• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Ini Dia Gejala Kutil Kelamin yang Bisa Membunuhmu

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria

Gejala kutil kelamin mungkin tidak segera muncul meskipun kamu telah terinfeksi setelah beberapa minggu. Kutil yang menyebar melalui hubungan seksual ini kadang memang sulit terlihat dengan mata telanjang. Namun tetap penting bagimu untuk mengenali gejalanya.

Kutil yang mendiami bagian intim ini mungkin tidak menimbulkan rasa sakit, tapi tetap saja hal tersebut akan mengganggumu. Selain karena menginfeksi daerah yang sangat pribadi, ukuran dan rasa gatal yang ditimbulkannya seringkali membuat penderitanya tidak nyaman.

Gangguan ini umumnya memiliki bentuk mini dengan ukuran sekitar 1 milimeter hingga beberapa sentimeter, jika kutil-kutil berkumpul jadi satu. Penderita gangguan ini, bukan tidak mungkin mengalami infeksi menular seksual lain secara bersamaan.

Gejala Kutil Kelamin yang Sering Dirasakan

ciri dan gejala kutil kelamin

Kutil kelamin dapat muncul di bagian dalam atau luar anus dan vagina - OkayDoc

Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh HPV atau human papilloma virus. Meski tak langsung terasa, terdapat berbagai gejala yang menandakan keberadaannya.

Pada pria, kutil bisa menimpa daerah penis, skrotum, pangkal paha, paha, sekitar anus, dan di dalam anus. Sementara pada perempuan, kutil kelamin mungkin akan berkumpul di bagian dalam atau di luar vagina dan anus, serta di leher rahim.

Meski bernama kutil kelamin, gejalanya tidak hanya muncul di area yang disebutkan di atas. Beberapa bagian tubuh yang terletak jauh dari organ kelamin juga bisa terinfeksi.

Area tersebut adalah bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan. Umumnya ini terjadi karena melakukan seks oral pada orang yang sudah terinfeksi virus ini.
Kutil kelamin juga bisa tumbuh disertai dengan gejala lain. Sejumlah indikasi penyertanya dapat berupa:

  • Muncul rasa gatal pada daerah yang ditumbuhi kutil.
  • Area yang diinfeksi kutil terasa seperti terbakar.
  • Perdarahan dari lesi kutil.
  • Rasa sakit akibat kutil yang membesar dan menyebar.
  • penyumbatan atau perdarahan pada saluran kemih bisa terjadi jika kutil muncul pada uretra (saluran keluarnya urine).
  • Penderita wanita bisa mengalami keluarnya cairan dari vagina.

BIla kamu merasakan gejala-gejala ini, segera periksakan diriimu ke dokter. Melalui langkah ini, kamu akan mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang akurat.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Kutil yang Aman Dilakukan di Rumah!

Cara Mengatasi Kutil Kelamin

Cara Mengatasi Kutil Kelamin

Dokter akan menentukan pengobatan berdasarkan bentuk, lokasi, dan jumlah kutil yang kamu alami - OkayDoc

Seiring waktu, kutil kelamin bisa tumbuh dan hilang dengan sendirinya. Meski begitu, virus HPV yang ada dalam tubuhmu belum tentu ikut lenyap.

Virus ini bisa terus berdiam dalam darahmu dan menyebabkan kutil kambuh di kemudian hari. Maka dari itu, meski tidak sedang timbul gejala, orang yang terinfeksi HPV tetap bisa menularkannya pada orang lain.

