• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Air garam merupakan campuran antara natrium klorida (NaCl) dengan air. Meski larutan ini tampak sederhana, manfaat air garam dipercaya dalam mengatasi berbagai masalah di tubuhmu. Mulai dari meredakan peradangan sinus hingga mengangkat sel kulit mati.

Lebih lengkap, berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada garam dan ragam manfaat air garam yang sayang kamu lewatkan.

Kandungan yang Terdapat pada Garam

kandungan air garam

Setidaknya dalam satu sendok garam mengandung sekitar 6000 mg sodium - OkayDoc

Garam terdiri dari 40% natrium dan 60% klorida. Selain sebagai penambah rasa, garam juga sering digunakan sebagai pengawet serta membantu mengatur keseimbangan cairan pada tubuh.

Setidaknya, satu sendok garam mengandung sekitar 6000 mg natrium. Garam terbilang tidak memiliki nutrisi apapun, baik sebagai sumber lemak, kalsium, vitamin ataupun zat besi.

Manfaat Air Garam untuk Kesehatan

manfaat air garam untuk kesehatan OkayDoc

Air garam dipercaya memiliki ragam manfaat bagi kesehatan - OkayDoc

Dengan kandungan yang ada di dalamnya, garam dipercaya dapat memberikan ragam manfaat seperti di bawah ini.

Meredakan Sinusitis

Hidung tersumbat akibat peradangan sinus dapat disebabkan oleh beragam faktor, seperti alergi, flu dan pilek. Air garam dianggap dapat membersihkan saluran hidung, menghilangkan lendir, dan membuat hidung terasa lebih nyaman sehingga dapat membantu meredakan keluhan.

Membuat larutan air garam untuk kondisi ini pun mudah. Caranya, didihkan air sebanyak 200 ml, tambahkan setengah sendok teh garam, dan seperempat sendok teh baking soda. Lalu isi botol pembersih hidung dengan larutan garam, dan masukkan ujung botol ke salah satu lubang hidung.

Arahkan aliran larutan garam ke belakang agar air garam dapat keluar melalui mulut atau lubang hidung. Jika kamu kesulitan, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya.

meredakan sinusitis

Berkumur dengan air garam juga dapat meredakan sakit tenggorokan - OkayDoc

Meringankan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan umumnya dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Meski sulit menelan, rasa sakit tersebut bisa kamu redakan dengan menggunakan air garam.

Cukup larutkan seperempat sampai setengah sendok teh garam dalam 200-250 ml air hangat dan berkumurlah. Kamu direkomendasikan untuk melakukannya dua kali sehari. Larutan ini pun bisa digunakan untuk meringankan kondisi lain, salah satunya sariawan.

Namun, bila setelah menggunakan larutan, rasa sakit tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya.

Menangani Nyeri Pada Gigi

Larutan air garam juga dapat berfungsi sebagai antibakteri. Apabila kamu memiliki masalah pada gigi seperti, gigi berlubang, bengkak, mungkin ramuan ini dapat membantu meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan.

Cukup masukkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, aduk, lalu berkumurlah selama 30 detik sebelum membuangnya. Ulangi proses tersebut setiap kali kamu memerlukannya.

kotorantelinga-okaydoc.jpg

Air garam dapat membantu mengeluarkan serumen yang tersumbat - OkayDoc

Membantu Mengatasi Infeksi dan Kotoran pada Telinga

Infeksi pada telinga tidak hanya menyakitkan namun juga membutuhkan waktu untuk pulih, yaitu sekitar 1-2 minggu. Air garam termasuk salah satu bahan alami yang dipercaya dapat meringankan kondisi tersebut.

Pasalnya, nyeri pada telinga terkadang berhubungan dengan sakit tenggorokan. Sehingga, berkumur dengan air garam dipercaya dapat membantu mengurangi gejalanya.

Manfaat air garam untuk telinga tidak berhenti di sini. Larutan ini juga disebut dapat melegakan telinga yang tersumbat kotoran telinga (serumen). Hal ini bisa kamu dapatkan dengan merendam atau mencelupkan kapas ke air garam.

Kemudian, miringkan kepala dan peras perlahan kapas tersebut hingga beberapa tetes air garam masuk ke lubang telinga. Bertahanlah dalam posisi ini sebentar untuk memastikan air garam sampai ke serumen. Selanjutnya, miringkan kepala ke arah sebaliknya dan biarkan serumen keluar.

cederabibir-okaydoc.jpg

Cedera bibir dapat dibantu diredakan dengan air garam - OkayDoc

Meringankan Luka atau Cedera pada Bibir

Cedera bibir bisa menyebabkan bengkak ataupun luka yang dapat mengganggu tampilan wajah indahmu. Garam bisa membantu menangani kondisi ini berkat sifat antibakteri dan antiinflamasinya.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pertama kamu butuh membuat larutan dari satu sendok makan garam dengan air hangat. Kemudian, celupkan kapas ke larutan tersebut.

