memperlancar sistem pencernaanmu. Selain itu, mulailah konsumsi makanan yang rendah kalori, sekaligus kaya akan serat seperti buah dan sayur.

Agar kalori yang masuk ke dalam tubuhmu juga tidak berlebihan, kamu juga bisa menyiasatinya dengan makan menggunakan piring dan sendok kecil. Lalu, seimbangkan dengan berolahraga. Supaya kalori yang masuk ke dalam tubuhmu dapat terbakar dengan baik dan tidak menumpuk menjadi lemak.

Baca Juga: Kamu Tetap Langsing dengan Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Meski diklaim memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, manfaat kopi hijau nyatanya masih memerlukan lebih banyak penelitian untuk mendapatkan bukti akan khasiatnya.

Jika kamu tetap ingin mengonsumsi kopi hijau, pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan guna menghindari risikonya. Selain itu, jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu,  alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Mengolah Camilan Sehat agar Bisa Diet Seimbang
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Herba
Fakta Manfaat Kayu Manis untuk Diet Sebelum Ikut Mencoba
Maya Ligina
15 Nov 2017
Kebugaran
Simak 8 Efek Minum Kopi Terhadap Organ Tubuhmu!
Maya Ligina
19 May 2018
Diet Ibu Menyusui
Ibu Menyusui Minum Kopi Boleh Saja Asal Memperhatikan Ini!
Dedi Irawan
01 Jun 2018
Kebugaran
Benarkah Ada Manfaat Air Lemon Bagi Tubuh? Ini Faktanya!
Annisa Trimirasti
09 Nov 2018
Kebugaran
5 Minuman Sehat untuk Tubuh Bebas Penyakit
Diah Ayu Lestari
28 Apr 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...