• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Jerawat dapat muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk payudara. Seperti jerawat pada umumnya, jerawat di payudara juga terbentuk akibat penumpukan minyak berlebih dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit.

Walaupun tidak berbahaya, sebagian orang mungkin akan merasa malu dan terganggu saat mendapati jerawat tumbuh di area tersebut. Yuk, kenali apa saja faktor yang dapat memicu kondisi ini dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa yang Memicu Timbulnya Jerawat?

jerawat di payudara penyebab jerawat okaydoc

Jerawat bisa timbul akibat kombinasi berbagai faktor - OkayDoc

Pembentukan jerawat diawali dengan penyumbatan pori-pori oleh minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Kelenjar ini betugas untuk memproduksi minyak pada kulit.

Jika pori-pori berukuran besar, kelenjar folikel umumnya masih dapat terkena oksidasi dari luar. Ini menyebabkan sumbatan akan tampak rata dan berwarna hitam dan membentuk komedo.

Namun apabila pori-porimu kecil, udara dari luar biasanya tidak dapat masuk dan mencapai kelenjar folikel. Inilah yang kemudian memicu bakteri lebih mudah berkembang dan jerawat akan tampak kemerahan dengan warna putih di bagian tengahnya.

Jerawat dapat bertambah parah bila terdapat kotoran, sel kulit mati, atau bakteri yang terperangkap di pori-pori. Pori-pori yang tersumbat dapat mengalami peradangan disertai pembengkakan. Pada kasus yang parah, jerawat bahkan dapat mengalami infeksi.

Baca Juga: 5 Macam-macam Jerawat dan Cara Penanganannya!

Jerawat tidak hanya dapat terjadi di wajah, tapi juga payudara. Beberapa faktor di bawah ini yang dapat memicu penumpukan minyak dan bakteri di area tersebut:

1. Faktor Genetik

Apabila orang tua atau saudara kandungmu rentan mengalami jerawat, besar juga kemungkinanmu untuk mengalami kondisi serupa.

2. Perubahan Kadar Hormon

Masa pubertas dan beberapa hari menjelang menstruasi adalah periode ketika tubuh mengalami perubahan kadar hormon. Salah satu dampaknya adalah kamu menjadi lebih rentan berjerawat.

3. Stres

Stres bukanlah penyebab langsung munculnya jerawat. Namun stres dapat memperparah kondisi jerawat, bahkan memengaruhi fungsi kelenjar sebasea sehingga memproduksi minyak secara berlebihan.

4. Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Ada beberapa jenis bahan pangan yang dapat memicu timbulnya jerawat. Jenis makanan ini umumnya mengandung protein dari produk susu, lemak jenuh, lemak trans, serta karbohidrat olahan.

jerawat di payudara berkeringat okaydoc

Tubuh yang berkeringat rentan mengalami jerawat - OkayDoc

5. Kurangnya Kebersihan Diri

Area payudara cenderung lebih berkeringat dibandingkan bagian tubuh lainnya. Sama seperti minyak, keringat juga dapat menyumbat pori-pori dan memicu pembentukan jerawat di payudara. Karenanya, kamu perlu menjaga kebersihan diri dengan mengganti pakaian dan bra yang telah basah oleh keringat.

6. Penggunaan Losion dan Krim

Pelembap kulit yang kental, losion mengandung parfum, serta jenis tabir surya tertentu dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan timbulnya jerawat.

7. Penggunaan Pakaian yang Tidak Tepat

Pakaian yang terlalu ketat akan membuat kulit tidak bisa ‘bernapas’. Sebagai akibatnya, jerawat mudah muncul. Bahan pakaian tertentu juga dapat mengiritasi kulit sehingga memperparah kondisi tersebut.

8. Jenis Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan kortikosteroid, pengobatan gangguan tiroid, dan jenis antibiotik tertentu dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat pada Payudara?

jerawat di payudara mandi okaydoc

Mandi akan menjaga payudaramu tetap bersih sehingga terhindar dari jerawat - OkayDoc

Kamu bisa mengatasi jerawat yang timbul di payudara melalui perubahan gaya hidup, cara alami, maupun menggunakan obat-obatan. Apa sajakah caranya?

  • Membersihkan area payudara menggunakan sabun yang lembut sebanyak 2 kali sehari.
  • Mandi setelah berolahraga atau banyak berkeringat guna mencegah penumpukan keringat.
  • Menghindari paparan sinar matahari di area payudara. Jika menggunakan tabir surya sebaiknya hindari yang berbahan dasar minyak.
  • Menjaga kebersihan rambut ketika sudah terasa kotor atau berminyak, khususnya jika kamu berambut panjang. Rambut kotor dan berminyak dapat ikut andil dalam munculnya jerawat.
  • Menggunakan produk yang mengandung tea tree oil, benzoyl peroxide, sulfur, resorcinol, atau asam salisilat.

Kamu juga dapat mencegah timbulnya jerawat dengan menghindari pemicunya. Misalnya dengan membatasi konsumsi makanan yang dapat menyebabkan jerawat, mengelola stres dengan baik, serta mengenakan pakaian yang longgar.

Baca Juga: Yuk, Intip 6 Tips Jitu Mengatasi Sekaligus Mencegah Jerawat

Jerawat di payudara bisa ditangani dengan cara yang sama seperti saat menangani jerawat di bagian tubuh lain. Biasanya, kondisi ini akan membaik setelah beberapa hari.

Namun waspadalah apabila jerawat tampak membengkak, terasa menyakitkan, berubah bentuk dengan cepat, atau disertai ruam dan kemerahan. Kamu sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter guna mengantisipasi kondisi lain yang lebih serius.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Jangan Sampai Keliru, Ini 4 Mitos dan Fakta Seputar TBC!
Annisa Trimirasti
20 Mar 2018
Pengobatan
Pahami 7 Cara Jitu Mengobati Radang Tenggorokan
Annisa Trimirasti
09 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Gejala dan Jenis Penyakit Thalasemia yang Perlu Kamu Waspadai
Nina Hertiwi
27 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
6 Kelainan pada Otot yang Perlu Kamu Waspadai
Vivi Hermin
30 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...