• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Catat 10 Makanan Penyubur Kandungan Ini agar Cepat Hamil

Diverifikasi oleh dr. Bayu Adiputro

Ketika seorang wanita menghendaki kehamilan, banyak hal yang akan dia lakukan. Salah satunya mengonsumsi makanan penyubur kandungan. Meski sejatinya mendapatkan buah hati tidak bisa dengan jalan pintas, namun mengonsumsi hal tersebut layak dicoba.

Seorang wanita yang menginginkan kesuburan optimal harus mengonsumsi makanan dengan pola yang sama dan bergizi seimbang. Adapun makanan yang sebaiknya dihindari atau dikurangi adalah yang bersifat junk food atau makanan cepat saji.

Makanan Penyubur Kandungan Berdasarkan Fase pada Wanita

makanan penyubur kandungan

Pahami siklus hormon kamu untuk menentukkan makanan penyubur kandungan yang tepat dikonsumsi - OkayDoc

Kenapa makanan tertentu mungkin diperlukan? Hal tersebut bisa terjadi karena setiap wanita memiliki keistimewaan tersendiri.

Tubuh perempuan melewati suatu siklus hormon dengan beberapa fase yang berbeda. Karena memiliki beragam fase, mungkin saja makanan yang satu tidak cocok untuk fase tertentu.

  • Fase Menstruasi (Fase Haid)

Ketika wanita menjalani fase menstruasi, banyaknya darah yang keluar kemungkinan akan mengurangi jumlah zat besi dalam tubuh. Saat-saat seperti ini adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan yang kaya zat besi.

  • Fase Folikular

Fase selanjutnya adalah folikular yang terjadi pada hari pertama periode menstruasi hingga tahap ovulasi terjadi. Selama fase ini, tubuh akan mulai membentuk folikel dan kadar estrogen mengalami peningkatan.

Untuk mendukung masa ini, konsumsi sayuran yang mengandung fitonutrien sangat dianjurkan.

  • Ovulasi

Fase selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah fase ovulasi. Saat menjalani fase ini, sebaiknya wanita banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, seng, omega-3, dan vitamin C guna mendukung pelepasan sel telur dan mendorong terjadinya pembuahan

  • Fase Luteal

Fase selanjutnya adalah luteal yaitu saat ovulasi terjadi hingga hari pertama menstruasi. Untuk mendukung hal ini, makanan yang mengandung betakaroten disarankan untuk dikonsumsi.

Senyawa tersebut berguna untuk membantu menjaga hormon tetap seimbang. Sayuran berwarna hijau, kuning, dan oranye umumnya kaya akan betakaroten

Baca Juga: Berikan Makanan Penyubur Sperma Ini kepada Pasanganmu

Ini Dia Rekomendasi Makanan Penyubur Kandungan

daftar makanan penyubur kandungan

Konsumsi protein nabati yang cukup membantu menjaga kesuburan kandungan - OkayDoc

Untuk menunjang kesuburanmu, beberapa makanan di bawah ini bisa dijadikan pilihan:

Kacang-kacangan

Berdasarkan penelitian, protein yang baik dikonsumsi oleh wanita adalah protein nabati. Dengan mengonsumsi protein nabati yang cukup, mereka cenderung lebih mudah mendapatkan kehamilan. Jenis makanan dengan kandungan protein nabati tinggi meliputi kacang polong, tahu, edamame, dan kacang tanah.

Susu Murni

Makanan lain yang dianggap bisa menyuburkan kandungan adalah susu murni dan produk turunannya seperti es krim. Cukup mengonsumsi satu atau dua porsi minuman ini maka kesuburan pada wanita bisa terlindungi.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga penting dalam menyuburkan kandungan. Sayuran yang termasuk jenis ini adalah bayam dan brokoli. Bukan cuma wanita, lelaki yang rajin konsumsi sayuran ini juga akan memiliki sperma yang sehat.

telurmentah-OkayDoc.jpg

Konsumsi telur dapat membuatmu cepat punya momongan - OkayDoc

Daging Tanpa Lemak

Zat besi merupakan mineral penting bagi dirimu yang ingin hamil. Penelitian juga mendukung penyataan tersebut. Daging tanpa lemak, seperti pada ayam dan sapi, merupakan pilihan sajian tinggi kandungan zat besi.

