• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga merupakan salah satu cara dalam menerapkan pola hidup sehat. Namun sayangnya, melakukan beberapa kesalahan setelah olahraga justru dapat mengurangi manfaat yang mungkin kamu dapat.

Nah, agar aktivitas olahraga dapat memberikan hasil yang maksimal untuk tubuhmu, berikut adalah beberapa kebiasaan yang perlu kamu hindari. Mungkin kamu justru pernah melakukannya?

1. Menunda Makan Setelah Olahraga

kesalahan setelah olahraga

Menunda makan justru bisa membuat tubuh sulit mengembalikan energi tubuh yang hilang pasca berolahraga - OkayDoc

Banyak yang mengira jika makan setelah berolahraga dapat menyebabkan kenaikan pada berat badan. Padahal, menunda makan justru bisa membuat tubuh sulit mengembalikan energi tubuh yang hilang pasca berolahraga.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang tepat juga dapat memulihkan otot serta mengganti simpanan glukosa pada otot. Setidaknya, kamu bisa memberi jeda waktu sekitar 1 hingga 2 jam setelah sesi olahraga selesai untuk mengonsumsi makanan.

Usahakan kamu memilih makanan yang mengandung karbohidrat dan protein lengkap, seperti roti gandum, sayur, buah-buahan ataupun yoghurt.

2. Makan Secara Berlebihan Setelah Olahraga

kesalahan setelah berolahraga OkayDoc

Makan secara berlebihan setelah berolahraga dianggap dapat menghambat hilangnya lemak pada tubuh - OkayDoc

Menunda makan atau makan secara berlebihan setelah berolahraga dianggap dapat menghambat hilangnya lemak pada tubuh.

Pasalnya, makan terlalu banyak akan meningkatkan asupan kalori harian sehingga kalori yang digunakan untuk membakar lemak cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan yang dikonsumsi.

Ada baiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori dan lemak. Sebab, makanan tersebut lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh.

3. Kurang Mengonsumsi Air Mineral

kesalahan setelah berolahraga OkayDoc

Mengonsumsi air mineral yang cukup dianggap dapat membantu mencegah dehidrasi - OkayDoc

Tubuh mungkin akan kehilangan cairan selama berolahraga. Namun, cairan tubuh juga dapat hilang setelah berolahraga. Oleh karena itu, dibutuhkan mengonsumsi air mineral yang cukup guna membantu mencegah dehidrasi.

Apabila kamu berolahraga kurang dari satu jam, maka pastikan kamu mendapatkan asupan air sekitar 250 ml setiap sekitar 15 menit sekali. Namun, jika olahraga yang dilakukan cukup menguras tenaga, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi minuman isotonik.

Baca Juga: Hindari Trauma Otot dengan Tips Pemanasan Sebelum Olahraga!

4. Lupa Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga

kesalahan setelah berolahraga OkayDoc

Melewatkan bagian pendinginan dapat berpotensi meningkatkan rasa nyeri pada tubuhmu - OkayDoc

Setelah berolahraga, umumnya otot sudah mengalami kelelahan. Melewatkan bagian pendinginan dapat berpotensi meningkatkan rasa nyeri pada tubuhmu, terutama pada bagian otot.

Melakukan pendinginan tidak hanya mengurangi rasa nyeri tersebut, tapi juga membantu temperatur tubuhmu kembali normal. Coba lakukan pendinginan setidaknya, 5 hingga 10 menit setelah melakukan aktivitas fisik.

5. Tidak Melakukan Peregangan

kesalahan setelah olahraga

Peregangan merupakan hal penting untuk dilakukan setelah berolahraga yang bisa membantu otot menjadi lebih rileks - OkayDoc

Sama seperti melakukan pendinginan. Peregangan merupakan hal penting untuk dilakukan setelah berolahraga yang bisa membantu otot menjadi lebih rileks.

Melakukan tahap ini juga dapat menurunkan risiko cedera selama dan setelah berolahraga. Selain itu, peregangan juga membantu tubuh dalam menyesuaikan temperatur tubuh. Kamu bisa melakukan setidaknya sekitar 10 menit.

6. Tidak Cukup Beristirahat

kesalahan setelah berolahraga OkayDoc

Mendapatkan tidur yang cukup dapat membantu tubuhmu melakukan pemulihan setelah beraktivitas maupun olahraga - OkayDoc

Tahukah kamu, jika istirahat merupakan salah satu poin penting terlebih setelah berolahraga? Mendapatkan tidur yang cukup dapat membantu tubuhmu melakukan pemulihan setelah beraktivitas maupun olahraga.

Tidak memiliki cukup tidur bahkan sangat mungkin meningkatkan faktor risiko seseorang terkena obesitas, dan tentunya membuat tubuhmu lebih terasa lelah pada siang hari. Kamu tidak mau mengalami hal ini, kan?

Baca Juga: Begini Cara Olahraga Saat Berpuasa yang BenarĀ 

Mengetahui kesalahan setelah olahraga dapat menghindarimu mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari. Jangan sampai kebiasaan seperti mengonsumsi makanan secara berlebihan, tidak melakukan pendinginan atau bahkan kurang tidur justru membuat usaha yang kamu lakukan menjadi sia-sia.

Jadi, catat dan hindari beberapa kesalahan di atas, ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
Disebut Baik untuk Kulit, Ini Fakta Seputar Fungsi Vitamin E!
Annisa Trimirasti
28 Nov 2017
Kebugaran
3 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui
Laila Adila
11 Aug 2017
Kebugaran
5 Cara Merawat Tubuh Ini Bikin Hidupmu Sehat dan Bahagia
Diah Ayu Lestari
30 Jun 2018
Pengobatan
12 Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidur Kembali Lelap
Annisa Trimirasti
11 Oct 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...