• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Sering pusing dan sulit berkonsentrasi? Mungkin kamu menderita darah rendah. Untuk mengatasinya, simak 6 makanan untuk penderita darah rendah serta tips berikut.

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah kondisi dimana tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg. Kondisi ini dapat menyebabkan aliran darah ke organ-organ tubuh tidak mencukupi.

Gejala hipotensi dapat ditandai dengan pandangan kabur, konsentrasi menurun, mata berkunang-kunang, pusing, lelah hingga mual. Salah satu cara alami untuk menangani hipotensi adalah lewat diet sehat di bawah ini.

1. Perbanyak Minum Air dan Batasi Konsumsi Alkohol

perbanyak minum air untuk penderita darah rendah

Karena dehidrasi dapat memicu hipotensi makan banyak minum air adalah solusi pencegahannya - OkayDoc

Salah satu pemicu hipotensi adalah dehidrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan volume darah turun sehingga tekanan darah ikut turun. Jadi, perbanyaklah minum air putih. Rekomendasi volume air sehat untuk diminum adalah 8-10 gelas atau sekitar 2 liter per hari.

Selain itu, batasi juga konsumsi alkohol. Minuman jenis ini dapat memicu dehidrasi dan menurunkan tekanan darah.

2. Tambah Asupan Garam

tambah asupan garam

Salah satu makanan untuk penderita darah rendah adalah sajian tinggi garam - OkayDoc

Sodium dapat menaikkan tekanan darah sehingga cocok untuk penderita hipotensi. Bila kamu kurang suka taburan garam dalam sajian, buah zaitun dan ikan asap termasuk dalam makanan tinggi sodium yang bisa kamu santap.

Guna menambah asupan garam, kamu juga bisa mengganti garam dengan kecap asin saat bersantap. Namun perlu diingat bahwa konsumsi sodium terlalu banyak dapat menyebabkan gagal jantung.

Sebelum menambahkan jumlah garam dalam menu harianmu, diskusikan cara ini terlebih dahulu dengan dokter. Rekomendasi asupan sodium harian yang sehat adalah tidak melebihi 1.500 sampai 2.300 mg.

3. Minuman Berkafein

minuman berkafein

Minuman berkafein dapat meningkatkan tekanan darah meski sementara - OkayDoc

Meski hanya sementara, minuman berkafein, seperti teh dan kopi, dapat menaikkan tekanan darah. Kafein dapat memicu kerja sistem kardiovaskular dan mempercepat detak jantungmu.

Namun terlalu banyak kafein juga tidak baik untuk tubuh. Sebelum kamu meminumnya setiap hari, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga: Tekanan Darah Normal Bisa Diraih dengan Cara Alami Berikut

4. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin B12

konsumsi makanan tinggi vitamin

Ikan seperti tuna dan salmon merupakan makanan untuk penderita darah rendah yang baik - OkayDoc

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia atau kurang sel darah merah. Salah satu kondisi yang dapat memicu hipotensi adalah minimnya sel dalam pembuluh darah.

Oleh karena itu, kamu bisa makan sajian tinggi vitamin B12 untuk mengantisipasinya. Vitamin ini dapat kamu jumpai dalam makanan laut, seperti kepiting, kerang, maupun ikan (contohnya, sarden, tuna, dan salmon).

Di samping makanan laut, daging sapi, susu, daging ayam, dan telur juga dikenal memiliki kadar vitamin B12 yang tinggi.

5. Sajian Kaya Folat

makanan sehat untuk penderita darah rendah

Salah satu makanan untuk penderita darah rendah adalah sajian kaya folat seperti brokoli - OkayDoc

Kandungan dalam makanan untuk penderita darah rendah berikutnya yang harus tercukupi adalah vitamin B9 atau lebih dikenal dengan nama asam folat. Vitamin ini memiliki efek yang sama seperti vitamin B12 dalam tubuh. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini dari telur, bayam, brokoli, asparagus, serta hati.

6. Batasi Makanan dari Karbohidrat Olahan

makanan untuk penderita darah rendah

Bagi penderita darah rendah pilihlah sumber energi dari karbihidrat kompleks seperti nasi merah - OkayDoc

Makanan dari karbohidrat olahan, seperti nasi putih, pasta, dan roti, dapat melewati sistem pencernaan dengan cepat menuju usus halus. Pergerakan yang cepat ini bisa memicu kondisi hipotensi postprandial, yang menjadikan tekanan darah turun 30 hingga 60 menit sehabis makan.

Kondisi ini diderita 1 dari 3 orang dewasa. Mencerna makanan termasuk proses yang cukup kompleks untuk tubuh, dan membutuhkan suplai darah ekstra menuju saluran cerna. Pada beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan turunnya tekanan darah di area tubuh lain.

Sebagai alternatif, pilihlah makanan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Contohnya, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Porsi makanmu juga berpengaruh. Porsi makan yang besar turut berpotensi memicu hipotensi postprandial karena tubuh membutuhkan banyak energi untuk mencernanya.

Untuk mencegah hal ini, makanlah dengan porsi lebih kecil. Tetapi agar kebutuhan kalori tetap tercukupi, frekuensi makanmu bisa lebih sering, sekitar 6 hingga 7 kali per hari.

Lakukan Juga Tips Berikut

lakukan juga tips berikut

Olahraga bisa kamu lakukan secara rutin untuk melancarkan peredaran darahmu - OkayDoc

Di samping memperhatikan makanan dan minuman, langkah-langkah sederhana di bawah ini mungkin bisa kamu coba dan terapkan guna mengurangi sekaligus mencegah gejala tekanan darah rendah.

  • Bergerak perlahan-lahan, terutama ketika kamu hendak bangkit dari posisi duduk, jongkok, atau berbaring. Ketika bangun tidur, duduklah sebentar sebelum kamu berdiri. Jika kamu ingin membungkuk, lakukanlah pelan-pelan.
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Selain menambah jumlah bantal yang digunakan, kamu juga bisa mengganjal 2 kaki ranjangmu pada bagian kepala.
  • Hindari berdiri atau duduk diam dalam waktu yang terlalu lama.
  • Berolahraga secara teratur. Langkah ini akan melancarkan aliran darahmu.
  • Batasi durasi mandi atau berendam dengan air panas. Bila hobi ini sulit dihilangkan, kamu bisa meletakkan kursi kecil yang anti-selip dalam kamar mandi agar kamu bisa cepat duduk ketika matamu berkunang-kunang.

Baca Juga: Berapa Batas Gula Darah Normal dan Bagaimana Cara Mempertahankannya?

Hipotensi dapat mengganggu aktivitas karena membuatmu lesu dan menurunkan konsentrasi. Untuk mengatasinya, konsumsilah minuman dan makanan sehat untuk penderita darah rendah di atas.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Mengolah Camilan Sehat agar Bisa Diet Seimbang
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Herba
Fakta Manfaat Kayu Manis untuk Diet Sebelum Ikut Mencoba
Maya Ligina
15 Nov 2017
Diet
Mungkinkah Ada Manfaat Jahe untuk Diet? Ini Jawabannya
Dedi Irawan
16 Dec 2017
Diet
Diet Golongan Darah B Lebih Rumit, Ini Alasannya
Dedi Irawan
02 Oct 2017
Herba
Konsumsi 12 Buah yang Mengandung Vitamin C agar Tetap Sehat
Annisa Trimirasti
10 Oct 2018
Psikologi
Semangat Belajar Menurun? Kembalikan dengan 5 Cara Jitu Ini!
Annisa Trimirasti
12 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...