Lalu, angkat kapas dan tempelkan perlahan pada bagian cedera di bibir. Kamu bisa mengulangi teknik ini selama beberapa menit hingga bengkak dan rasa nyeri dirasa berkurang.

Manfaat Air Garam untuk Kecantikan

manfaat air garam untuk kecantikan OkayDoc

Air garam tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja melainkan untuk kecantikan - OkayDoc

Selain memberikan manfaat untuk kesehatan, air garam juga dipercaya dapat berguna untuk kecantikanmu. Berikut ini adalah beberapa khasiatnya yang menarik untuk diketahui.

Menyeimbangkan Kesehatan Kulit

Selain sebagai anti-bakteri, garam dan madu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat berfungsi mengatasi permasalahan kulit. Seperti memberi efek menyejukkan pada kulit serta mengurangi peradangan pada jerawat dan iritasi.

Cara membuat ramuan ini pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok teh garam laut (tumbuk secara halus terlebih dulu), dengan empat sendok teh madu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan oleskan ke seluruh wajah, hindari area mata.

Diamkan masker selama 10-15 menit, setelah itu bilas, dengan cara menggosokan wajah secara perlahan. Kemudian, bersihkan wajah dengan air hangat.

Baca juga: Bijaksana Mengambil Manfaat Garam untuk Kesehatan

Memutihkan Gigi

Gigi kuning tentu dapat merusak penampilan. Menggunakan racikan garam dan baking soda dianggap dapat membantu mengurangi noda tersebut sekaligus mencerahkan gigimu.

Untuk menggunakannya, coba campur merata 1 sendok teh garam dan 2 sendok teh baking soda. Celupkan sikat gigi yang sudah dibasahi air ke campuran tersebut sebelum mulai menggosok gigi. Bila rasa terlalu kuat, coba oleskan dulu sikat gigi dengan pasta gigi sebelum mencelupkannya ke larutan pembersih.

Fakta Lain Tentang Garam

manfaat garam untuk kesehatan OkayDoc

Terlalu banyak mengonsumsi garam juga dapat memicu beragam penyakit - OkayDoc

Setelah mengetahui manfaat air garam, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Masih ada beberapa fakta mengenai garam yang perlu kamu ketahui.

Salah satunya adalah mengonsumsinya terlalu sedikit ataupun terlalu banyak dapat memicu beragam penyakit. Berikut penjelasannya.

Terlalu Sedikit Mengonsumsi Garam

Hiponatremia ialah kondisi di mana kadar garam dalam darah lebih rendah dari batas normal. Natrium atau garam sendiri memiliki fungsi utama yaitu membantu mengendalikan kadar air dalam tubuh.

Selain itu, garam juga dibutuhkan agar fungsi kerja tubuh terjaga dengan baik. Kekurangan zat tersebut dapat memicu beragam kondisi seperti:

  • Sakit kepala
  • Mudah letih
  • Mual dan muntah
  • Keram otot/spasme otot
  • Pada kondisi tertentu dapat menyebabkan koma
  • Pada kondisi hiponatremia ringan mungkin tidak membutuhkan penanganan yang serius.

kekurangan garam OkayDoc

Kelebihan zat garam juga dapat menimbulkan beragam kondisi seperti sakit kepala dan mudah letih - OkayDoc

Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

Batas maksimal mengonsumsi garam yaitu 2300 mg per hari atau setara 1 sendok teh. Penggunaan garam yang disarankan adalah tidak lebih dari 1500 mg per hari. Kelebihan garam bisa menganggu keseimbangan cairan tubuh sehingga jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah.

Kelebihan garam yang berlangsung dalam jangka panjang berisiko menimbulkan beberapa penyakit seperti:

  • Hipertensi
  • Kerusakan ginjal
  • Kerusakan tulang
  • Stroke
  • Obesitas

Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan betul jumlah konsumsi garam dalam makananmu. Jangan sampai kamu mengonsumsi garam lebih dari yang dianjurkan.

Baca juga: Cari Tahu Ciri-ciri Gula Darah Tinggi Sebelum Berakibat Fatal!

Manfaat air garam cukup beragam mulai dari membantu meredakan sakit gigi, sinusitis, dan nyeri tenggorokan. Namun, sebelum menggunakannya, tentu akan lebih baik jika kamu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah komplikasi.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
4 Manfaat Garam untuk Wajah dan Kesehatan Pencernaanmu
Vivi Hermin
06 May 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...