• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

8 Fakta Ilmiah Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Diverifikasi oleh dr. Bayu Adiputro

Terdapat banyak sekali rempah yang digunakan untuk pengobatan. Dari segi medis juga mempelajari khasiat berbagai rempah tersebut. Termasuk salah satunya mengkaji manfaat daun salam untuk kesehatan.

Daun salam dikenal dengan nama ilmiah Syzygium polyanthum (Wight) Walp. Para ahli telah banyak meneliti khasiat daun salam dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan misalnya saja diabetes. Berikut gambaran ringkas mengenai kajian ilmiah dari manfaat tersebut:

1. Daun Salam untuk Menurunkan Risiko Diabetes

manfaat daun salam untuk kesehatan dan menurunkan risiko diabetes.jpg

Senyawa flavonoid dipercaya memberikan kontribusi pada munculnya manfaat daun salam untuk kesehatan - OkayDoc

Terdapat penelitian yang telah melakukan uji efek penurunan kadar gula darah dari rempah ini. Flavonoid, glikosida, dan squalene adalah tiga jenis senyawa yang berperan besar dalam memberikan efek penurunan risiko diabetes.

Daun salam dapat menurunkan glukosa darah karena diduga menghambat penyerapan glukosa dalam usus dan meningkatkan proses penyimpanan glukosa pada otot.

2. Daun Salam Berperan Menurunkan Tekanan Darah

manfaat daun salam untuk kesehatan tekanan darah.jpg

Manfaat daun salam untuk kesehatan tekanan darah kamu - OkayDoc

Sebuah penelitian membuktikan khasiat penurunan tekanan darah karena konsumsi daun salam. Khasiat tersebut muncul karena adanya hambatan pada aktivitas enzim tertentu. Hasil akhir dari penghambatan ini ternyata mampu menimbulkan efek penurunan detak jantung (bradikardia).

Kecepatan detak jantung erat kaitannya dengan tekanan darah. Oleh karena itu, daun salam berpotensi menjadi salah satu rempah yang ramah digunakan pada pengolahan makanan penderita hipertensi.

Baca Juga: Ini 11 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Mudah Diolah

3. Khasiat Daun Salam untuk Penyakit Kanker

manfaat daun salam untuk kesehatan penderita kanker.jpg

Manfaat daun salam untuk kesehatan penderita kanker - OkayDoc

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa fenolat dan flavonoid pada minyak daun salam mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, bahkan menghentikan pertumbuhan sel lebih lanjut.

Namun, efek herba ini dalam mencegah dan meredakan penyakit kanker masih membutuhkan studi yang lebih mendetil. Herba tersebut juga tidak dapat menggantikan fungsi kemoterapi atau obat antikanker sintesis lain yang sudah diuji secara klinis.

4. Daun Salam dapat Menangkal Senyawa Radikal Bebas

manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh.jpg

Kandungan senyawa antioksidan berkontribusi mengoptimalkan manfaat daun salam untuk kesehatan - OkayDoc

Daun yang dikenal dengan nama latin Syzygium polyanthum ini ternyata mengandung berbagai senyawa antioksidan. Penelitian membuktikannya dengan pengujian langsung ekstrak daun salam terhadap beragam senyawa radikal bebas.

Daun salam terbukti mampu bereaksi dengan radikal bebas. Reaksi tersebut memberikan efek perlindungan bagi sel tubuh, menyebabkannya tidak mengalami ikatan berbahaya dengan senyawa radikal bebas tersebut.

5. Daun Salam Dipercaya Mengurangi Keparahan Infeksi

manfaat daun salam untuk kesehatan tubuhmu.jpg

Manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh dan melawan infeksi - OkayDoc

Kandungan senyawa flavonoid, terpenoid, vitamin C, vitamin E dan asam fenolat pada daun salam diduga dapat menurunkan terjadinya infeksi bakteri dan jamur.

Sebuah penelitian menguji efek ekstrak daun salam terhadap beberapa jenis mikroba. Hasil menunjukkan bahwa herba ini menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella typhi dan jamur Candida albicans penyebab candidiasis.

Baca Juga: Ciri-ciri Infeksi Jamur Kuku dan Cara Mudah Mencegahnya

6. Daun Salam, Herba untuk Meringankan Gejala Diare

manfaat daun salam untuk kesehatan saluran cerna.jpg

Senyawa tanin dalam daun salam dipercaya dapat meredakan gejala diare - OkayDoc

Daun salam banyak digunakan di Indonesia untuk menangani diare. Meskipun belum terdapat penelitian yang memadai terkait efek ini, sifat antibakteri dan kandungan senyawa tanin dianggap sebagai alasannya.

