• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Telah dikonsumsi sejak zaman dahulu kala, buah anggur memang manis dan nikmat disantap. Tak hanya, itu manfaat buah anggur bahkan juga sampai hingga dunia kesehatan. Apa saja? Simak penjelasannya.

Anggur termasuk salah satu buah yang kaya akan varian warna mulai dari hijau, merah maupun hitam. Selain warna-warni menarik ini, buah ini pun kaya kandungan air, rendah kalori hingga bebas lemak. Kandungan antioksidannya pun tidak sedikit. Oleh sebab itu, catat lebih jauh yuk deretan manfaat buah anggur untuk kesehatan ini!

Kandungan Kebaikan dalam Buah Anggur

Kandungan Kebaikan dalam Buah Anggur

Anggur tergolong buah kaya air dan sangat rendah lemak - OkayDoc

Tidak hanya segar dan lezat, anggur juga sarat akan nutrisi dan mineral yang bagus untuk tubuh. Mulai dari protein, kalium, zat besi, dan banyak lagi. Dalam 1 cangkir (150 gram) anggur hijau atau merah memiliki kebaikan-kebaikan berikut:

  • 121 gram air.
  • 1,4 gram serat.
  • 1,1 gram protein.
  • 27 gram karbohidrat.
  • 104 kilokalori.
  • 288 mg potasium.
  • 30 gram fosfor.
  • 15 mg kalsium.
  • 3 mg sodium.
  • 0,5 mg zat besi.

Kandungan vitaminnya pun patut diperhitungkan. Selain vitamin C dan K, anggur bisa menawarkan vitamin A dan B. Anggur juga menyimpan banyak antioksidan. Di antaranya lutein dan zeaxanthin.

Khasiat Buah Anggur yang Tak Boleh Terlewatkan

Khasiat Buah Anggur yang Tak Boleh Terlewatkan

Menjaga kesehatan jantung termasuk salah salah satu khasiat anggur yang tidak boleh dilewatkan - OkayDoc

Dengan berbagai kandungan di atas, anggur tentu mampu memberikan variasi manfaat bagi kebugaranmu. Coba cermati apa saja manfaat buah anggur bagi kesehatan berikut ini!

1. Mempertahankan Kesehatan Jantung

Semua jenis buah anggur kaya polifenol, terutama pada kulit dan dagingnya. Zat inilah yang menyebabkan buah ini dilengkapi warna kulit yang terang dan cerah.

Polifenol berpotensi menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Demikian pula dengan fungsinya menurunkan tekanan darah. Anggur juga mengandung potasium. Kekurangan senyawa tersebut juga disinyalir dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Semangka yang Sayang Kamu Lewatkan

2. Mencegah Berbagai Penyakit

Kandungan polifenol yang tinggi pada anggur akan melindungimu dari risiko berbagai penyakit. Antioksidan tersebut akan membantu tubuhmu memerangi radikal bebas.

Radikal bebas merupakan ion-ion tidak stabil yang berpotensi meningkatkan risiko kanker, gangguan saraf, dan pembuluh darah. Begitu juga dengan penyakit Alzheimer, diabetes, dan osteoarthritis. Maka dari itu, mengonsumsi anggur berkemungkinan membantu mencegah penyakit-penyakit tersebut.

manfaat buah anggur untuk mata

Anggur berpotensi melindungi matamu dari kerusakan - OkayDoc

3. Menjaga Kesehatan Mata

Menurut suatu penelitian, anggur berpotensi melindungi retina dari kerusakan. Penurunan fungsi retina dapat berujung pada kebutaan. Makan anggur secara teratur bisa membantumu terhindar dari risiko ini.

Konsultasi OkayDoc

"Pagi dok, saya saat ini sedang menggeluti dunia IT, jadi saya sering bertatap muka dengan gadget 6 jam lebih. Nah, bagaimana caranya untuk menjaga mata tetap sehat? Terima Kasih dok."

Jawaban Dokter

4. Melengkapi Asupan Nutrisi

Vitamin K termasuk nutrisi yang terkandung dalam buah mungil ini. Vitamin K akan membantu tubuh dalam proses pembekuan darah ketika terjadi perdarahan.

Sementara serat di dalamnya akan memperlancar pencernaanmu. Serat larut dalam anggur memiliki fungsi menjauhkanmu dari sembelit.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Buah anggur mengandung berbagai senyawa yang dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol. Senyawa ini termasuk pektin, resveratrol, serta pterostilbene.

