• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut indah dan sehat? Hal ini mungkin jadi impian hampir semua orang. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bahwa banyak kebiasaan yang justru dapat merusak rambut.

Mengetahui beragam kebiasaan yang merusak rambut akan membuatmu lebih berhati-hati dalam memperlakukan mahkotamu, serta mendapatkan kembali rambut indah yang sehat dan kuat.

8 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Justru Merusak Rambutmu

kebiasaan yang merusak rambut

Terlalu sering menyisir apalagi saat rambut basah bisa menyebabkan rambut rusak - OkayDoc

Yuk simak ragam kebiasaan dalam perawatan rambut ini dan jangan mengulanginya lagi ya:

Terlalu Sering Menyisir

Menyisir rambut tentu dibutuhkan agar penampilanmu tetap rapi. Namun, bila terlalu sering, kebiasaan ini bisa memicu rambut bercabang, patah, juga rontok. Hal ini disebabkan rambut terlalu sering mengalami trauma akibat gesekan dengan sisir.

Menyisir Rambut Basah

Air bisa melemahkan rambut, sehingga berhati-hatilah pada segala sesuatu yang kamu lakukan saat rambut basah, termasuk mengeringkan dengan handuk dan menyisir

Kamu sebaiknya tidak melakukan apapun hingga rambutmu sudah hampir kering. Bila ingin mengeringkannya dengan handuk, lakukan dengan hati-hati, jangan digosok. Jika harus menyisir, gunakanlah sisir bergigi jarang.

kebiasaan yang merusak rambut

Kebiasaan yang merusak rambut termasuk mengeringkannya dengan udara panas - OkayDoc

Mengeringkan Rambut dengan Udara Panas

Mungkin banyak orang mengeringkan rambut dengan hairdryer yang disetel pada panas maksimal, atau menggunakan alat pelurus rambut (catokan) sehari-hari. Ternyata, kebiasaan ini bisa merusak rambut.

Pasalnya, panas mengubah ikatan hidrogen pada rambut, membuatnya lebih mudah patah, rapuh, dan kering. Cara terbaik mengeringkan rambut adalah menggunakan udara kering pada suhu ruang.

Bila kamu ingin mengeringkan rambut dengan cepat, pasang hairdryer pada suhu rendah dan gunakan paling tidak sekitar 15 cm dari rambutmu.

Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Sering mengikat rambut dan terlalu kencang dalam mengikat, mengepang, ataupun menggelung rambut bisa menjadikannya bercabang dan rontok, apalagi jika dilakukan saat basah, kondisi di mana rambut lebih mudah rusak.

Hal yang sama juga berlaku pada rambut sambungan (hair extension). Membiarkan rambut sambungan terlalu lama atau mencabutnya tanpa bantuan profesional bisa menyebabkan rambut rusak dan rapuh.

 kebiasaan yang merusak rambut

Terlalu sering mengikat rambut bisa merusaknya - OkayDoc

Terlalu Sering Keramas

Keramas perlu dilakukan setidaknya tiap dua hari sekali untuk menjaga kebersihan rambut. Namun, bila terlalu sering, lapisan minyak alami rambut bisa terkikis, yang menyisakan rambut kering dan kulit kepala gatal.

Selain itu, tidak perlu menggunakan terlalu banyak sampo. Tujuan keramas adalah mengangkat minyak berlebih pada rambut dan membersihkan kulit kepala, bukan menyabuni seluruh helai rambutmu.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Demi Rambut Anti Lepek!

Terlalu Sering Menggunakan Bahan Kimia Pada Rambut

Mengecat, meluruskan, ataupun mengeriting rambut perlu menggunakan bahan kimia. Oleh karena itu, jangan melakukannya terlalu sering karena bisa memicu rambut kusam, kering, dan mudah patah.

Kerusakan yang timbul bahkan bisa lebih buruk apabila kamu mengecat rambut permanen dengan bleaching. Teknik ini menghilangkan pigmen alami rambut. Selain itu, jangan mengupas cat permanen rambut ya. Perilaku ini bisa membuat kutikula terbuka sehingga rambut mudah rusak.

 kebiasaan yang merusak rambut

Tidak memakai topi renang saat berenang bisa memicu rambut rusak - OkayDoc

Membiarkan Rambut Terpapar Matahari dan Air Kolam Renang

Paparan sinar matahari terlalu lama bisa merusak rambut dan memudarkan warna cat rambut. Sedangkan senyawa klorin dalam air kolam renang bisa memicu rambut kering dan bercabang.

Oleh karena itu, hindari paparan langsung sinar matahari pada rambut, serta gunakan topi renang ketika berenang, ya.

Tidak Memotong Ujung Rambut Secara Teratur

Cara terbaik untuk menumbuhkan rambut panjang dan sehat adalah dengan memotongnya secara teratur. Jarang memotong rambut bisa membuatnya bercabang dan mudah patah.

Seberapa sering kamu perlu memotong rambut tergantung kebiasaanmu sehari-hari. Orang yang sering meluruskan atau mengeriting rambut perlu lebih sering memangkas ujung rambut dibanding mereka yang hanya mengeringkannya dengan hairdyer.

Selain ragam kebiasaan di atas, pola makanmu juga bisa berpengaruh pada kesehatan rambut. Misalnya saja, bila tubuh kekurangan zat besi, rambut lebih mudah mengalami kerontokan. Jadi, pastikan kamu menerapkan pola makan sehat dan seimbang ya.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut Keriting Kusut yang Membandel!

Beberapa kebiasaan yang merusak rambut mungkin pernah atau bahkan sering kamu lakukan, seperti menggosok rambut basah dengan handuk hingga tidak memakai topi renang. Setelah mengetahui hal tersebut, hindari melakukannya lagi, dan dapatkan kembali rambut indahmu.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Rambut
5 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Demi Rambut Anti Lepek!
Maya Ligina
12 Jan 2018
Rambut
6 Cara Merawat Rambut Keriting Kusut yang Membandel!
Annisa Trimirasti
29 Apr 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...