• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Memenuhi kebutuhan kalsium tidak hanya didapat melalui produk susu dan olahannya. Guna mendapatkan nutrisi tersebut, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Memenuhi asupan kalsium tidak hanya baik untuk tulang, hormon, dan ototmu, tetapi juga berfungsi menurunkan risiko penyakit seperti osteoporosis, hipertensi dan kanker usus.

Nah, bagi kamu yang tidak suka susu, atau alergi terhadap susu, jangan jadikan itu sebagai alasan tidak memenuhi kebutuhan kalsium harianmu. Berikut adalah makanan berkalsium tinggi yang wajib kamu ketahui.

1. Ikan

makanan yang mengandung kalsium

Salmon dianggap mampu memenuhi asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang - OkayDoc

Ikan ternyata kaya mineral pembangun tulang. Berikut adalah dua ikan paling kaya kandungan kalsium:

  • Ikan Salmon

Jenis makanan ini merupakan sumber kalsium yang baik. Mengonsumsi 85 gram ikan salmon dapat memberikan asupan vitamin D sebesar 447 IU setiap hari. Selain itu, salmon mengandung omega-3 yang bagus untuk otak, kulit dan jantungmu.

  • Sarden

Salmon terlalu mahal? Tenang, masih ada sarden. Pasalnya, empat ekor ikan (sekitar 100 g) sarden saja bisa mengandung 410 mg kalsium.

Tetapi, ingat untuk mengonsumsi tulangnya yang dapat dimakan juga ya. Pasalnya, 50% kandungan kalsium pada sarden terdapat pada tulangnya.

Ikan dengan cita rasa umami ini juga kaya omega 3, fosfor, vitamin D, serta vitamin B12 yang turut mendukung penyerapan kalsium dan kesehatan tubuhmu.

2. Telur

telur

Kuning telur dipercaya memiliki kandungan kalsium yang dapat memperbaiki kesehatan tulang - OkayDoc

Makanan yang satu ini dianggap memiliki beragam manfaat. Namun, kandungan tinggi vitamin D hanya dapat kamu temukan pada kuning telur saja. Tingginya kalsium pada telur berfungsi untuk memperbaiki kesehatan tulang.

3. Jeruk

jeruk-OkayDoc.jpg

Jeruk termasuk makanan yang mengandung kalsium - OkayDoc

Jeruk ukuran sedang umumnya mengandung 50 mg kalsium sedang ukuran besar dapat menyimpan sekitar 75 mg kalsium. Meski lebih disarankan mengonsumsi jeruk secara langsung, jus jeruk kemasan dapat dijadikan alternatif sumber kalsium.

Dalam 250 ml jus jeruk kemasan, biasanya terkandung 300 mg kalsium. Angka ini jauh lebih tinggi dibanding mengonsumsi buahnya secara langsung.

Tetapi, penting untuk memerhatikan tabel nutrisi pada kemasan. Terlalu banyak tambahan gula buatan tentu tidak baik untuk kesehatanmu.

4. Ubi Jalar

ubijalar-OkayDoc.jpg

Ubi jalar termasuk makanan yang mengandung kalsium - OkayDoc

Ubi jalar dapat menyediakan sekitar 55 mg kalsium. Kadar ini bahkan bertambah saat kamu memasaknya. Kamu bisa menumbuk ubi kemudian mencampurkannya dengan mentega agar lebih lezat.

Ubi jalar juga lezat dipanggang untuk camilan sehat. Tetapi ingat untuk tidak terlalu banyak menambahkan garam, ya. Kadar garam yang direkomendasikan hanya 1 sendok teh per hari.

5. Biji-Bijian

bijiwijen-OkayDoc.jpg

Biji wijen tinggi kandungan kalsium dan senyawa oksalat - OkayDoc

Dibalik ukurannya yang kecil, biji-bijian mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, salah satunya kalsium. Jenis biji-bijian yang kaya akan kalsium antara lain:

• Biji Wijen

Biji wijen yang umumnya kamu temukan di onde-onde itu ternyata kaya kalsium. Hanya dalam satu sendok teh biji wijen terkandung 90 mg kalsium. Sayangnya, biji wijen juga kaya senyawa oksalat yang bisa menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh.

Kamu bisa mengakali hambatan ini dengan mengonsumsi biji wijen dalam bentuk tumbuk (tahini) atau merendam dulu biji wijen semalam sebelum dipanggang.

• Biji Bunga Matahari

Satu takaran biji bunga matahari sebanyak kurang-lebih 350 gram, terkandung kalsium setidaknya sekitar 100 gram. Biji ini juga mengandung magnesium, vitamin A, serta tembaga. Kandungan ini merupakan nutrisi-nutrisi yang dapat membantumu menjaga kesehatan tulang.

Meski begitu, sayangnya biji bunga matahari yang sering terdapat di pasaran banyak mengandung garam. Karena itu, jika kamu ingin mengonsumsinya, pilihlah yang lebih sehat yaitu biji mentah dan tanpa garam.

• Biji Chia

Satu ons biji chia (setara dengan dua sendok makan) mengandung kalsium sekitar 180 mg. Chia juga mengandung boron, nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan tulangmu.

Menikmati makanan yang satu ini juga tidaklah sulit. Kamu bisa tambahkan biji chia dalam smoothies atau sajian oatmeal serta yogurt untuk menambah tekstur pada makananmu.  

