• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Ada banyak cara dalam mengetahui masa subur wanita. Salah satunya adalah dengan melihat cairan sekresi atau cairan hasil proses kimiawi tubuh. Cairan itu berupa lendir dan kerap disebut sebagai lendir masa subur.

Lendir ini muncul dari dalam mulut rahim. Perbedaan dan perubahan lendir ini bisa memberi petunjuk sebagai masa subur. Terlebih, adanya lendir penanda masa subur ini terbentuk setelah ovulasi. Dengan demikian, kamu bisa lebih terbantu dalam merencanakan kehamilan.

Apa Fungsi Lendir Masa Subur?

lendir masa subur OkayDoc

Meski terasa mengganggu, lendir selama masa subur memiliki fungsi tersendiri bagi sistem reproduksi - OkayDoc

Jangan merasa tidak nyaman dengan adanya lendir masa subur. Lendir ini justru baik bagi tubuh. Mulut rahim memiliki celah-celah. Di dalam celah-celah inilah lendir terbentuk kemudian dilepaskan. Lendir ini justru melindungi rahim atau sistem reproduksi dari benda asing.

Sebagai contoh, sperma yang masuk harus berenang melalui mulut rahim dan lendir. Lendir ini melindungi mulut rahim secara kimiawi. Sel darah putih akan melawan benda asing dan menutup serviks. Begitu juga jika ada benda asing lainnya.

Di satu sisi, lendir ini adalah pelindung, dan di sisi lain, jika kamu menginginkan kehamilan, sel sperma harus lebih berjuang keras untuk sampai pada rahim dan membuahi sel telur.

Lendir yang menghalangi sperma masuk ke rahim terjadi ketika kamu tidak sedang dalam masa subur. Karena itulah pada masa ini kemungkinan terjadinya kehamilan menjadi lebih kecil.

Sebaliknya, pada saat memasuki masa subur, lendir akan melindungi sperma dan membantu sperma masuk ke rahim untuk kemudian menjangkau sel telur di dalam rahim.

Bagaimana Ciri-Ciri Lendir Masa Subur?

lendir masa subur wanita

Kenali ciri-ciri lendir di masa subur agar rencana kehamilan berjalan lancar - OkayDoc

Jenis lendir di masa ini bisa diketahui dari teksturnya. Berbeda masa, berbeda pula tekstur lendir tersebut. Sebagai panduan, kamu bisa membedakan lendir masa subur atau bukan, dengan memahami ciri-cirinya berikut ini:

  • Masa sebelum ovulasi. Pada masa ini bagian mulut rahim kering, tidak ada lendir yang diproduksi.
  • Masa subur. Pada masa ini terbentuk lendir yang lengket dengan warna krem. Tekstur lendir agak tebal dan bila diregangkan akan mudah terpisah.
  • Masa sangat subur. Pada masa ini lendir terbentuk semakin banyak, licin, dan benar-benar basah. Teksturnya tipis dan bening seperti putih telur.
  • Setelah masa subur. Pada masa ini kemungkinan lendir masih ada, tetapi jumlahnya menurun. Lendir terasa lengket atau kering. Teksturnya agak tebal atau kental, dengan warna putih yang buram.

Sayangnya mendeteksi masa subur dengan cara memeriksa ini tidak semudah itu. Kadang-kadang lendir yang terbentuk tidak mudah terbaca ciri-cirinya.

Hal ini bisa juga dipengaruhi obat-obatan tertentu yang kamu konsumsi. Ada obat tertentu yang bisa memengaruhi tekstur lendir, sehingga bentuk dan jumlahnya bisa tidak sesuai dengan ciri-ciri lendir masa subur yang seharusnya.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? Ini Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Cara Mendeteksi Adanya Lendir Masa Subur

cara mendeteksi lendir masa subur

Selain menggunakan alat deteksi kesuburan, kamu juga bisa mengeceknya sendiri - OkayDoc

Kamu bisa mendeteksi sendiri keberadaan lendir ini untuk melihat jenis lendirnya dan kemudian mengetahui masa subur.

Caranya, cuci tanganmu terlebih dahulu. Lalu, masukkan satu jari (jari telunjuk) atau dua jari (telunjuk dan jari tengah) ke dalam vagina. Lakukan dengan lembut dan perlahan. Kamu bisa melihat lendir tersebut.

Jika pada saat dipegang lendir mudah terpisah, berarti kamu sedang dalam masa sebelum atau sesudah masa subur. Sementara, jika lendir lentur, dapat ditarik sepanjang satu cm tanpa terputus atau pecah, berarti kamu sedang berada pada masa subur.

Jika kamu kesulitan dalam meraih lendir di dalam sana, lakukan dengan posisi berbaring dengan kaki ditekuk. Bisa juga kamu berdiri dengan satu kaki bertumpu di atas tempat tidur atau kursi.

Kadang-kadang kamu tidak perlu memasukkan jari untuk mendapatkan lendir, karena lendir kerap kali sudah ada di pakaian dalam. Kamu tinggal mendeteksi warna, tekstur, dan jumlahnya.

Buat kamu yang sedang merencanakan kehamilan dan tidak ingin masa subur terlewat, disarankan untuk memeriksa kondisi ini setiap hari. Lakukan hal ini sebelum melakukan hubungan intim.

Baca Juga: Ketahui Waktu Ideal Untuk Berhubungan Intim

Tidak semua wanita mengalami lendir masa subur yang sama, baik dalam bentuk, jumlah, maupun masanya. Tapi, jangan khawatir. Tidak mengalami produksi lendir masa subur bukan berarti kamu tidak normal. Hanya, kamu tidak bisa mendeteksi masa subur melalui lendir yang ada.

Jika ini terjadi, berarti kamu harus mendeteksi masa subur dengan cara lain.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Olahraga Kehamilan
Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Menggembirakan
Dedi Irawan
14 Jul 2017
Diet Ibu Hamil
8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Kedua yang Patut Dicoba
Dedi Irawan
08 Aug 2017
Organ Reproduksi
Cara Mengentalkan Sperma Encer, Buat Kamu Percaya Diri
Maya Ligina
17 Jan 2018
Organ Reproduksi
Cara Mengatasi Bisul di Kemaluan Pada Wanita
Vivi Hermin
17 Dec 2017
Dewasa
Pahami Cara Cepat Hamil Setelah Menikah yang Benar Berikut Ini
Vivi Hermin
05 Dec 2017
Dewasa
Pilih Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Tepat Untukmu
Annisa Trimirasti
15 Aug 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...