• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Manfaat donor darah bukan hanya akan dirasakan oleh orang-orang yang menerimanya. Tetapi juga berkhasiat untuk mereka yang memberikannya.

Terdapat jutaan orang yang membutuhkan transfusi darah pada tiap tahunnya dan tidak ada yang bisa menggantikan darah manusia. Karena itu, menjadi pendonor darah adalah cara terbaik untuk membantu menyelamatkan mereka.

Fungsi Donor Darah yang Bernilai Sosial

manfaat donor darah secara sosial.jpg

Darah yang kamu donorkan dapat membantu pasien leukimia di berbagai rumah sakit - OkayDoc

Donor darah memungkinkan kita untuk membagi sedikit darah dari tubuh guna membantu mereka yang membutuhkannya. Sejumlah kondisi yang umumnya membutuhkan bantuan donor darah meliputi:

  • Menjalani operasi besar (misalnya transplantasi organ).
  • Mengalami kecelakaan.
  • Mengidap kelainan darah, seperti hemofilia.
  • Menderita penyakit tertentu, contohnya anemia, kanker, leukemia dan banyak lagi.

Jumlah darah yang akan diambil dari dalam tubuh pendonor adalah sekitar 480 ml. Darah tersebut akan diperiksa, diuji keamanannya, dan dipastikan kelayakannya sebelum diberikan pada pasien-pasien yang memerlukannya.

Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor

manfaat donor darah bagi tubuh

Donor darah dapat membantu kamu menghindari risiko kelebihan zat besi - OkayDoc

Untuk sebagian besar pasien, transfusi darah bisa menjadi jalan untuk menyelamatkan hidup mereka. Sementara bagi pendonor, manfaat tindakan mulia ini akan menunjang kesehatan. 4 manfaat utama donor darah yang bisa dirasakan oleh para pemberinya adalah:

1. Mencegah Kelebihan Zat Besi

Kelebihan zat besi dapat terjadi ketika tubuh menyerap terlalu banyak zat tersebut. Mendonorkan darah akan membantumu menurunkan kandungan zat besi yang berlebih.

Kandungan zat besi yang normal akan menjaga kesehatan organ tubuh, terutama jantung dan hati. Risiko penyakit jantung dan hati pun otomatis akan berkurang.

2. Memperlancar Aliran Darah

Kegiatan donor darah yang teratur berpotensi melancarkan aliran darah sekaligus mencegah penyumbatan arteri. Menurut salah satu penelitian, hal inilah yang memungkinkan terjadinya penurunan risiko serangan jantung hingga 88% pada pendonor.

Baca Juga: Tampak Ringan, 5 Ciri-ciri Serangan Jantung Ini Mematikan!

3. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Mendonorkan darah akan mengurangi jumlah sel darah merah yang ada dalam tubuh pendonor. Ini akan merangsang sumsum tulang belakang untuk menggantikannya dengan memproduksi sel-sel darah merah yang baru.

Sel-sel darah merah baru umumnya akan terbentuk dalam waktu beberapa minggu. Berarti rutin menyumbangkan darah akan memicu pembentukan darah baru yang segar. Proses ini akan sekaligus menyehatkan pendonor.

manfaat-donor-darah-untuk-kesehatan-isi2-OkayDoc.jpg

Dengan menyumbangkan darah, aliran darah dalam tubuh bisa lebih lancar sehingga penyumbatan arteri bisa dicegah - OkayDoc

4. Mendeteksi Gangguan Kesehatan Secara Cuma-cuma

Calon pendonor darah akan menjalani pemeriksaan sederhana terlebih dulu. Petugas akan mengajukan berbagai pertanyaan yang bersifat pribadi, seperti penyakit yang sedang atau pernah diderita, riwayat kesehatan keluarga.

Kondisi fisik pendonor pun akan diperiksa. Proses ini umumnya meliputi pengecekan tekanan darah, denyut nadi, suhu tubuh, serta kadar hemoglobin.

Darahmu yang telah disumbangkan juga akan menjalani 13 jenis pengecekan dalam laboratorium. Kamu akan segera diberitahu bila ada masalah pada kesehatanmu. Berarti kamu akan sekalian mendapatkan cek kesehatan secara gratis.