Dalam mengatasi kutil kelamin, metode pengobatan yang dianjurkan bisa berbeda-beda untuk tiap pasien. Penentuan langkah penanganan akan dilakukan oleh dokter berdasarkan bentuk, lokasi, dan jumlah kutil yang muncul. Berikut 3 jenis penanganan yang mungkin diberikan:

  • Obat oles yang akan digunakan selama beberapa minggu. Iritasi dan sensasi terbakar termasuk efek samping dari obat ini.
  • Operasi pengangkatan kutil. Prosedur ini bisa dilakukan dengan memotong kutil atau memanfaatkan sinar laser untuk membakar kutil. Sisi negatifnya, operasi dapat menyisakan iritasi atau bekas luka.
  • Proses pembekuan kutil. Dokter akan menggunakan cairan nitrogen untuk membekukan kutilmu. Prosedur ini umumnya harus dijalani beberapa kali dan bisa menyebabkan munculnya nyeri pada kutil yang ditangani.

Jika Gejala Kutil Kelamin Tak Diobati, Ini Akibatnya

bahaya kutil kelamin OkayDoc

Kutil kelamin yang dibiarkan bisa berbahaya dan memicu penyakit lainnya - OkayDoc

Gejala yang muncul sebaiknya segera ditangani dengan benar agar kutu kelamin tidak menimbulkan hal yang lebih buruk di masa depan. Beberapa komplikasi yang mungkin muncul jika kutil kelamin dibiarkan meliputi:

Kanker

Beberapa jenis virus HPV yang menjadi biang keladi kutil ini dikaitan dengan risiko kanker serviks. Meski demikian, terkena kutil kelamin tidak otomatis bisa diartikan sebagai kanker serviks.

Untuk berjaga-jaga, kaum hawa yang aktif secara seksual sebaiknya melakukan tes Pap smear secara berkala. Apalagi jika terindikasi mengalami infeksi jenis HPV berisiko tinggi.

Virus ini bisa pula meningkatkan risiko kemunculan kanker lain. Contohnya, kanker yang mendera vulva, anus, penis, mulut, dan tenggorokan.

Gangguan Kehamilan

Walau jarang, kutil di area genital pada ibu hamil bisa menyebabkan masalah tertentu. Perubahan hormon pada masa kehamilan dapat memperbesar ukuran atau menambah jumlah kutil. Perdarahan pada kutil juga bisa terjadi.

Bayi Baru Lahir Terkena Kutil

Meski sangat jarang, bayi yang lahir dari ibu yang menderita kutil kelamin berpotensi mengalami gangguan serupa pada bagian mulut dan tenggorokannya.

Kondisi ini bisa berakibat fatal karena dapat mengganggu pernapasan Si Kecil. Untuk itu, operasi pengangkatan kutil di area tersebut mungkin diperlukan.

Baca Juga: Beberapa Jenis Penyakit Kelamin Wanita dan Bahayanya

Mengenali gejala kutil kelamin dengan tepat akan membuatmu bisa menentukan perawatan apa yang sebaiknya dilakukan. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan langkah pengobatan yang sesuai. Dengan ini, komplikasi mengerikan, seperti kanker dan terganggunya pernapasan bayi, pun bisa dihindari.

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria
Komentar
Artikel Terkait
Penyakit Seksual
21 Dec 2017
Ketahui Penyebab Kutil di Kelamin untuk Hubungan Seksual yang Aman!
Maya Ligina
Pengobatan
18 Feb 2018
5 Cara Menghilangkan Kutil yang Aman Dilakukan di Rumah!
Veronica
Penyakit Seksual
31 May 2018
17 Penyakit Kelamin Pria yang Wajib Kamu Tahu Segera
Rini
Gangguan Kesehatan
07 Dec 2017
Tanpa Repot, Begini Cara Agar Terbebas Dari Kutu Kelamin Wanita!
Dedi Irawan
Penyakit Seksual
07 Dec 2017
Ciri-ciri Penyakit Kelamin yang Wajib Diketahui Sebelum Kamu Menyesal
Dedi Irawan
Pengobatan
19 Dec 2017
Alami dan Medis, Ini 5 Cara Menghilangkan Kutil di Wajah!
Annisa Trimirasti
Memuat...
Konsultasi
Memuat...