Meski begitu, tetap konsumsi dalam jumlah wajar. Terlalu banyak asupan protein hewani justru bisa menurunkan tingkat kesuburan wanita. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba sumber protein nabati, seperti tahu dan biji-bijian.

Telur

Telur utuh termasuk makanan penyubur kandungan berkat kekayaan vitamin dan mineralnya. Selain itu, telur juga mengandung kolin, salah satu bentuk asam amino yang baik untuk folikel ovarium (kantung penyimpanan sel telur yang belum matang)

Manfaat konsumsi kolin bahkan tidak berhenti sampai membantumu hamil, namun juga baik untuk janin. Pasalnya, kolin dapat membantu perkembangan otak serta mencegah cacat lahir pada tabung saraf.

Minyak Zaitun

Minyak yang kamu gunakan dalam santapan, baik untuk memasak ataupun tambahan bumbu, juga perlu diperhatikan. Kamu sebaiknya mengonsumsi minyak sehat seperti minyak zaitun, yang tersusun dari lemak tunggal tak jenuh.

Minyak ini pun dikenal baik untuk ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur), proses pertemuan sel telur dan sperma, hingga perkembangan embrio. Semua ini berkat manfaatnya yang dapat mengurangi potensi inflamasi dalam tubuh.

ubijlalar-OkayDoc.jpg

Ubi jalar termasuk makanan yang membuatmu lebih subur - OkayDoc

Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan vitamin yang mendukung kesuburanmu. Sajian lezat ini juga disebut membantu senyawa pemicu ovulasi sehingga kamu lebih mungkin hamil.

Bahkan, beberapa pakar percaya bila kamu kerap mengonsumsi ubi jalar yang tumbuh liar, kamu lebih mungkin hamil kembar. Meski begitu, pernyataan ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Biji Labu

Sebagaimana disinggung sebelumnya, wanita membutuhkan asupan zat besi yang cukup demi mendukung kesuburan mereka. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kuaci yang berasal dari biji labu bisa dijadikan pilihan.

Roti Gandum

Karbohidrat kompleks bisa membantu tubuh untuk menjaga stabilitas kadar gula darah dan insulin. Untuk mendapatkan tujuan tersebut, roti yang terbuat dari gandum bisa dijadikan pilihan.

salmon-OkayDoc-500364.jpg

Bila ingin cepat hamil, kamu bisa mengonsumsi salmon - OkayDoc

Salmon

Salah satu sumber omega-3 yang baik adalah salmon. Selain berfungsi sebagai pengatur hormon, omega-3 juga penting guna meningkatkan aliran darah menuju organ reproduksi.

Baca Juga : Lendir Masa Subur Membantu Kamu Lebih Mudah Merencanakan Kehamilan

Makanan penyubur kandungan di atas akan berfungsi dengan baik jika diiringi gaya hidup sehat. Olahraga yang teratur, cukup tidur, kelola stres dengan baik, adalah beberapa gaya hidup yang sebaiknya diperbaiki. Jangan lupa juga untuk mengurangi atau bahkan menjauhi alkohol dan tembakau ya.

Diverifikasi oleh dr. Bayu Adiputro
Komentar
Artikel Terkait
Organ Reproduksi
10 Aug 2018
Coba Makanan Penyubur Sperma agar Lekas Miliki Momongan
Veronica
Diet Ibu Hamil
08 Jul 2018
9 Makanan Penguat Kandungan untuk Janin Sehat
Vivi Hermin
Pasangan
10 Jul 2017
Sederet Tips Bercinta agar Cepat Hamil yang Wajib Dicoba Tiap Pasangan
Dedi Irawan
Kesehatan Kandungan
17 Jul 2018
Wajarkah Perdarahan Saat Hamil Muda? Ini 6 Penyebabnya!
Diah Ayu Lestari
Kesehatan Bayi
04 Dec 2017
Catat! Makanan Sehat Untuk Bayi yang Wajib Untuk Dikonsumsi
Vivi Hermin
Diet Ibu Hamil
22 Dec 2017
Perlu Dicatat, Makanan Ibu Hamil 2 Bulan Ini Sesuai Kebutuhan Nutrisimu!
Veronica
Memuat...
Konsultasi
Memuat...