• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Cuka sari apel dibuat dari apel tumbuk yang melalui proses fermentasi. Cuka ini dikenal memiliki beragam khasiat mulai dari kesehatan kulit hingga kanker. Tetapi, bagaimana fakta manfaat cuka apel yang sesungguhnya berdasarkan penelitian ilmiah?

Praktik penggunaan cuka dalam keseharian telah dilakukan sejak ribuan tahun lalu. Secara tradisional, cuka sari apel dipakai untuk membersihkan luka hingga mengawetkan makanan. Sedangkan menurut ilmu kesehatan modern, manfaat cuka jauh lebih beragam seperti berikut:

Mengontrol Kadar Gula Darah

mengontrol kadar gula darah dengan cuka apel

Manfaat cuka apel dapat membantu menurunkan kadar gula darah - OkayDoc

Telah banyak penelitian yang menguji dampak konsumsi cuka pada kadar gula darah seseorang. Hasil menunjukkan bahwa asam asetat sebagai senyawa utama dalam cuka ini mampu menghambat kerja enzim pencerna pati (karbohidrat).

Manfaat tersebut dapat mengontrol peningkatan gula darah setelah kamu mengasup sajian tinggi karbohidrat, seperti nasi dan roti. Hal ini pun membuat konsumsi cuka ini bermanfaat bagi pasien diabetes tipe 2. Pasalnya, penyakit diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah.

Fakta tersebut juga didukung oleh studi yang menyebutkan bahwa konsumsi 2 sendok teh cuka sari apel sebelum tidur mampu menurunkan kadar glukosa darah hingga 5% saat bangun di keesokan harinya.

Tetapi perlu diingat, konsumsi cuka ini mungkin memengaruhi kerja obat-obatan penurun gula darah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan cuka apel dalam diet diabetes.

Menurunkan Berat Badan

manfaat cuka apel untuk menurunkan berat badan

Manfaat cuka apel untuk diet menurunkan berat badan - OkayDoc

Penyataan bahwa cuka sari apel mampu menurunkan berat badan belum terbukti secara akurat. Meski begitu, konsumsi cuka ini memang dapat meningkatkan rasa kenyang. Hal tersebut dipercaya membantumu mengonsumsi lebih sedikit sajian sehingga berat badan dapat turun.

Studi pada beberapa orang obesitas menunjukkan bahwa konsumsi cuka sari apel setiap hari selama 3 bulan dapat menurunkan sedikit berat badan yaitu sekitar 1 kg. Selain itu, besar lingkar pinggar dan jumlah lemak di perut juga menurun.

Bila kamu ingin berdiet dengan mengonsumsi cuka ini, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, konsumsi berlebih cuka sari apel dalam bentuk suplemen mungkin saja menyebabkan gangguan pencernaan, juga nyeri di tenggorokan.

Baca Juga: 4 Manfaat Jus Buah Apel Bagi Kesehatan dan Resep Sehatnya

Menyehatkan Jantung

jantungsehat-OkayDoc.jpg

Cuka apel juga menyehatkan jantungmu - OkayDoc

Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Beragam kondisi dinilai menjadi faktor risiko penyakit ini mulai dari kadar kolesterol hingga tekanan darah tinggi.

Cuka sari apel hadir sebagai pilihan cara untuk membantu mengurangi faktor risiko tersebut. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi cuka ini mampu menurunkan kolesterol, kadar trigliserida, tekanan darah, hingga mengurangi risiko gangguan fungsi ginjal.

Sayangnya, semua studi tersebut hanya dilakukan pada hewan. Satu-satunya uji klinis akan manfaat ini menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi cuka dengan salad sekitar 6 kali seminggu berisiko lebih rendah menderita penyakit jantung.

Mengurangi Risiko Kanker

kankerkandungkemih-OkayDoc.jpg

Cuka apel dapat meminimalkan risiko kanker kandung kemih - OkayDoc

Studi pada hewan menyebutkan bahwa konsumsi cuka mungkin dapat memperlambat perkembangan sel kanker sekaligus mengecilkan ukuran tumor.

Sedangkan, efek cuka sari apel pada manusia masih membingungkan. Pasalnya, suatu studi menyebutkan konsumsi cuka ini dapat menurunkan risiko kanker esofagus. Namun, studi lain menyatakan bahwa cuka ini meningkatkan riisko kanker kandung kemih.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Baking Soda, dari Kesehatan Hingga kecantikan

Empat manfaat cuka apel diatas adalah yang paling teruji dari banyaknya penggunaan bahan ini dalam hidup sehari-hari. Meski begitu, keempat manfaat itupun masih membutuhkan peneilitian lebih lanjut.

Selain manfaat di atas, cuka ini kerap dipercaya mampu mengatasi ketombe, jerawat, sengatan serangga, luka ringan akibat terbakar matahari, hingga sakit tenggorokan. Sayangnya, manfaat-manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Bilapun kamu ingin menggunakannya, pastikan pakai dalam jumlah wajar. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang cara pemakaian hingga efek sampingnya sangat disarankan untuk meminimalkan risiko.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...