• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Suka makan nanas? Berbahagialah! Sebab, manfaat buah nanas ternyata sangat banyak. Selain itu, buah nanas juga mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Buah ini dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, melancarkan pencernaan serta menjaga kesehatan tulang. Kandungan menyehatkan yang dimiliki nanas juga tergolong lengkap mulai dari vitamin hingga karbohidrat.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

manfaat-buah-nanas-3.jpg

Nanas mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan - OkayDoc

Dalam 165 gram buah nanas setidaknya terkandung sekitar 80 kalori, 0,9 gram protein dan 21,5 gram total karbohidrat. Nanas juga mengandung gula sebanyak 16 gram, serta serat sebanyak 2,3 gram yang masuk ke dalam total karbohidrat.

Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah ini juga tergolong cukup besar. Bahkan, Vitamin C yang terdapat dalam buah nanas dapat mencukupi rekomendasi kebutuhan harian tubuh sekitar 130%.

Selain itu, nanas juga mengandung beberapa mineral seperti magnesium, kalium, beta karoten, dan antioksidan lainnya. Nanas segar juga diketahui sebagai satu-satunya sumber enzim bromelain yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C: Perbaiki Mood hingga Cegah Stroke!

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatanmu

manfaat buah nanas bagi tubuh

Zat antioksidan dari buah nanas efektif melawan efek penuaan akibat sinar matahari - OkayDoc

Kenikmatan mengunyah buah nanas secara langsung atau dinikmati dalam bentuk jus ternyata bisa dikaitkan dengan keuntungan untuk kesehatanmu, antara lain:

1. Membantu Mencegah Asma

Kandungan beta karoten dalam nanas dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya asma. Senyawa bromelain yang dimilikinya juga berpotensi mengurangi gejala yang dapat dialami oleh penderita asma.

2. Berpotensi Mencegah Kanker

Nanas mengandung vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang dapat memicu kanker. Selain itu, kandungan nanas yang berperan dalam hal ini adalah bromelain.

Enzim bromelain dipercaya dapat menekan pertumbuhan dan menstimulasi kematian sel kanker. Namun, kandungan bromelain yang terdapat dalam nanas tentu tidak sebanyak yang bisa kamu dapatkan dari suplemen.

Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk membuktikan khasiat ini secara klinis.

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Jika kamu bermasalah dengan tekanan darah tinggi, cobalah mengonsumsi buah yang mengandung kalium, salah satunya adalah buah nanas. Terpenuhinya kebutuhan kalium dapat membantu dalam menurunkan tekanan darahmu.

tekanan-darah-tinggi.jpg

Nanas mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi - OkayDoc

4. Berpotensi Menurunkan Kadar Gula Darah

Nanas juga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan penderita diabetes. Konsumsi nanas pada penderita diabetes tipe 1 disinyalir dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Sedangkan pada penderita diabetes tipe 2, potensi manfaat yang bisa didapatkan adalah untuk memperbaiki kadar gula darah, lemak serta insulin dalam tubuh.

Manfaat-manfaat tersebut berasal dari kandungan serat pada buah nanas yang terhitung cukup tinggi. 1 buah nanas berukuran sedang saja dapat memenuhi kebutuhan serat harian orang dewasa hingga 40%.

5. Meningkatkan Kesuburan berkat Kandungan Antioksidan Tinggi

Radikal bebas dapat mengganggu dan merusak sistem kesuburan. Karenanya, jika kamu sedang menjalani program kehamilan, kamu dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan sebagai penangkalnya.

Tidak hanya itu, zat-zat antioksidan seperti betakaroten, vitamin C, zinc dan asam folat yang terkandung pada nanas juga disinyalir memiliki potensi mendukung kesuburan organ reproduksi yang dapat mendukung program kehamilanmu.

6. Menyehatkan Jantung dengan Kalium dari Buah Nanas

Sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi rutin kalium dipercaya dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik. Konsumsi kalium dalam jumlah cukup juga berpotensi mengurangi risiko terjadinya penyakit stroke.

fungsi-katup-jantung-OkayDoc.jpg

Mengonsumsi nanas dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung - OkayDoc

7. Menyehatkan Kulit dan Menjadi Terlihat Awet Muda

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit cantik dan sehat? Kandungan Vitamin C pada nanas dapat membantu proses pembentukan kolagen. Asupan kolagen yang memadai adalah salah satu cara untuk menjaga kulit tetap awet muda.