Sebuah studi menguji sekelompok orang dengan kadar kolesterol tinggi untuk mengonsumsi sekitar 500 gram anggur merah selama 8 minggu, dan hasilnya terdapat penurunan kadar total kolesterol termasuk kolesterol jahat (LDL).

Sayangnya, anggur putih tidak memberikan efek serupa. Hal ini mungkin dikarenakan karena tingginya kadar antioksidan pada anggur yang berwarna lebih gelap. Uji klinis yang lebih luas juga masih dibutuhkan.

lupa-manfaatbuahanggur-okaydoc.jpg

Manfaa buah anggur bisa meningkatkan daya ingatmu - OkayDoc

6. Meningkatkan Daya Ingat, Tingkat Perhatian, dan Suasana Hati

Rutin makan anggur tenyata bermanfaat untuk kesehatan otakmu. Sebuah studi yang dilakukan pada orang tua menemukan bahwa, konsumsi sekitar 250 mg anggur setiap hari selama 12 minggu mampu meningkatkan daya ingat, tingkat perhatian, hingga keterampilan berbahasa.

Studi pada kaum dewasa muda juga menunjukkan hal serupa. Penelitian ini menyebutkan bahwa minum jus anggur segar sekitar 230mL dapat meningkatkan daya ingat dan suasana hati untuk 20 menit pasca konsumsi.

Hal ini mungkin terjadi berkat kandungan resveratrol dalam anggur yang dianggap dapat meningkatkan kemampuan mengingat serta fungsi kognitif otak.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Berbagai mineral juga vitamin yang penting untuk kesehatan tulang termasuk kalsium, magnesium, kalium, fosfor, mangan, hingga vitamin K terkandung dalam buah ini.

Studi juga menunjukkan bahwa konsumsi bubuk anggur dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mempertahankan jumlah kalsium dalam tubuh. Sayangnya, studi baru dilakukan pada tikus sehingga kemampuan ini perlu diuji lebih lanjut sebelum dapat direkomendasikan secara medis

Tips dan Trik untuk Memilih serta Menyimpan Buah Anggur

memilihanggur-manfaatbuahanggur-okaydoc.jpg

Pilihlah anggur dengan tekstur padat berisi - OkayDoc

Agar manfaat buah anggur didapat secara optimal, penting untuk mengetahui bagaimana cara memilih dan menyimpannya dengan tepat. Kamu sebaiknya memilih anggur dengan tekstur padat berisi dan kaya warna, baik itu anggur hijau, unggu, ataupun hitam.

Anggur hijau lebih baik dipilih saat warnanya mulai kekuningan sedang anggur ungu dan hitam lebih baik diambil saat warnanya semakin gelap. Namun, hindari anggur dengan tesktur lunak, mulai berkerut, layu, ataupun berjamur. Hal ini bisa menandakan bahwa buah ini mendekati waktu busuk dan sebaiknya tidak dikonsumsi.

Untuk penyimpanan, anggur sebaiknya disimpan dalam kemasan aslinya tanpa dicuci. Kamu bisa membilasnya nanti saat buah ini akan disantap. Anggur bisa dikonsumsi dalam 3-5 hari bila disimpan pada suhu ruang, 5-10 jika disimpan di kulkas, atau 3-5 bulan bila diletakkan dalam freezer.

Baca Juga: Ambil Manfaat Buah Pisang Untuk Tubuh Sehat nan Ideal

Berbagai khasiat dari buah anggur hingga kelezatannya mungkin membuatmu ingin terus menerus memakannya. Namun, tetap jaga agar konsumsinya tidak berlebihan ya.

Menjaga asupan seimbang akan memberimu manfaat buah anggur untuk kesehatan yang optimal. Ingatlah juga bahwa anggur yang sehat adalah anggur segar, bukan yang sudah berbentuk kismis.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Herba
6 Manfaat Goji Berry, Si Merah dengan Potensi Melimpah!
Annisa Trimirasti
04 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Yakin Kamu Bebas dari Penyebab Diabetes Melitus?
Maya Ligina
24 Nov 2017
Herba
9 Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang Begitu Menjanjikan
Annisa Trimirasti
13 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Ini Ciri-ciri Alzheimer pada Usia Muda yang Patut Diwaspadai
Dedi Irawan
07 Apr 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...