• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Sering dianggap tak sehat, lemak ternyata termasuk bagian penting dalam menu makan. Lemak membantu penyerapan vitamin A,D,E,K dan dapat dijadikan sumber energi. Ada banyak makanan yang mengandung lemak dan menyehatkan yang perlu kamu ketahui.

Pernyataan lemak yang tidak dibakar akan disimpan oleh tubuh dan menjadi lemak tubuh, tidaklah salah. Tetapi hal yang sama juga berlaku untuk protein dan karbohidrat. Saat konsumsinya berlebihan, keduanya disimpan sebagai cadangan sumber energi dalam bentuk jaringan lemak.

Oleh karena itu, santaplah menu makan dengan seimbang, termasuk lemak. Berikut adalah beberapa makanan berlemak yang bisa kamu masukkan dalam menu harianmu.

1. Alpukat

makanan yang mengandung lemak OkayDoc

Berbeda dengan buah lain, alpukat termasuk makanan yang mengandung lemak - OkayDoc

Meski tinggi lemak, alpukat memiliki ragam manfaat sehat. Mulai dari meringankan gejala osteoarthritis hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Buah hijau ini juga menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan tetap menjaga kadar kolesterol baik (HDL)

Alpukat sendiri mengandung lemak sekitar 77% dengan kandungan terbanyak berupa asam oleat, salah satu lemak tak jenuh tunggal. Namun, konsumsi buah ini secukupnya, mengingat alpukat setidaknya mengandung 300 kalori per buah.

2. Telur

makanan yang berlemak OkayDoc

Makanlah telur utuh, putih dan kuningnya, untuk mendapat manfaat sehat - OkayDoc

Banyak yang menjauhi telur karena berlemak.Kandungan lemaknya sekitar 5 gram, dan setidaknya 212mg di antaranya adalah kolesterol. Meski demikian, pada sebagian besar orang, kolesterol dalam telur tidak memengaruhi kadar kolesterol dalam darah.

Tidak hanya lemak sehat, telur juga mengandung antioksidan dan protein. Rasanyapun lezat dan mudah diolah menjadi berbagai hidangan.

3. Salmon dan Sarden

salmon dan sarden mengandung lemak

Salmon, sarden, dan makerel termasuk ikan berlemak yang sehat untuk tubuh - OkayDoc

Sebagian besar otak terbuat dari lemak. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi lemak sehat, seperti asam lemak omega-3, agar otak tetap berfungsi optimal. Asam lemak ini banyak ditemukan pada ikan salmon, sarden dan makerel.

Beberapa kandungan asam lemak omega-3, seperti EPA dan DHA, juga turut membantu dalam melawan penyakit kronis, menyehatkan otak, dan melawan radang. Untuk porsi konsumsi, kamu direkomendasikan untuk menyantap sekitar 200 gram ikan-ikan ini per minggu.

4. Minyak Kelapa

minyak kelapa salah satu makanan yang mengandung lemak

Minyak kelapa termasuk minyak yang stabil dan dapat dimasak dalam temperatur tinggi - OkayDoc

Meski sekitar 90% kandungan minyak kelapa adalah lemak jenuh, minyak ini tidak berbahaya. Pasalnya, minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang, yang akan langsung diproses dalam hati sebagai sumber energi tubuh.

Lemak rantai sedang ini pun menjadikan minyak kelapa dapat membantu dalam menekan rasa lapar dan melancarkan metabolisme. Selanjutnya, sebagian besar tipe lemak jenuh dalam minyak ini juga berupa asam laurat yang dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiradang.

Baca Juga: Badan Ideal Berkat 6 Makanan Pembakar Lemak Ini!

5. Keju

keju adalah makanan yang mengandung lemak OkayDoc

Keju ternyata juga menyimpan vitamin dan mineral yang sehat untuk tubuh - OkayDoc

Keju olahan yang tinggi sodium memang patut dihindari, namun tidak untuk keju itu sendiri. Keju mengandung ragam vitamin dan mineral sehat, termasuk protein, fosfor, kalsium, dan vitamin B12.