Antioksidan juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi kerutan, serta melawan kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari.

8. Meredakan Peradangan dan Membantu Meringankan Rasa Sakit

Bromelain pada nanas dipercaya mampu mempercepat waktu penyembuhan, mengurangi pembengkakan dan memar, hingga membantu meringankan rasa nyeri.

Sebuah studi mengemukakan bahwa bromelain dapat membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan pasca pencabutan gigi, jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak diberikan (placebo). Meski demikian, uji klinis yang lebih luas masih dibutuhkan.

9. Menyehatkan Mata

Nanas tinggi kandungan vitamin C yang turut berperan untuk menjaga kesehatan mata. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat membantu menurunkan risiko katarak, salah satu penyakit yang mengaburkan penglihatan.

Tidak hanya itu, konsumsi buah-buahan termasuk nanas setiap hari juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena atau perkembangan degenerasi makula terkait usia.

melancarkan-pencernaan.jpg

Buah nanas juga dipercaya dapat menyehatkan saluran pencernaan - OkayDoc

10. Melancarkan Pencernaan

Nanas mengandung serat dan air yang membuatnya mampu mencegah sembelit sekaligus menyehatkan saluran pencernaan. Nanas juga mengandung enzim bromelain, yang dapat membantu tubuh mencerna protein.

Enzim tersebut juga dapat membantu mencegah kerusakan yang terjadi pada dinding saluran pencernaan. Bromelain pada nanas terdapat pada batangnya dan bisa didapatkan ekstraknya dalam bentuk suplemen.

Namun, sebelum mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

11. Membantu Penanganan Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah salah satu bentuk radang sendi yang paling umum terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh menurunnya kualitas (aus) bantalan tulang rawan (kartilago) yang terletak di ujung-ujung tulang secara bertahap.

Nanas, dengan enzim bromelain yang dimilikinya dapat membantu menangani kondisi ini. Hal ini dikarenakan sifat anti radang yang terdapat pada enzim tersebut.

manfaat-buah-nanas-4.jpg

Kandungan serat dalam buah nanas dapat membantu menurunkan berat badan - OkayDoc

12. Baik untuk Diet

Kalori yang rendah membuat nanas dapat menjadi kudapan yang baik bagi kamu yang sedang diet. Buah dengan rasa manis ini dapat kamu gunakan sebagai pengganti makanan kemasan yang tinggi gula.

Nanas juga mengandung serat yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Namun, kamu tetap harus bijak dalam mengonsumsinya karena buah ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

13. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Nanas mengandung kalsium dan mangan yang baik untuk kesehatan tulang serta jaringan ikat. Dengan mengonsumsi nanas sebanyak kurang lebih 165 gram, kebutuhan harian mangan-mu dapat terpenuhi hingga 76%.

Mangan sendiri dibutuhkan tubuh guna membantu mencegah osteoporosis dan meredakan gejala penyakit tulang dengan memperbaiki kepadatan tulang serta mineral.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Tulang agar Tetap Bugar

Setelah mengetahui kandungan nutrisi serta manfaat buah nanas, kamu tentu bisa mulai menambahkannya ke menu harianmu. Namun, kamu harus tetap ingat untuk mengonsumsinya secara bijak dan tidak berlebihan.

Perlu kamu ingat bahwa meski nanas dipercaya memberikan ragam manfaat untuk kondisi kesehatan, tentu nanas bukanlah solusi utama. Tetap periksakan kondisimu secara berkala kepada dokter demi penanganan yang tepat, ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Waspada 7 Efek Samping Kunyit Saat Digunakan Secara Berlebihan
Annisa Trimirasti
17 Aug 2018
Hidup Sehat
Manfaat Daun Pegagan, Herba dengan 9 Manfaat Menakjubkan!
Annisa Trimirasti
10 Aug 2018
Diet
Mengolah Camilan Sehat agar Bisa Diet Seimbang
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Rambut
Atasi Rambut Rontok Berlebihan pada Pria Pakai Cara ini!
Raditya Wardana
22 Jun 2017
Kulit
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
11 Nov 2017
Kulit
5 Cara Menghilangkan Panu yang Jitu dan Memuaskan!
Dedi Irawan
02 Oct 2017
Herba
7 Manfaat Kulit Semangka Nyatanya Baik untuk Tubuh
Maya Ligina
11 May 2018
Kebugaran
8 Fakta Ilmiah Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan
Ayu Winarni Lanjani
15 Aug 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...