Baca Juga: Manfaat Kuaci, Menurunkan Kolesterol Hingga Penyakit Jantung

6. Sayuran

brokoli

Selain tinggi kalsium, brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang bersifat sebagai anti kanker - OkayDoc

Banyak sayuran, terutama yang berwarna hijau, kaya kandungan kalsium, berikut beberapa di antaranya:

  • Brokoli

Selain susu, sayuran hijau seperti brokoli juga mengandung kalsium. Sebanyak 130 gram sayuran ini terdapat sekitar 65 mg kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Brokoli juga merupakan sumber vitamin C, serat serta nutrisi yang bersifat sebagai anti kanker.

  • Pok Choy

Semangkuk irisan pok choy bisa mengandung sekitar 75 mg kalsium. Tak hanya itu, sayuran ini pun sumber kalium, vitamin C, juga vitamin A.

bayam ibu hamil.jpg

Bayam termasuk makanan yang mengandung kalsium - OkayDoc

  • Okra

Hanya dalam 50 g okra bisa terdapat 130 mg kalsium lho. Okra juga mengandung asam folat, vitamin B6 serta serat yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Semakin menarik, ada beragam resep okra mudah yang bisa dibuat sendiri.

  • Bayam

Bukan hanya sumber zat besi, bayam juga tinggi kandungan kalsium. Menyantap 100 g sayuran hijau ini bisa memberimu 150 mg kalsium. Sayangnya, seperti biji wijen, bayam pun tinggi senyawa oksalat.

7. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Tidak hanya baik untuk tulang, kacang dipercaya dapat mencegah risiko penyakit berbahaya - OkayDoc

Produk kacang-kacangan seperti kacang merah juga memiliki kandungan kalsium. Satu cangkir atau setara 190 gram mengandung sekitar 220 mg kalsium.

Selain baik untuk tulang, mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat mencegah kanker dan penyebab penyakit demensia seperti parkinson dan alzheimer. Selain kacang merah, 2 jenis kacang dibawah juga dikenal sebagai sumber kalsium yang baik.

  • Kacang Almond

Kacang yang satu ini dianggap memiliki kandungan kalsium tertinggi. Sebesar 30 gram setara dengan  kurang lebih 10 % kebutuhan harian kalsium tubuh. Mengonsumsi almond secara rutin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit lainnya.

  • Kacang Edamame

Edamame mengandung sekitar 100 mg kalsium dalam setiap 350 gram sajiannya. Selain kalsium, kacang ini juga mengandung protein berkualitas tinggi serta kesembilan asam amino esensial yang baik bagi tubuh.

8. Tahu

tahu

Tahu merupakan salah makanan yang mengandung kalsium, tinggi protein dan asam amino - OkayDoc

Selain memiliki kandungan tinggi protein dan asam amino, tahu ternyata juga memiliki sumber kalsium yang cukup tinggi. Mengonsumsi tahu kurang lebih 100 gram dapat memberikan kebutuhan kalsium pada tubuh sekitar 500 mg.

9. Susu Kedelai

makanan yang mengandung kalsium

Susu kedelai dianggap dapat menjadi alternatif apabila kamu tidak bisa mengonsumsi susu sapi - OkayDoc

Jika kamu tidak bisa mengonsumsi susu, kamu dapat mengganti susu kedelai sebagai alternatif. Setiap 1 cangkir susu kedelai mengandung sekitar 300 mg kalsium.

Susu kacang kedelai juga dipercaya baik untuk rutin dikonsumsi karena tidak mengandung kolestrol dan rendah lemak.

Efek Mengonsumsi Kalsium Jika Berlebihan

efek mengonsumsi kalsium berlebihan

Mengonsumsi kalsium secara berlebihan dianggap dapat memicu risiko penyakit jantung - OkayDoc

Mendapatkan sumber kalsium memang tidak hanya bisa melalui makanan. Bagi sebagian orang mungkin memilih dengan cara mudah seperti mengonsumsi kalsium dalam bentuk suplemen.

Namun, kamu perlu memperhatikan betul asupan kalsium pada tubuhmu. Pasalnya, mengonsumsi kalsium secara berlebihan dapat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung.

Untuk itu, kamu bisa mengonsultasikan kepada dokter terlebih dulu sebelum mulai mengonsumsi suplemen.

Baca Juga : Dapatkan Manfaat dari Makanan Berprotein Tinggi Ini

Tubuhmu memerlukan kalsium agar dapat berfungsi dengan baik. Selain susu, beragam makanan yang mengandung kalsium bisa kamu konsumsi. Tapi kamu juga perlu memperhatikan asupan yang dianjurkan untuk tubuhmu agar tidak berlebihan.

Jadi, kamu makanan mana yang kamu pilih untuk memenuhi kalsium harianmu?

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet Ibu Hamil
Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama agar Janin Sehat
Tsalis Annisa
28 Mar 2018
Diet
Santap 5 Buah Tinggi Antioksidan Ini demi Tubuh Lebih Sehat
Annisa Trimirasti
11 Aug 2018
Herba
Konsumsi 12 Buah yang Mengandung Vitamin C agar Tetap Sehat
Annisa Trimirasti
10 Oct 2018
Psikologi
Semangat Belajar Menurun? Kembalikan dengan 5 Cara Jitu Ini!
Annisa Trimirasti
12 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...