Sebuah penelitian berhasil menunjukkan kandungan senyawa fenol golongan tanin yang berpotensi memiliki efek antidiare kuat terdapat dalam daun salam. Hasil uji terhadap larutan daun ini juga menunjukkan adanya aktivitas melawan bakteri penyebab diare seperti E. coli.

7. Daun Salam Menghambat Pembentukan Plak pada Gigi

manfaat daun salam untuk kesehatan gigi.jpg

Tanin dan flavonoid pada daun salam dipercaya mampu menghambat terbentuknya plak pada gigi - OkayDoc

Manfaat lainnya adalah menghambat pembentukan plak pada gigi. Meskipun tetap memerlukan penelitian lebih mendalam, efek tersebut diduga berasal dari senyawa tanin, flavonoid, dan berbagai jenis minyak esensial pada daun ini.

Sebuah studi memperkuat khasiat ini dengan menunjukkan hasil pengujian air rebusan daun salam yang ternyata dapat mengurangi pembentukan plak pada gigi.

8. Daun Salam untuk Penghambat Produksi Melanin Kulit

manfaat daun salam untuk kesehatan kulit.jpg

Penelitian terbaru mengkaji efek pemutih kulit dari senyawa keton pada daun salam - OkayDoc

Penelitian lain juga terus mengkaji efek herba ini terhadap kesehatan kulit. Masih sangat dini untuk menarik kesimpulan bahwa daun salam dapat memutihkan kulit. Namun, herba ini telah diteliti mengandung senyawa kimia golongan keton yang memengaruhi produksi pigmen kulit.

Tiga jenis senyawa keton tersebut dipercaya dapat memutihkan kulit melalui proses penghambatan enzim tirosinase, yakni enzim yang berperan dalam produksi melanin. Melanin merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit.

Bagaimana Cara Mengolah Daun Salam?

manfaat daun salam untuk kesehatan dan cara mengolahnya.jpg

Konsumsi rebusan daun salam dapat dijadikan sebagai pengobatan tambahan - OkayDoc

Setelah mengetahui manfaat daun salam untuk kesehatan, kamu perlu mengetahui cara tepat menggunakan daun salam agar efek yang ditimbulkan lebih maksimal. Berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu sebelum menggunakan daun salam sebagai terapi sangat dianjurkan guna mencegah timbulnya berbagai efek samping.

Sebagaimana obat tradisional lainnya, penggunaan daun salam tidak dapat dijadikan penentu kesembuhan dari suatu penyakit. Kelebihan penggunaan herbal adalah efek sampingnya terhadap tubuh yang jauh lebih sedikit.

Sedangkan kekurangannya, terapi herbal membutuhkan rentang waktu yang relatif lebih lama jika dibandingkan dengan obat kimia.

Konsumsi daun salam sebaiknya dijadikan sebagai pengobatan tambahan. Apabila kamu sedang mengonsumsi obat tertentu seperti obat antidiabetes atau antihipertensi, komunikasikan dengan dokter mengenai jumlah serta jeda waktu konsumsi obat yang diperbolehkan.

Baca Juga: Bukan Hanya Bumbu, Ini Dia Manfaat Jahe Untuk Kesehatan!

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan, konsumsi berlebihan dari ekstrak daun salam dapat menimbulkan efek kantuk. Selain itu, penggunaan dengan jumlah yang terlalu banyak pada ibu hamil atau menyusui belum terbukti aman secara ilmiah.

Selalu bijak dan cerdas dalam menggunakan herbal sebagai bagian pengobatan. Jika bisa dikombinasikan dengan tepat, pengobatanmu mungkin berjalan lebih optimal dan minim efek samping.

Diverifikasi oleh dr. Bayu Adiputro
Komentar
Artikel Terkait
Herba
25 Apr 2018
7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Fakta Ilmiahnya
Faridatus Saidah
Herba
09 Jul 2018
Lezat Disantap, Kenali Manfaat dan Efek Samping Daun Pakis
Annisa Trimirasti
Herba
24 May 2018
5 Manfaat Daun Ubi Jalar, Si Hijau Kaya Vitamin
Diah Ayu Lestari
Herba
29 Apr 2018
7 Manfaat Daun Katuk dan Efek Sampingnya
Dedi Irawan
Kebugaran
03 Jun 2018
5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Tubuh dan Cara Mengolahnya
Vivi Hermin
Herba
18 Jul 2018
6 Manfaat Daun Kumis Kucing dan Efek Sampingnya
Annisa Trimirasti
Memuat...
Konsultasi
Memuat...