• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh
  1. Tahukah kamu bahwa kayu manis banyak pula digunakan untuk meringankan berbagai gangguan kesehatan? Ragam manfaat kayu manis untuk kesehatan tersebut juga telah banyak diteliti oleh para ahli.

Di Indonesia sendiri, kayu manis yang sering digunakan adalah spesies Cinnamomum burmanii. Kulit batang pohon ini akan dikeringkan dan sering dibuat menjadi serbuk sebelum ditambahkan pada makanan atau minuman. Untuk lebih tahu khasiatnya, mari simak penjelasannya di bawah ini!

1. Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

 manfaat kayu manis OkayDoc.jpg

Kayu manis bermanfaat untuk menghambat beberapa bakteri di mulut - OkayDoc

Dalam kayu manis, terdapat senyawa organik cinnamaldehyde yang diyakini bermanfaat dalam menangani berbagai jenis infeksi. Minyak kayu manis disebut efektif menangani infeksi saluran pernapasan akibat jamur.

Selain itu, cinnamaldehyde juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu (seperti Salmonella dan Listeria) yang banyak menjadi penyebab keracunan makanan.

Kayu manis pun disebut dapat mengurangi bau napas tak sedap dan kerusakan gigi. Kebaikan ini muncul karena rempah ini memiliki sifat antimikroba sehingga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan mulut.

2. Mencegah Diabetes

mencegah diabetes OkayDoc.jpg

Manfaat kayu manis juga termasuk mencegah gula darah naik yaitu pemicu diabetes - OkayDoc

Tingginya gula darah dalam tubuh dapat memicu penyakit diabetes. Hal ini terjadi karena saat gula darah naik, gula akan menyatu dengan protein dan membentuk senyawa AGEs (advance glycation end products). Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan.

Keberadaan kayu manis dapat mencegah pembentukan senyawa AGEs berkat kadar antioksidannya yang tinggi. Rempah ini juga dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga mencegah gula darah melonjak drastis setelah kamu makan.

Kayu manis dapat pula meniru cara kerja insulin (hormon pengatur gula darah) dan meningkatkan penggunaan gula darah oleh sel-sel tubuh. Efek antidiabetes dari kayu manis ini juga telah dikonfirmasi dalam beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

menurunkan resiko penyakit jantung.jpg

Kayu manis dapat mengurangi LDL yang dapat menyebabkan sakit jantung - OkayDoc

Konsumsi kayu manis sebanyak 1 gram per hari dikatakan dapat mengurangi total kolesterol, kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida dalam darah. Sementara tingkat kolesterol baik (HDL) tetap stabil. Suatu penelitian pada hewan juga menunjukkan kayu manis dapat menurunkan tekanan darah.

Kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan faktor pemicu dari penyakit jantung. Maka dari itu, kayu manis dianggap mampu menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

meningkatkan fungsi otak

Proses penyerapan informasi dapat meningkat merupakan salah satu manfaat kayu manis - OkayDoc

Konsumsi kayu manis disebut dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Terutama pada proses kognitif, yaitu proses menangkap, mengingat, dan memahami sesuatu.

Bukan hanya itu, ekstrak rempah aromatik ini pun bisa mencegah sel-sel otak dari pembengkakan yang biasa disebabkan oleh stroke ataupun cedera otak (brain injury). Oleh sebab itu, ekstrak kayu manis dipercaya mempercepat proses pemulihan.

5. Melindungimu dari Sel Kanker

melindungi dari sel kanker

Ekstrak kayu manis dipercaya dapat memerangi sel kanker, salah satunya kanker usus - OkayDoc

Kayu manis disebut berpotensi untuk memerangi kanker. Sejumlah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis kemungkinan beracun bagi sel-sel kanker sehingga bisa mematikannya.

Rempah beraroma ini juga mengandung antioksidan yang kuat, seperti polifenol. Antioksidan dikenal dapat melawan radikal bebas, yang menjadi salah satu pemicu kanker.

Namun meski sudah terbukti dari segi kandungan zat dan dalam beberapa penelitian dalam laboratorium dan hewan, efek antikanker dari kayu manis pada manusia masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

6. Menurunkan Risiko Gangguan Saraf Akibat Penuaan

manfaat kayu manis untuk penyakit degeneratif

Menurut beberapa penelitian, kayu manis dapat digunakan untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer - OkayDoc

Gangguan saraf akibat penuaan atau disebut juga penyakit neurodegeneratif dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Contoh kondisi ini adalah penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Meski masih perlu penelitian yang lebih lanjut pada manusia, beberapa studi menunjukkan perbaikan fungsi motorik serta proteksi sel-sel saraf pada penggunaan rempah baik ini.

Baca Juga:  Bukan Hanya Bumbu, Ini Manfaat Jahe Untuk Kesehatan!

