• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Selain sebagai bumbu masakan dan minuman yang menghangatkan. Jahe juga banyak digunakan sebagai obat-obatan. Simak beragam manfaat jahe untuk kesehatan berikut.

Dalam pengobatan, jahe dikenal ampuh untuk mengatasi beragam masalah pencernaan. Misalnya diare, kembung, masalah pencernaan lain.

Hal itu berkat kemampuannya menghambat bakteri. Serta senyawanya yang dapat mempercepat makanan melalui saluran pencernaan dan meningkatkan kekuatan otot-otot usus. Selain pencernaan, tenyata akar rempah pedas ini juga menyimpan banyak manfaat lain. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengatasi Beragam Mual

manfaat jahe untuk kesehatan OkayDoc

Jahe bermanfaat untuk mengatasi beragam mual salah satunya saat hamil - OkayDoc

Masih berhubungan dengan saluran pencernaan. Manfaat jahe untuk kesehatan termasuk mengatasi mual dalam berbagai kondisi, yaitu

Saat Hamil

Meski efeknya lebih lambat dibanding obat-obatan, konsumsi jahe dapat mengurangi mual yang biasa dialami wanita hamil.

Disebutkan, ibu hamil boleh mengonsumi jahe hingga 1000 mg (dalam bentuk teh ataupun suplemen) dalam periode singkat selama kehamilan. Namun kamu tetap perlu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba.

Terlebih lagi, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut karena beberapa justru menganggapnya dapat meningkatkan risiko keguguran.

Setelah Operasi

Mengonsumsi jahe sebanyak 500 mg setengah jam sebelum operasi dan 500 mg dua jam setelahnya disebut dapat mencegah mual paska operasi. Namun, penggunaannya perlu didiskusikan dengan dokter terlebih dahulu.

Pasalnya, jahe memiliki efek samping mengencerkan darah. Di mana pasien tidak dianjurkan mengonsumsinya 7 hingga 10 hari menjelang operasi.

Mabuk Kendaraan

Mual saat berkendara dapat dicegah dengan mengonsumi satu gram jahe bubuk atau suplemen dalam bentuk kapsul, setengah hingga dua jam sebelum melakukan perjalanan. Kamu bisa langsung memakannya dalam bentuk kering atau menyeduhnya.

2. Mengurangi Nyeri Saat Haid

mengurangi nyeri saat haid

Jahe dapat meredakan nyeri haid namun memiliki efek samping pendarahan - OkayDoc

Jahe dapat meredakan nyeri saat haid. Khasiat penyembuhannya disebut sama dengan obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen. Kamu bisa mengonsumsinya sebanyak satu gram per hari selama tiga hari pertama menstruasi.

Atau menikmatinya dalam bentuk teh dengan cara menyeduh dua sendok teh akar jahe dalam air panas selama 15 menit. Tambahkan juga irisan lemon agar lebih menyegarkan. 

Baca Juga : Nyeri Haid Berlebihan Jangan Dibiarkan, Bisa Bahaya!

3. Berpotensi Mengurangi Sakit Jantung dan Diabetes

pengobatan untuk penderita diabetes dan jantung

Manfaat jahe untuk kesehatan salah satunya adalah mengontrol gula darah sehingga cocok untuk penderita diabetes - OkayDoc

Jahe dipercaya memiliki sifat anti-diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah. Sebuah penelitian menyebutkan konsumsi dua gram bubuk jahe per hari dapat mengurangi kadar gula darah puasa hingga 12%.

Namun penelitian lain menyebutkan bahwa rempah aromatik ini tidak menurunkan kadar gula darah tetapi kadar insulin. Pertentangan ini membuktikan bahwa efek jahe pada penderita diabetes masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Hal yang sama juga berlaku pada khasiatnya untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Meskipun sebuah penelitian menyebutkan jahe dapat mengurangi protein teroksidasi dan rasio pada ApoB/ApoA-I (indikator faktor risiko penyakit jantung), kedua faktor yang pemicu sakit jantung, penelitian lebih dalam masih perlu dilakukan.

4. Berpeluang Membantu Tubuh Melawan Infeksi

melawan infeksi pada tubh

Jahe bermanfaat untuk melawan virus yang dapat menyebabkan flu terutama pada anak - OkayDoc

Jahe dapat menurunkan risiko infeksi. Contohnya, jahe memiliki zat bioaktif yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai tipe bakteri. Misalnya bakteri di mulut yang dapat menyebabkan radang gusi seperti periodontitis dan gingivitis.

Jahe juga bermanfaat untuk kesehatan sistem pernapasan. Herba ini dapat melawan virus RSV atau respiratory syncytial virus yang bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan mulai dari flu hingga bronkitis, terutama pada anak-anak.

5. Dipercaya Dapat Menurunkan Kolesterol

manfaat jahe untuk kesehatan terkait kolesterol

Manfaat jahe untuk kesehatan lainnya terkait pada efek menurunkan kadar trigliserida atau kolesterol jahat di dalam darah - OkayDoc

Rimpang jahe juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sebuah studi menguji efek kapsul berisi bubuk jahe terhadap kadar kolesterol darah. Hasilnya menunjukkan terjadi penurunan kadar trigliserida dan kolesterol darah.

