• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Memperhatikan asupan nutrisi memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terlebih lagi jika Bunda sedang hamil. Penting bagi Bunda untuk mengetahui apa saja makanan ibu hamil yang tepat dan aman dikonsumsi demi perkembangan janin yang sehat.

Sebelum mengetahui apa saja makanan sehat untuk ibu hamil, hal yang perlu Bunda ketahui adalah ibu hamil belum memerlukan kalori tambahan pada trimester pertama. Yang perlu Bunda perhatikan adalah tubuh Bunda akan membutuhkan lebih banyak zat besi, asam folat, protein, dan vitamin.

Jenis Makanan Ibu Hamil yang Sehat

makanan-sehat-ibu-hamil-OkayDoc.jpg

Asam folat, kalsium, dan zat besi sangat baik untuk kamu dan janin - OkayDoc

Selama masa kehamilan, Bunda tentu perlu mengonsumsi berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Asupan nutrisi seperti asam folat, zat besi, dan kalsium adalah beberapa contohnya.

Permasalahan terjadi jika pola makan yang tidak sehat dan kekurangan nutrisi terlanjur dialami oleh Bunda. Dampak buruk tak hanya terjadi pada tubuh Bunda tetapi juga pada perkembangan janin.

Untuk menghindari kasus tersebut, cobalah lebih bijak dalam memilih makanan sehat serta penuh gizi selama masa awal kehamilan. Berikut rinciannya:

1. Produk Olahan Susu

Selama masa kehamilan, tubuh Bunda membutuhkan kalsium sekitar 1.300 mg per hari. Oleh karena itu, produk olahan susu seperti keju, susu, dan yoghurt termasuk makanan ibu hamil yang tidak boleh Bunda lewatkan.

Agar lebih sehat, Bunda disarankan untuk memilih produk susu yang rendah lemak. Contohnya, keju rendah lemak, yoghurt rendah gula, susu rendah lemak, atau susu skim.

2. Makanan Tinggi Asam Folat

Salah satu kandungan dalam makanan ibu hamil yang tidak boleh terlewatkan adalah asam folat. Pasalnya, zat ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf janin, mencegah cacat saraf tulang belakang, cacat otak, dan cacat tabung saraf.

Adapun makanan yang mengandung asam folat meliputi bayam, kacang tanah yang dimasak, brokoli, blewah, telur, dan asparagus.

3. Makanan Tinggi Zat Besi

Selain asam folat, Bunda juga membutuhkan makanan tinggi zat besi guna membantu pertumbuhan janin. Mulai dari pertumbuhan sel, DNA beserta fungsinya, dan membantu tubuh menyalurkan oksigen dari dalam darah Bunda ke janin.

Beberapa contoh makanan kaya zat besi adalah susu, kacang, keju cheddar, daging sapi, kacang mete, dan kacang merah.

4. Makanan Kaya Akan Serat

Saat hamil, Bunda pun memerlukan makanan yang kaya akan serat. Meningkatnya hormon progresteron ketika hamil, akan membuat pencernaan Bunda lebih rileks. Akibatnya, Bunda akan lebih mungkin mengalami konstipasi.

Oleh karena itu, Bunda butuh makanan berserat dalam menjaga kesehatan pencernaan sekaligus membuat Bunda kenyang lebih lama dan terhindar dari camilan tidak sehat.

Contoh makanan berserat yang bisa menjadi pilihan Bunda, antara lain sereal, kacang-kacangan, nasi, pasta, buah-buahan-sayuran, dan roti yang terbuat dari biji-bijian utuh.

5. Makanan yang Mengandung Iodium

Guna membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi dalam kandungan, Bunda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung iodium. Misalnya, produk olahan susu (keju, susu, yogurt), udang, ikan salmon, dan ikan kod.

Selain beberapa makanan di atas, suplemen turut dibutuhkan selama Bunda mengandung. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Bunda. Suplemen seperti vitamin D dan asam folat merupakan jenis vitamin yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Contoh Menu Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

makanan ibu hamil trimester pertama

Bubur quinoa dapat dikonsumsi sebagai makanan ibu hamil trimester pertama - OkayDoc

Setelah mengetahui berbagai jenis makanan yang penting dikonsumsi pada usia kehamilan 1-3 bulan, saatnya Bunda mengetahui resep makanan yang cocok. Contoh-contoh di bawah ini dapat menjadi pertimbangan Bunda saat memasak nanti:

1. Bubur Quinoa

Quinoa adalah salah satu biji-bijian yang kaya akan asam folat. Senyawa ini penting sekali dalam perkembangan bayi. Untuk itu, masukkan menu bubur quinoa ke dalam menu makanan selama hamil yang Bunda jalani.