7. Memiliki Efek Antiinflamasi

kayu manis digunakan untuk mengatasi radang

Kayu manis dipercaya memiliki senyawa dengan efek antiinflamasi - OkayDoc

Inflamasi atau radang terjadi karena adanya perlawanan tubuh terhadap kerusakan sel. Kondisi ini perlu ditangani karena dapat berujung pada kerusakan jaringan jika terus berlangsung.

Kabar baiknya, kayu manis dapat dimanfaatkan untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh. Manfaat ini muncul berkat kandungan antioksidan dengan efek antiinflamasi yang efektif.

8. Memerangi Virus HIV

manfaat kayu manis untuk virus hiv

Virus HIV-1 disebut dapat dilawan dengan senyawa dalam kayu manis - OkayDoc

Salah satu tipe virus HIV paling umum adalah HIV-1. Dalam sebuah penelitian skala laboratorium yang menguji 69 jenis rempah dan herba, kayu manis menunjukkan dampak yang paling efektif dalam memerangi virus ini.

Kayu manis yang digunakan dalam penelitian tersebut berasal dari ekstrak varietas Cassia, yaitu jenis kayu manis yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Namun untuk manfaatnya pada manusia secara langsung masih butuh penelitian lebih lanjut.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

kayu manis untuk menurunkan kolesterol jahat

Senyawa antioksidan dalam kayu manis dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat - OkayDoc

Penumpukan kolesterol dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Coba tambahkan kayu manis ke dalam menu makanan penurun kolesterol setiap hari.

Pasalnya, rempah ini dipercaya memiliki senyawa antioksidan yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

10. Membantu dalam Melawan Multiple Sclerosis

manfaat-kayu-manis-mencegah-multiple-sclerosis-okaydoc.jpg

Kayu manis dapat mencegah penyakit multiple sclerosis yang dapat menyebabkan gangguan pada otak dan beberapa sistem saraf - OkayDoc

Penyakit sklerosis multipel (MS) atau multiple sclerosis adalah penyakit kronis yang menyerang sistem saraf pusat. MS menyebabkan gangguan pada otak, saraf tulang belakang, hingga saraf optik. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala berupa mati rasa di tungkai, kelumpuhan, bahkan kebutaan.

Penderita multiple sclerosis diketahui memiliki kadar sel Treg (pengendali utama sistem imun) yang lebih rendah dari orang normal. Kayu manis dikatakan dapat berperan untuk melindungi sel-sel ini sekaligus mencegah hilangnya protein tertentu yang dibutuhkan oleh Treg.

Meski begitu, fungsi kayu manis ini baru diuji pada tikus sehingga butuh penelitian yang lebih luas agar hasilnya bisa lebih akurat.

11. Berpotensi untuk Menurunkan Berat Badan

manfaat-kayu-manis-menurunkan-berat-badan-okaydoc.jpg

Kayu manis diketahui membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan kadar glukosa dalam darah - OkayDoc

Selain menyehatkan, berat badan ideal juga bisa menambah rasa percaya diri bagi sebagian besar orang. Nah, kayu manis dianggap dapat membantumu dalam menurunkan berat badan.

Kayu manis terbukti dapat mengurangi efek buruk dari sejumlah makanan tinggi lemak dan menurunkan kadar glukosa dalam darah. Berkat itu, rempah ini tergolong cukup efektif dalam memangkas berat badan.

Dalam 1 sendok teh kayu manis, kamu bisa mendapatkan sekitar 1,6 gram serat. Jumlah ini akan membantumu dalam memenuhi kebutuhan serat harian sehingga meningkatkan rasa kenyang.

Manfaat kayu manis sangat beragam mulai dari melawan bakteri hingga potensinya melawan virus berbahaya seperti HIV. Namun ingatlah bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan khasiat-khasiat tersebut.

Mengonsumsi kayu manis secara berlebihan juga tidak disarankan. Kamu cukup mengonsumsinya sebanyak setengah hingga satu sendok teh per hari.

Baca Juga: Kebenaran Di Balik Manfaat Kayu Manis Untuk Diet 

Jika dikonsumsi terlalu banyak, kayu manis dapat memicu gangguan pada organ hati. Selain itu, penggunaan secara topikal (dioles) bisa menimbulkan reaksi iritasi pada sebagian orang. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Waspada 7 Efek Samping Kunyit Saat Digunakan Secara Berlebihan
Annisa Trimirasti
17 Aug 2018
Hidup Sehat
Manfaat Daun Pegagan, Herba dengan 9 Manfaat Menakjubkan!
Annisa Trimirasti
10 Aug 2018
Herba
6 Manfaat Goji Berry, Si Merah dengan Potensi Melimpah!
Annisa Trimirasti
04 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Yakin Kamu Bebas dari Penyebab Diabetes Melitus?
Maya Ligina
24 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
5 Cara Jitu Untuk Mencegah Bau Mulut
Lenny Tan
25 Sep 2017
Kebugaran
Penting, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa!
Diah Ayu Lestari
16 May 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...