Keju juga mampu meningkatkan produksi asam butirat yang dapat mempercepat metabolisme. Studi pun menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi keju secara teratur memiliki risiko sakit jantung serta kadar kolesterol jahat (LDL) yang lebih rendah.

6. Cokelat Hitam

cokelat hitam adalah makanan yang mengandung lemak

Berbeda dengan cokelat putih, cokelat hitam kaya lemak sehat yang baik untuk jantung - OkayDoc

Cokelat hitam atau dark chocolate ternyata tak hanya enak, tapi juga sehat. Pasalnya, cokelat ini memiliki lemak sehat yang membantu melindungi jantung. Selain itu, cokelat hitam juga mengandung serat, tembaga, magnesium, serta zat besi.

Penelitian bahkan menyebutkan seseorang yang makan cokelat hitam 5 kali atau lebih per minggu memiliki risiko meninggal akibat penyakit jantung yang cukup rendah.

7. Kacang-kacangan

Makanan yang Mengandung Lemak kacang okaydoc.jpg

Selain kaya lemak sehat, kacang-kacangan juga mengandung serat yang baik untuk menghindari obesitas  - OkayDoc

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa makanan satu ini mengandung lemak sehat yang tinggi. Kacang kenari dan almond merupakan contohnya.

Kacang-kacangan juga kaya akan serat, vitamin E, dan magnesium. Serat akan membantumu agar kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari obesitas. Sementara, vitamin E bagus untuk kulit dan magnesium bagus untuk menjaga kesehatan saraf serta otot.

Meski demikian, kamu harus tetap menakarnya dengan hati-hati. Jangan sampai kamu memakan kacang-kacangan secara berlebihan, karena lemak tetap bisa menumpuk dalam tubuhmu.

Batasi asupan kacangmu sebanyak sekitar 28 gram dalam sehari. Kamu juga sebaiknya memilih kacang yang dipanggang.

Jangan lupa untuk memerhatikan komposisi garam atau perasa lainnya pada kemasan. Hindari produk yang mengandung terlalu banyak perasa tambahan.

8. Biji-bijian

Makanan yang Mengandung Lemak biji bunga matahari okaydoc.jpg

Sertakan biji-bijian dalam menumu agar bisa memetik manfaat dari lemak sehatnya - OkayDoc

Secara umum, lemak dari tumbuhan (nabati) lebih baik jika dibandingkan lemak dari hewan (hewani). Jadi, mengonsumsi lebih banyak lemak nabati dapat dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Lemak sehat dalam biji-bijian juga bisa membantumu dalam menurunkan kadar kolesterol yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung. Biji bunga matahari, biji labu kuning, serta wijen merupakan contoh biji-bijian yang bisa kamu santap.

Sama seperti kacang, pilihlah produk biji-bijian yang memiliki sedikit perasa tambahan. Cermati komposisi bahan-bahan pada kemasan untuk memastikannya.

Baca Juga: Dapatkan Manfaat dari Makanan Berprotein Tinggi Ini

Makanan yang mengandung lemak, penting untuk ada dalam menu makan harian. Lemak dari makanan merupakan sumber asam lemak yang tidak dapat dibuat oleh tubuh.

Tetapi sama seperti semua jenis zat lain, konsumsi berlebihan tentu tidak menyehatkan. Dari total kalori harian, hanya 20% sampai 35% total asupan yang disarankan berasal dari lemak.

Jadi, masih menganggap lemak sesuatu yang harus dihindari?

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Mengolah Camilan Sehat agar Bisa Diet Seimbang
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Herba
Fakta Manfaat Kayu Manis untuk Diet Sebelum Ikut Mencoba
Maya Ligina
15 Nov 2017
Herba
Konsumsi 12 Buah yang Mengandung Vitamin C agar Tetap Sehat
Annisa Trimirasti
10 Oct 2018
Psikologi
Semangat Belajar Menurun? Kembalikan dengan 5 Cara Jitu Ini!
Annisa Trimirasti
12 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...