Baca Juga: Cara Membakar Kalori dengan Menjalani Pola Makan Sehat

5. Membantu Membakar Kalori

Tidak hanya berhasil membantu menyelamatkan nyawa seseorang, manfaat donor darah lainnya ternyata dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Ketika kamu mendonorkan darah, tubuh akan membutuhkan energi untuk membentuk protein dan berbagai komponen darah yang baru.

Namun, janganlah menggunakan cara ini sebagai bagian dari program penurunan berat badanmu. Anggap saja, manfaat ini sebagai nilai tambah yang bisa kamu dapatkan saat melakukan donor darah.

manfaat donor darah untuk jantung

Rutin melakukan donor darah dapat membantu menurunkan risiko gangguan otot jantung - OkayDoc

6. Menurunkan Risiko Terjadinya Gangguan pada Jantung

Tingginya kadar zat besi di dalam darah dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada otot jantung. Donor darah dapat membantu tubuh mengurangi kelebihan zat besi.

Sebuah studi berhasil menunjukkan bahwa rutin melakukan kegiatan donor darah terkait dengan menurunnya risiko gangguan otot jantung (infark miokardia) pada pria.

7. Meningkatkan Aktivitas Antioksidan Dalam Tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kegiatan donor darah rutin dapat membantu meningkatkan aktivitas antioksidan di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bersama, antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari senyawa radikal bebas.

Banyak ahli percaya bahwa senyawa radikal bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker dan aterosklerosis. Untuk itu, secara tidak langsung, rutin melakukan donor darah dapat membantu kamu menurunkan risiko penyakit ini.

Tips Sebelum Donor Darah yang Perlu Kamu Tahu

manfaat donor darah dan tips melakukannya.jpg

Istirahat cukup adalah hal penting yang harus kamu lakukan sebelum donor darah - OkayDoc

Untuk mendapatkan berbagai manfaat donor darah yang sehat di atas, tentu kamu harus melakukan donor segera. Namun, terapkan tips sehat di bawah ini untuk membantu kamu terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

  • Konsumsi makanan yang tinggi kandungan zat besi. Nutrisi ini dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi daging merah, ikan, udang, telur, tahu, kacang-kacangan, bayam, brokoli, ubi jalar, stroberi, atau semangka.
  • Pastikan kamu minum air mineral dengan cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah di malam hari sebelum tidur dan pagi hari sebelum melakukan donor darah. Jagalah asupan cairan tetap baik sejak sehari sebelum donor dilakukan!
  • Cukupi waktu tidur di malam hari sebelum kamu donor darah. Usahakan agar tidur sekitar 7-9 jam.
  • Makanlah sebelum melakukan donor darah. Usahakan kamu sudah melakukannya 1-3 jam sebelum donor. Makan bertujuan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.
  • Pastikan bahwa kamu sedang tidak mengonsumsi obat saat mendonorkan darahmu. Obat tertentu dapat terkandung dalam darah yang kamu donorkan dan membuat darah tersebut (terutama keping darah) tidak dapat diberikan untuk pasien yang membutuhkannya.
  • Hindari konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok sebelum mendonorkan darahmu.

Baca Juga: Begini Tanda dan Cara Mengatasi Kecanduan Alkohol!

Nah, sekarang kamu tidak perlu ragu atau takut lagi untuk menyumbangkan darah agar bisa memetik manfaat donor darah. Proses ini bisa kamu lakukan di Palang Merah Indonesia (PMI). Akhir-akhir ini pun ada banyak event donor darah yang dilakukan oleh berbagai organisasi. Terutama menjelang Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh tiap tanggal 14 Juni.

Meski demikian, kamu harus ingat bahwa donor darah tidak boleh dilakukan terlalu sering. Jika sudah mendonor darah, tunggulah delapan minggu sebelum melakukannya lagi. Jeda ini akan memberikan keleluasan bagi tubuhmu untuk menggantikan darah yang sudah diambil.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
Ini Syarat Donor Darah dan Tips Melakukannya Agar Sukses!
Annisa Trimirasti
22 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...