Cara membuatnya cukup mudah, cuci bubuk quinoa terlebih dahulu dengan air. Lalu, ganti airnya dan rebus ½ cangkir quinoa bersama 1 cangkir air (perbandingan 1:2). Didihkan dengan api kecil selama 10 menit.

Setelah cukup matang, tambahkan satu gelas susu, ½ sendok teh bubuk kayu manis, 2 buah apel yang telah dipotong dadu. Masak lagi selama 5 menit, sampai bubur terlihat mengental (creamy).

2. Capcay Ayam dan Sayur

Untuk sayuran, Bunda bisa membuat capcay ayam yang mengandung berbagai jenis sayuran sehat seperti wortel, brokoli, jagung, dan kacang kapri. Sebaiknya saat membuat capcay, hindari penggunaan penyedap rasa (MSG) dan garam yang berlebihan.

3. Ayam Panggang

Untuk menu daging, Bunda dapat mencoba konsumsi ayam panggang dengan kentang dan sayuran seperti wortel, kacang polong, dan asparagus. Sesekali, Bunda juga dapat mengganti resep daging panggang ini dengan daging sapi. Ingatlah untuk memastikan tingkat kematangannya sudah benar-benar matang ya.

4. Semangkuk Salad Buah

Selain menu sayuran, Bunda juga dapat mengonsumsi semangkuk salad buah yang terdiri dari apel, pepaya, melon, mangga, dan tomat.

5. Smoothie

Untuk minuman segar, Bunda bisa mencoba membuat resep smoothie dari buah pisang dan stroberi. Tambahkan juga gandum, oat, dan madu ke dalam smoothie tersebut.

Tak hanya tinggi kandungan kalium, mengonsumsi smoothie tersebut sebagai sarapan pagi dapat membantu Bunda mendapatkan asupan serat yang cukup.

Baca Juga: Vitamin yang harus Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Kenali Juga Makanan yang Kamu Harus Hindari Selama Hamil

makanan-ibu-hamil-yang-dilarang-OkayDoc.jpg

Tiram dan makanan bermerkuri lainnya sangat berbahaya untuk janin - OkayDoc

Selain mencatat baik-baik deretan makanan ibu hamil untuk trimester pertama. Bunda juga perlu mengingat dengan benar apa saja jenis makanan yang harus dihindari. Kalau tidak, kesehatan janinmu bisa menjadi taruhannya.

Makanan dan minuman yang perlu Bunda hindari selama kehamilan adalah minuman berkafein, beralkohol, makanan tinggi lemak, ikan tinggi merkuri (makarel, ikan hiu, ikan todak), tiram, ikan mentah, dan suplemen vitamin A. Menghindari konsumsi vitamin A merupakan hal yang penting karena konsumsi vitamin ini justru dapat membahayakan pertumbuhan janin.

Baca Juga : Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Kedua Ini Nikmat dan Kaya Manfaat

Menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan merupakan tanggung jawab Bunda. Jadi ingatlah baik-baik apa saja makanan ibu hamil yang harus masuk dalam menu harian Bunda dan apa saja yang wajib Bunda hindari.

Meski Bunda merasa sangat mual di awal masa kehamilan, pastikan Bunda untuk tetap makan. Bunda bisa menyiasatinya dengan makanan dalam jumlah kecil, tapi sering.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet Ibu Hamil
8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Kedua yang Patut Dicoba
Dedi Irawan
08 Aug 2017
Kesehatan Ibu
Pahami Cara Mengatasi Mual Saat Hamil
Maya Ligina
23 Oct 2017
Kesehatan Kandungan
Persiapkan Kelahiran si Kecil, Ini 5 Tips Melahirkan Normal
Veronica
30 Aug 2017
Kesehatan Kandungan
Pantangan Ibu Hamil Muda untuk Janin yang Sehat
Tsalis Annisa
19 Oct 2017
Diet
Santap 5 Buah Tinggi Antioksidan Ini demi Tubuh Lebih Sehat
Annisa Trimirasti
11 Aug 2018
Diet
8 Makanan Pengganti Nasi untuk Tubuh Lebih Sehat
Eka Aulia
08 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...