• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Sekitar 50% ibu hamil, 20% wanita dan 3% pria tidak memiliki cukup asupan zat besi. Solusi mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi berikut.

Termasuk mineral, zat besi adalah komponen dari hemoglobin yaitu bagian dari sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan kamu merasa lelah, pusing, sakit kepala, hingga sulit bernapas.

Kondisi tersebut termasuk dalam gejala anemia, karena kekurangan zat besi adalah tipe anemia yang paling sering terjadi. Untuk mencegah sekaligus mengatasi kondisi tersebut, yuk santap ragam makanan yang mengandung zat besi.

1. Bayam

bayam ibu hamil.jpg

Bayam termasuk salah satu makanan yang mengandung zat besi - OkayDoc

Dalam 100 gram bayam, setidaknya terkandung sekitar 3,6 mg zat besi. Tak hanya itu, sayuran ini juga mengandung protein, serat, dan ragam vitamin mulai dari vitamin A, C dan E.

Semakin bermanfaat, bayam juga menyimpan ragam khasiat lain mulai dari membantu mengurangi inflamasi hingga menurunkan risiko kanker. Hal itu didapatkan berkat kandungan antioksidan tipe karotenoid nya.

Untuk mengonsumsinya, lebih baik pilih bayam yang telah masak. Karena bayam masak membuat nutrisi lebih mudah untuk diserap oleh tubuhmu.

2. Kerang dan Tiram

kerang dan tiram

Kerang dan tiram juga tinggi kandungan zat besi - OkayDoc

Selain lezat, santapan laut ini juga bernutrisi dan tinggi zat besi. Tergantung jenisnya, 100 gram kerang bisa mengandung hingga 28 mg zat besi. Tak hanya itu, zat besi dari protein hewani ini termasuk jenis zat besi heme, yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

Semakin bergizi, kerang juga mengandung ragam vitamin dan mineral seperti vitamin C, B12 dan zinc. Berkat kandungan sehatnya, kerang juga dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik HDL dalam tubuh.

Untuk menyantapnya, disarankan memilih kerang yang matang. Dan bila kamu tidak menyukai kerang, sajian laut lain seperti ikan tuna dan salmon bisa dikonsumsi sebagai alternatif.

3. Kacang Kedelai, Edamame dan Tofu

makanan yang mengandung zat besi

Kacang kedelai, edamame dan tofu ternyata memiliki kandungan zat besi yang tinggi - OkayDoc

Dalam sekitar 128 gram atau sekitar 1 mangkuk kacang kedelai terkandung 4 mg zat besi. Tak hanya itu, kacang ini juga mengandung protein, vitamin, serat, asam amino, tembaga juga mangan yang penting untuk fungsi tubuh.

Bila kamu tidak suka memakan kacang kedelai secara langsung, sajian olahan dari kacang kedelai seperti tofu bisa jadi pilihan. Di mana tofu juga mengandung berbagai mineral sehat seperti selenium, magnesium, dan kalsium.

Tofu bahkan mengandung isoflavones, salah satu senyawa alami yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini disebut memberikan ragam manfaat bagi kesehatan mulai dari meningkatkan sensitivitas insulin hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Ragam Daging Organ Hewan (Hati dan Otak)

ragam daging organ hewan

Hati hewan seperti hati ayam juga mengandung zat besi - OkayDoc

Bagian organ tubuh seperti hati, otak, jantung, dan ginjal ternyata sangat bernutrisi dan kaya zat besi. Misalnya saja, dalam 100 gram hati sapi terkandung sekitar 6,5 mg zat besi.

Tak hanya itu, hati juga mengandung protein serta ragam vitamin dan mineral seperti vitamin B, kolin, tembaga, dan selenium yang penting untuk tubuh. Sayangnya, hati turut mengandung kolesterol. Jadi, kamu cukup konsumsi dalam jumlah sedang saja.

Meskipun zat besi dibutuhkan, wanita hamil disarankan tidak mengonsumsi hati karena kandungan vitamin A-nya yang sangat tinggi. Di mana kelebihan vitamin A dipercaya dapat meningkatkan risiko bayi cacat saat lahir.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi zat besi dari protein hewani lain. Contohnya dari daging ayam, sapi, juga dari telur. Sajian ini juga tinggi kandungan zat besi.

Baca Juga : 5 Makanan Mengandung Kalium Ini Patut Dicoba

5. Cokelat Hitam

cokelat hitam mengandung zat besi

Siapa sangka cokelat hitam juga mengandung zat besi - OkayDoc

Cokelat hitam adalah cokelat dengan kandungan kakao minimal 70%. Cokelat ini tak hanya lezat namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika kamu ingin tahu manfaat cokelat lebih lanjut bisa baca artikel manfaat cokelat bagi kesehatan ya.

Selain tinggi zat besi, di mana dalam 28 gramnya terkandung 3,3 gram zat besi, cokelat hitam juga menyimpan mineral lain seperti magnesium dan tembaga. Bahkan, serat prebiotik yang menjadi santapan bakteri baik di usus juga ada dalam cokelat ini.

Cokelat hitam pun tinggi antioksidan dan disebut dapat mengurangi risiko stroke juga serangan jantung.

6. Brokoli

MakananyangMengandungZatBesi-Brokoli-OkayDoc.jpg

Brokoli termasuk makanan yang mengandung zat besi - OkayDoc

Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang kaya vitamin dan mineral, termasuk zat besi. Sekitar 100 gram brokoli matang mengandung 1 gram zat besi atau bisa mencukupi 6% dari kebutuhan harian mineral ini.

