• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Kulit tangan yang mengelupas mungkin pernah kamu alami akibat terlalu sering mencuci atau terkena paparan bahan kimia. Kondisi ini juga bisa disertai beragam gejala lain dan rasa tak nyaman pada tangan seperti iritasi, gatal, radang, dan kering.

Kulit mengelupas terjadi karena terkikisnya epidermis (lapisan kulit terluar). Kondisi ini dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya. Oleh karena itu, berikut beragam penyebab di balik kulit tangan mengelupas yang perlu kamu ketahui.

1. Kulit Kering

kulit kering OkayDoc

Kulit kering dapat menjadi penyebab kulit tangan mengelupas - OkayDoc

Kondisi kulit yang kering, baik akibat iritan maupun genetik bisa menjadi penyebab kulit tangan mengelupas.

Hindari mandi atau berendam terlalu lama di air panas, karena dapat melarutkan lapisan pelindung alami di permukaan kulitmu. Tak lupa, oleskan pelembap setiap hari untuk mencegah gejala ini muncul.

2. Terlalu Sering Mencuci Tangan

penyebab kulit tangan mengelupas OkayDoc

Kebiasaan terlalu sering mencuci tangan bisa membuat kulit tanganmu mengelupas - OkayDoc

Terlalu sering mencuci tangan, terutama dengan air panas, bisa menyebabkan kulit kering dan mengelupas terutama pada bagian jari. Penggunaan sabun saat mencuci tangan juga mendorong pengelupasan kulit karena rusaknya lapisan lemak alami di permukaan kulit.

Menipisnya lapisan pelindung kulit menyebabkannya lebih sulit menyimpan air dan menjadi kering. Kondisi ini juga menjadikan bahan kimia dalam sabun mudah terserap ke lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga memicu iritasi dan pengelupasan.

Oleh karena itu, cukup mencuci tangan secukupnya saja dan gunakan pelembap setelahnya.

3. Menggunakan Produk dengan Kandungan Bahan Kimia yang Keras

kulit tangan mengelupas karena bahan kimia yang keras OkayDoc

Beberapa bahan dalam produk pembersih bisa menyebabkan kulit mengelupas - OkayDoc

Bahan kimia tertentu mungkin ditambahkan pada beragam produk pembersih seperti sabun, sampo, dan lainnya. Bahan kimia ini bisa menyebabkan kulit iritasi, kering, dan mengelupas.

Bahan kimia tersebut umumnya adalah jenis pewangi dan pengawet seperti formaldehida, isithiazolinones, dan cocamidopropyl betaine. Tidak semua orang akan teriritasi oleh bahan-bahan ini.

Bila kulitmu bereaksi dengan penggunaan bahan-bahan tersebut, sebaiknya hindari produk pembersih yang mengandungnya. Pilihlah produk khusus kulit sensitif yang umumnya bebas pewangi dan iritan lain. Gunakan alat pelindung diri jika penggunaan zat-zat tersebut tidak dapat dihindari.

4. Kulit Iritasi Akibat Paparan Sinar Matahari

kulit iritasi karena paparan sinar matahari OkayDoc

Paparan matahari dapat menyebabkan kulit merah dan mengelupas - OkayDoc

Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama bisa menjadikan kulit memerah, terasa panas, hingga nyeri saat disentuh. Beberapa hari setelahnya, kulit bahkan bisa mengelupas.

Proses penyembuhan kondisi tersebut dapat memakan waktu beberapa hari hingga 1 minggu. Menempelkan kompres dingin, mengoleskan aloe vera atau pelembap lain bisa membantu proses penyembuhan.

Bila terasa sangat sakit, obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol bisa kamu konsumsi.

5. Cuaca

kulit tangan mengelupas OkayDoc

Cuaca yang terlalu kering berisiko meningkatkan pengelupasan kulit - OkayDoc

Cuaca yang terlalu kering bisa menyebabkan kulit mengelupas dan pecah-pecah. Cegah hal tersebut dengan rajin mengoleskan pelembap, melindungi kulit terpapar udara luar dengan pakaian yang sesuai, dan menghindari mandi atau berendam di air panas.

6. Kebiasaan Mengisap Jari

kulit tangan yang mengelupas OkayDoc

Terlalu sering menghisap jari tangan bisa menyebabkan kulit jari mengelupas - OkayDoc

Beberapa anak balita mungkin sering mengisap jari mereka. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kulit pada jari-jari tangan mengelupas.

Meski kebiasaan ini mungkin akan menghilang seiring dengan bertambahnya usia, larangan dari orang tua tetap diperlukan untuk mencegah kulit menjadi mengelupas.

Baca Juga: Solusi Kulit Wajah Mengelupas yang Aman dan Mudah

7. Alergi

kulit tangan sering mengelupas OkayDoc

Bila terkena alergen, respon tubuh seperti kulit mengelupas bisa terjadi - OkayDoc

Tubuhmu mungkin sensitif atau alergi pada beberapa bahan tertentu. Misalnya saja, saat seseorang yang alergi nikel tanpa sengaja memakai perhiasan berbahan nikel. Hal ini tentu akan membuat tubuhnya memberikan reaksi.

Reaksi tersebut dapat berupa kulit gatal, bengkak, merah, ataupun mengelupas. Kondisi ini bisa menghilang dengan sendirinya ataupun dengan bantuan obat-obatan. Hindari sentuhan langsung dengan zat penyebab alergi sejak awal.

