• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Umum digunakan sebagai bahan makanan dan minuman, manfaat jahe untuk wajah ternyata bukanlah mitos. Dengan kandungan antioksidan tinggi jahe tidak hanya bagus untuk kesehatan, tapi juga sangat bagus untuk mempertahankan kesehatan kulit.

Manfaat lain dari jahe adalah membantu memperlancar aliran darah menuju kulit dan kulit kepala. Hal ini amat berguna untuk memperhalus penampilan selulit sekaligus membuat warna kulit menjadi lebih cerah.

Ini Keuntungan Lain dari Jahe

manfaat jahe untuk wajah OkayDoc

Jahe dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri - OkayDoc

Keuntungan lain yang dimiliki jahe yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit, termasuk wajah, adalah kandungan gingerol yang berperan membantu menurunkan risiko infeksi.

Hal ini mungkin terjadi karena bahan ini bisa menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Kemampuan ini akan membantu untuk meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit.

Pada wajah yang memiliki bekas luka, jahe juga mungkin bisa dijadikan solusi. Cukup pijatkan ekstrak jahe pada bagian bekas luka, lalu diamkan hingga terserap kulit. Setelah dirasa cukup, basuh dengan kain basah.

Kamu bisa menggunakan setidaknya dua kali setiap hari dan rasakan perbedaannya dalam waktu sekitar 6 minggu. Selain bekas luka, bahan ini juga berguna untuk mengurangi jerawat.

Ini Cara Mendapatkan Manfaat Jahe untuk Wajah

manfaat jahe untuk wajah OkayDoc

Untuk menggunakannya kamu bisa memarut jahe - OkayDoc

Jahe juga bersifat menghangatkan dan menyegarkan sehingga membuatnya menjadi pembersih yang baik untuk kulit dan wajah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, beberapa langkah pembuatan pembersih wajah berbahan jahe di bawah ini bisa dijadikan acuan:

  • Siapkan jahe segar, kemudian kupas dan parut sebanyak 2 sendok makan. Masukkan hasil parutan ke dalam mangkuk kecil.
  • Tambahkan 3 sendok makan madu ke dalam jahe parut. Madu memiliki manfaat penyembuhan untuk kulit dengan mengurangi peradangan dan membantu menghilangkan sel kulit mati. Madu juga memiliki sifat antiseptik sehingga menjadi tambahan yang efektif untuk pembersih wajah dari jahe.
  • Tambahkan 118 ml gliserin ke dalam campuran madu dan jahe. Bahan ini berperan sebagai pelembap dan pencegah kekeringan atau emolien alami. Emolien ini sering digunakan pada sabun wajah, sabun mandi, krim, dan losion.
  • Tambahkan juga sabun cair ke dalam campuran bahan-bahan tersebut. Aduk hingga merata, lalu tuangkan ke dalam wadah atau botol, lalu tutup rapat.
  • Tuangkan setengah sendok teh ramuan di atas pada telapak tangan dan tambahkan beberapa tetes air kemudian gosok kedua tangan. Gosokkan perlahan pada wajah atau kulit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan. Hindarkan ramuan ini dari mata karena bisa menyebabkan iritasi.

Simpan ramuan pembersih wajah ini di dalam kulkas agar sabun jahe tetap segar. Ramuan ini juga bisa digunakan pada persendian yang sakit atau sebagai bahan aromaterapi untuk mengobati gejala flu atau pilek.

Meski manfaat jahe untuk wajah menjanjikan dan aman karena terbuat dari bahan alami, namun tetaplah berhati-hati. Sebaiknya hentikan penggunaan ramuan ini jika terjadi iritasi, gatal-gatal atau reaksi alergi pada kulit muka lainnya.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kulit
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
11 Nov 2017
Rambut
Atasi Rambut Rontok Berlebihan pada Pria Pakai Cara ini!
Raditya Wardana
22 Jun 2017
Wajah
Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Aman
Nina Hertiwi
06 Sep 2018
Kulit
Masker Jeruk Nipis atau Lemon? Ketahui Dulu Fakta Ini!
Annisa Trimirasti
01 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...