Tak hanya itu, brokoli juga mengandung vitamin C, folat, serat, serta vitamin K. Sayuran renyah ini pun mengandung senyawa sulforaphane dan glucosinolates, yang dipercaya mampu melindungi tubuh dari kanker.

7. Tomat

MakananyangMengandungZatBesi-Tomat-OkayDoc.jpg

Tak hanya segar, ternyata tomat juga bergizi - OkayDoc

Tomat dalam bentuk mentah memang tidak kaya kandungan zat besi. Meski begitu, saat diolah, baik dikeringkan ataupun ditumbuk, buah berwarna cerah ini sarat akan zat besi.

Pasalnya, sekitar 200 mL saus tomat mengandung 1,9 mg zat besi atau sekitar 11% kebutuhan harian. Namun ingat, bila ingin mengonsumsi saus tomat kemasan, pilihlah varian yang rendah kandungan natrium atau garam.

Selain zat besi, tomat juga mengandung vitamin C, A, serta likopen, salah satu antioksidan yang disebut dapat mengurangi risiko sunburn (kulit iritasi akibat paparan sinar matahari).

8. Biji Wijen

MakananyangMengandungZatBesi-BijiWijen-OkayDoc.jpg

Biji wijen tak hanya mengandung zat besi namun ragam mineral lain - OkayDoc

Biji wijen yang lezat disantap ini ternyata juga kaya kandungan nutrisi. Biji dengan semu rasa kacang ini mengandung sekitar 1-2 mg zat besi per 2 sdm. Produk olahan biji wijen, seperti tahini pun tidak kehilangan kandungan mineral ini.

Nutrisi lain seperti tembaga, fosfor, serta vitamin E, yang membantu penyerapan zat besi oleh tubuh, juga terdapat dalam biji putih ini. Tak hanya ditemukan pada onde-onde, kamu juga bisa lho menambah biji wijen ke berbagai menu sajian pokokmu.

9. Kentang

MakananyangMengandungZatBesi-Kentang-OkayDoc.jpg

Lezat disantap, kentang termasuk salah satu makanan yang mengandung zat besi - OkayDoc

Satu kentang masak ukuran besar (sekitar 295 gram) bisa mengandung 3,2 gram zat besi atau mencukupi sekitar 15% kebutuhan harian mineral ini. Sayangnya, kandungan zat besi ini paling banyak terletak di area kulit. Oleh karena itu, jangan kupas kulitnya ya.

Kentang juga mengandung berbagai macam nutrisi lain seperti serat, kalium, vitamin C juga vitamin B6. Bila ingin alternatif makanan sejenis, ubi jalar bisa menjadi pilihan. Dalam jumlah yang sama (sekitar 300 gram), umbi ini mengandung 2,1 mg zat besi.

10. Tuna

MakananyangMengandungZatBesi-Tuna-OkayDoc.jpg

Termasuk salah satu sajian kaya zat besi, tuna pun mengandung vitamin B dan kalium - OkayDoc

Kemasan tuna kalengan ukuran 200 gram mengandung sekitar 2,5 mg zat besi. Semakin kaya akan nutrisi, kalium, vitamin B, juga vitamin D terdapat dalam ikan lezat ini. Kemasan sajian sehat ini pun rendah kalori (di bawah 150 kalori).

Sayangnya, produk makanan praktis ini mungkin tinggi kandungan garam (natrium) sehingga konsumsinya perlu dibatasi bagi mereka yang tidak boleh banyak konsumsi garam.

Misalnya, seperti penderita darah tinggi (hipertensi). Ikan lain yang juga tinggi kandungan zat besi seperti salmon dan halibut turut bisa kamu coba.

Trik Makan untuk Menyerap Lebih Banyak Zat Besi

makanan yang menyerap zat besi

Cobalah makan bayam dengan ikan untuk membantu penyerapan zat besi - OkayDoc

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, kenali juga zat lain yang membantu penyerapan mineral sehat tersebut. Di mana beberapa sajian justru menghalanginya. Contohnya adalah teh, kopi, dan sajian tinggi kalsium seperti susu.

Untuk itu, pilihlah sajian yang membantu proses penyerapan zat besi seperti santapan tinggi vitamin c. Makanan ini bisa kamu temukan dalam stroberi, jus jeruk, brokoli, ikan, juga daging.

Baca Juga : Pahami Gejala dan Penyebab Kekurangan Zat Besi Agar Terhindar dari Anemia

Makanan yang mengandung zat besi penting untuk dikonsumsi terutama oleh penderita anemia kekurangan zat besi. Makanan ini mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam tofu, tiram, juga bayam. Jadi, yuk hidup sehat dengan cukup asupan zat besi!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Anemia? Ini 6 Buah Penambah Darah yang Wajib Dikonsumsi
Maya Ligina
14 Oct 2018
Kulit
Cara Menebalkan Alis: Mulai dari Alami hingga Transplantasi
Vivi Hermin
16 Sep 2018
Resep
8 Manfaat Sayur Bayam di Balik Kelezatannya
Dewangga
10 Jun 2018
Diet Ibu Hamil
14 Sayuran dan Buah untuk Ibu Hamil agar Janin Sehat
Tsalis Annisa
08 Mar 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...