8. Eksim

kulit tangan mengelupas karena eksim OkayDoc

Beberapa penyakit kulit seperti eksim meningkatkan risiko kulit mengelupas - OkayDoc

Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena genetik ataupun dipicu oleh kontak dengan zat iritan. Karenanya, pekerja industri yang menggunakan banyak bahan kimia, seperti industri pembersih atau kesehatan, lebih rentan mengalaminya.

Saat eksim kambuh, penderita bisa mengalami iritasi kulit seperti kulit memerah, gatal, mengelupas, ataupun nyeri saat disentuh. Penggunaan pelembap dan sabun berbahan lembut dapat membantu mengatasi kondisi ini.

9. Psoriasis

kulit tangan mengelupas karena psoriasis OkayDoc

Tak hanya eksim, psoriasis juga memiliki efek kulit mengelupas - OkayDoc

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan bercak-bercak merah atau putih keabu-abuan yang meradang pada kulit. Bercak ini bisa muncul di seluruh tubuh meski biasanya terdapat pada jari tangan, lutut, siku, dan kulit kepala di dekat dahi.

Pengelupasan kulit juga bisa menjadi tanda psoriasis. Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa faktor seperti kelembapan, diet, ataupun stres. Penanganan gejala psoriasis dapat dilakukan dengan salep yang mengandung kortikosteroid atau asam salisilat. 

10. Penyakit Kawasaki

penyakit kawasaki bisa menyebabkan kulit tangan mengelupas OkayDoc

Meski langka, kulit mengelupas dapat menjadi gejala penyakit Kawasaki - OkayDoc

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit langka yang umumnya menyerang anak usia di bawah 5 tahun. Demam tinggi yang berlangsung selama lebih dari 5 hari hingga pengelupasan kulit pada jari-jari tangan dapat menjadi ciri penyakit ini.

Penanganan kondisi ini perlu dilakukan segera di rumah sakit. Pasalnya, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi pada jantung, hingga dapat beraktibat fatal.

11. Kekurangan atau Kelebihan Asupan Vitamin Tertentu

KulitTanganMengelupas-VitaminA-OkayDoc.jpg

Kulit tangan mengelupas juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B3 atau kelebihan vitamin A - OkayDoc

Terlalu sedikit atau berlebihan dalam mengonsumsi jenis vitamin tertentu bisa menyebabkan kulitmu mengelupas, termasuk pada bagian tangan. Contohnya pada kasus pellagra, yaitu kondisi kekurangan vitamin B3 (niacin).

Pellagra bisa memicu terjadinya eksem, diare, bahkan demensia. Kondisi ini umum disebabkan oleh pola makan yang buruk. Memperbanyak asupan niacin lewat konsumsi suplemen mungkin disarankan sebagai cara mengobati penyakit ini.

Selain itu, kelebihan konsumsi vitamin A juga bisa menyebabkan kulit tangan mengelupas dan kuku yang rapuh. Keadaan ini mungkin disertai dengan sakit kepala, kelelahan, juga mual. Kondisi ini memerlukan penanganan dari dokter.

12. Keratolisis Eksfoliatif

KulitTanganMengelupas-Keratolisis-OkayDoc.jpg

Keratolisis eksfoliatif bisa menjadi penyebab kulit tangan mengelupas - OkayDoc

Keratolisis eksfoliatif adalah salah satu gangguan pada kulit yang menyebabkannya mudah mengelupas. Kondisi ini lebih umum terjadi pada musim panas/kemarau, dan dialami oleh orang dewasa muda (awal usia 20-an).

Kondisi ini menyebabkan munculnya lepuhan berisi udara pada ujung-ujung jari tangan penderita. Lepuhan ini kemudian pecah dan menyisakan area kulit terkelupas. Bagian kulit yang terbuka selanjutnya akan menjadi kemerahan, kering, juga pecah-pecah namun umumnya tanpa rasa gatal.

Penyebab pasti kondisi ini belum diketahui. Meski begitu, peneliti menduga bahwa keadaan ini dapat menjadi lebih parah akibat paparan bahan tertentu yang dapat mengiritasi kulit, biasanya terkandung dalam sabun ataupun deterjen.

Maka dari itu, bila kamu mengalaminya, penting untuk memilih sabun ataupun alat pembersih lain yang terbuat dari bahan-bahan lembut dan rendah kandungan senyawa kimia buatan.

Baca Juga: Kelainan pada Kulit yang Tidak Dapat Disembuhkan

Kulit tangan mengelupas dapat diatasi bila kamu telah mengetahui penyebabnya. Kondisi ini dapat terjadi akibat banyak hal, mulai dari faktor lingkungan seperti cuaca, hingga penyakit tertentu seperti psoriasis.

Berbagai cara dapat membantu mengatasi kulit mengelupas, misalnya menjauh dari zat penyebab iritasi dan selalu mengoleskan pelembap. Bila cara-cara tersebut tidak membuahkan hasil, konsultasi dengan dokter secara langsung sangat disarankan.

Ingat, penanganan sedini mungkin memberikan hasil terbaik!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
8 Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Mengatasinya
Annisa Trimirasti
31 Jul 2018
Wajah
4 Cara Mengatasi Wajah Kering ini Membuatmu Anti Jelek
Maya Ligina
09 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
9 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Kamu Waspadai
Eka Aulia
01 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
8 Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Mengatasinya
Annisa Trimirasti
31 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
9 Jenis Penyakit Kulit yang Harus Kamu Waspadai
Eka Aulia
01 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
8 Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Mengatasinya
Annisa Trimirasti
31 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...