• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Risiko kemunculan kanker usus dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu faktor pemicu yang sering dikaitkan adalah pola makan. Jadi, ada baiknya kamu mencermati jenis makanan penyebab kanker usus untuk menurunkan risikonya!

Kanker usus atau kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang menyerang area usus besar dan rektum. Kanker ini umumnya terjadi pada kalangan lanjut usia. Namun selain faktor usia, pola makan yang buruk juga bisa berpengaruh pada risiko kemunculannya.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis makanan yang sebaiknya dibatasi sekaligus cara mencegah kanker usus!

Hindari Makanan Jenis Ini

makanan-penyebab-kanker-usus-olahan-daging-okaydoc.jpg

Terlalu banyak mengonsumsi daging olahan seperti sosis berpotensi meningkatkan risiko kanker usus - OkayDoc

Selama ini, daging diketahui sebagai makanan tinggi protein yang bermanfaat bagi tubuh. Namun terlalu banyak mengonsumsinya ternyata dapat membahayakan kesehatan, apalagi jika konsumsi serat, buah, dan sayur yang minim.

Salah satu bahaya yang dapat muncul adalah meningkatnya risiko kanker usus. Risiko ini bahkan dikatakan bisa meningkat sebanyak 12 hingga 17 persen ketika seseorang menambah konsumsi daging merah sebanyak sekitar 100 gram tiap hari.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), daging merah yang dimaksud meliputi daging yang berasal dari hewan mamalia. Contohnya, sapi, kambing, domba, babi, dan banyak lagi. Ini juga berlaku untuk organ dalamnya atau yang biasa dikenal dengan istilah jeroan.

makanan-penyebab-kanker-usus-daging-bakar-okaydoc.jpg

Daging yang dimasak dalam suhu tinggi, seperti dibakar, juga dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker - OkayDoc

Risiko kanker usus juga bisa datang dari cara memasak daging merah. Mengolahnya pada suhu yang tinggi, seperti menggoreng atau membakar, diduga berpotensi menciptakan zat-zat kimia yang dapat mempertinggi risiko kanker.

Selain daging merah dan jeroan, makanan olahan juga sebaiknya kamu hindari. Contohnya, sosis, daging kalengan, dan daging asap.

WHO telah mengelompokkan makanan tersebut dalam golongan makanan karsinogenik bagi manusia. Istilah karsinogenik berarti memiliki sifat yang dapat memicu kanker.

Baca Juga: Cara Membersihkan Usus Besar dengan Alami

Cegah Kanker Usus Sebelum Terlambat

makanan-penyebab-kanker-usus-berhenti-merokok-okaydoc.jpg

Orang yang aktif merokok dalam waktu lama cenderung memiliki risiko kanker usus yang lebih tinggi - OkayDoc

Di samping mengurangi konsumsi daging merah, terdapat sejumlah cara lain yang dapat mendukung pencegahan terhadap kanker usus. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang, misalnya menambah konsumsi makanan berserat (seperti, sayur, buah, dan gandum utuh).
  • Berolahraga secara rutin karena pola hidup sedenter (jarang bergerak) dapat meningkatkan risiko kanker usus.
  • Menjaga berat badan agar tetap pada batas yang ideal. Pasalnya, kelebihan berat badan atau obesitas berpotensi memberikan risiko lebih tinggi untuk terkena kanker usus.
  • Stop merokok. Orang yang aktif merokok dalam waktu lama cenderung memiliki risiko kanker usus yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Lagi pula, merokok juga dapat merusak kesehatan secara keseluruhan.
  • Menghindari konsumsi minuman beralkohol. Jika dilakukan secara berlebihan, kesehatanmu akan terancam. Termasuk meningkatnya risiko kemunculan kanker usus.

Baca Juga: Benarkah Ada Makanan Penyebab Usus Buntu? Ini Faktanya!

Pola makan termasuk salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada risiko kemunculan kanker usus. Jadi, terapkan kebiasaan makan seimbang sejak sekarang. Misalnya dengan membatasi konsumsi makanan penyebab kanker usus (seperti daging merah dan makanan olahan), serta memperbanyak konsumsi serat.

Berolahraga secara rutin dan tidak merokok juga sebaiknya dilakukan untuk mencegah kanker ini. Jangan lupa pula untuk berkonsultasi dan memeriksa kesehatan secara berkala ke dokter agar kondisimu senantiasa terpantau. Dengan lebih cermat dalam mengatur gaya hidup, kesehatanmu niscaya lebih terjaga.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Resep
Ini Alasan Penting Untuk Mengurangi Konsumsi Keripik Kentang
Cici Fakhrunnisa
14 Sep 2017
Fungsi Organ
Gejala Kanker Usus Benarkah Diawali BAB yang Tak Tuntas?
Dedi Irawan
14 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Pahami Penyebab BAB Berlendir dan Cara Mengatasinya
Annisa Trimirasti
04 May 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenal 5 Jenis Kanker yang Paling Sering Terjadi
Annisa Trimirasti
11 Aug 2018
Diet
9 Cara Mengecilkan Pinggang agar Tubuh Kembali Ideal
Rabbani Haddawi
07 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...