Meskipun tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut, kamu tetap bisa meraup manfaat jahe ini. Terlebih lagi, fakta juga membuktikan makanan yang kamu konsumsi memiliki pengaruh kuat terhadap peningkatan kolesterol jahat dalam darah.

Segeralah pilih makanan yang baik bagi tubuhmu untuk mencegah peningkatan tersebut! Tidak ada salahnya jika kamu mulai memasukkan jahe ke dalam deretan menu makanmu mulai sekarang.

6. Berpotensi sebagai Anti Radang

manfaat jahe untuk kesehatan sebagai pereda nyeri

Rimpang jahe banyak diteliti efek anti peradangannya dan dipercaya berpotensi meredakan arthritis - OkayDoc

Selain menurunkan kolesterol, jahe juga telah banyak diteliti efek anti peradangannya. Ekstrak dari rimpang ini berpotensi meredakan nyeri akibat radang pada penyakit arthritis.

7. Berpotensi Mencegah Kanker

manfaat-jahe-untuk-kesehatan-cegah-kanker.jpg

Kandungan yang ada di dalam jahe berpotensi mencegah kanker payudara - OkayDoc

Jahe mengandung zat bernama 6-gingerol yang berpotensi mencegah timbulnya kanker. Zat ini banyak ditemukan di jahe mentah. Beberapa penelitian menyebutkan zat ini memiliki potensi untuk mencegah kanker usus, pankreas, payudara, serta rahim.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan hal ini serta membakukan manfaat jahe sebagai pilihan terapi berbagai penyakit keganasan.

8. Baik Bagi yang Sedang Diet

manfaat-jahe-untuk-kesehatan-diet.jpg

Jaga berat badan menggunakan jahe sebagai perasa makanan rendah kalori - OkayDoc

Rempah-rempah secara umum bermanfaat bagi proses diet karena dapat dijadikan bahan penambah rasa yang baik untuk makanan rendah kalori. Sebuah penelitian skala kecil telah dilakukan untuk melihat manfaat jahe yang satu ini.

Pada penelitian tersebut, ditemukan bahwa orang yang minum air jahe panas setelah makan akan merasa kenyang lebih lama. Konsumsi jahe untuk menu sarapan sehat juga dapat dilakukan dengan menaburkan bubuk jahe di atas yogurt dan buah beri.

9. Dipercaya Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

manfaat-jahe-untuk-kesehatan-cegah-alzheimer.jpg

Jahe memiliki potensi untuk mencegah penyakit otak seperti alzheimer - OkayDoc

Stres oksidatif (kadar radikal bebas berlebih dalam tubuh) dan peradangan kronis dapat mempercepat proses penuaan. Kedua hal itu dipercaya sebagai penyebab dari penyakit Alzheimer dan berkurangnya kemampuan berpikir yang berkaitan dengan bertambahnya usia.

Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan uji menyebutkan antioksidan dan komponen bioaktif dalam jahe dapat menghambat peradangan pada otak. Jahe juga terbukti secara langsung dapat meningkatkan fungsi otak.

Penelitian yang dilakukan pada 60 wanita berusia lanjut menunjukkan, pemberian ekstrak jahe juga dapat memperbaiki daya ingat. Tertarik mencobanya?

Meskipun manfaat jahe bagi kesehatan begitu beragam dan menjanjikan. Bukan tidak mungkin, konsumsi herba ini secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti sensasi dada panas atau terbakar serta pengenceran darah sehingga meningkatkan risiko perdarahan.

Baca Juga : Mungkinkah Ada Manfaat Jahe untuk Diet? Ini Jawabannya

Penggunaan jahe sebagai pengobatan utama juga tidak direkomendasikan secara medis. Pasalnya, beberapa studi menunjukkan hasil tidak konsisten akan manfaat rimpang ini. Sehingga penelitian lebih lanjut tetap diperlukan.

Kamu cukup konsumsi jahe sebagai makanan atau minuman dalam jumlah yang wajar dan diperbolehkan. Terapkan cara ini untuk mengambil manfaatnya secara bijak. Selamat mencoba!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Waspada 7 Efek Samping Kunyit Saat Digunakan Secara Berlebihan
Annisa Trimirasti
17 Aug 2018
Hidup Sehat
Manfaat Daun Pegagan, Herba dengan 9 Manfaat Menakjubkan!
Annisa Trimirasti
10 Aug 2018
Herba
6 Manfaat Goji Berry, Si Merah dengan Potensi Melimpah!
Annisa Trimirasti
04 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Yakin Kamu Bebas dari Penyebab Diabetes Melitus?
Maya Ligina
24 Nov 2017
Penyakit Seksual
4 Tips Memilih Jenis Pakaian Dalam Wanita yang Benar
Dedi Irawan
10 Jul 2017
Fungsi Organ
Fase Penyembuhan Luka dan Cara Tepat Menanganinya
Diah Ayu Lestari
02 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Ini Ciri-ciri Alzheimer pada Usia Muda yang Patut Diwaspadai
Dedi Irawan
07 Apr 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...