• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Penyakit refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi saat asam lambung kembali ke kerongkongan atau esofagus. GERD ditandai dengan rasa makanan seperti tersangkut di kerongkongan atau munculnya sensasi terbakar di dada. Kenali gejala saat asam lambung naik dan cara mengatasinya di sini.

Asam lambung adalah asam hidroklorida yang diproduksi di lambung. Asam ini berfungsi memecah zat pada makanan dan melindungi tubuh dari bakteri. Dorongan atau tekanan dari dalam lambung serta berkurangnya fungsi otot lower esophageal sphincter (LES), dapat menyebabkan makanan kembali naik ke esofagus.

Pasalnya, LES atau lingkaran otot bawah esofagus merupakan pintu masuknya makanan dari kerongkongan ke lambung. Jika kemampuan otot melemah, maka akibatnya asam lambung dapat naik ke kerongkongan atau esofagus, lalu melukai dinding esofagus, dan menyebabkan keluhan refluks asam lambung. 

Bila dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan beragam komplikasi seperti penyempitan kerongkongan akibat kerusakan dinding esofagus, tukak pada esofagus, bahkan meningkatnya risiko kanker esofagus.

Kenali dan Hindari Penyebabnya

penyebab asam lambung naik

Ngemil sebelum tidur dapat menjadi salah satu penyebab asam lambung naik - OkayDoc

Sebelum mengenali gejalanya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan asam lambung naik atau gejala khas yang terjadi pada GERD. Berikut ini adalah beberapa penyebab asam lambung naik karena kebiasaan yang salah, seperti :

  • Merokok
  • Berbaring segera setelah makan, terutama setelah makan dalam porsi besar
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti aspirin dalam jangka waktu panjang
  • Ngemil sebelum tidur
  • Rutin mengonsumsi minuman beralkohol, soda, teh, atau kopi
  • Mengonsumsi makanan pemicu seperti sajian berlemak atau hidangan yang digoreng

Selain itu, kondisi medis seperti obesitas, kehamilan, hernia hiatal (penonjolan bagian atas lambung hingga ke diafragma), atau penurunan kecepatan pengosongan lambung menjadi faktor risiko yang dapat meningkatkan peluangmu terkena GERD.

Baca Juga: Tanpa Dokter, Ini Cara Mudah Mengobati Asam Lambung Naik Secara Mandiri!

Kenali Gejala Asam Lambung Naik Berikut

gejala penyakit asam lambung naik

Sensasi dada terbakar adalah gejala umum yang dialami penderita GERD - OkayDoc

Berikut ini adalah beragam ciri-ciri penyakit asam lambung yang perlu Anda ketahui:

1. Merasa begah atau kembung setelah makan

Meningkatnya asam lambung juga dapat menyebabkan Anda mengalami rasa begah atau kembung setelah makan. Rasa tidak nyaman ini sering muncul terutama setelah makan dalam porsi besar maupun setelah hidangan yang pedas atau berlemak.

Walaupun dapat muncul setiap waktu, kebanyakan orang mengalaminya saat malam hari. Hal ini disebabkan karena asam lambung lebih mudah refluks akibat posisi tubuh yang berbaring.

2. Rasa tidak nyaman di kerongkongan dan mulut

Saat asam lambung naik hingga ke saluran cerna bagian atas, Anda bisa saja mengecap rasa yang tidak enak seperti pahit dan asam di mulut. Selain itu, kerongkongan juga mungkin terasa panas.

Regurgitasi atau naiknya cairan atau makanan dari lambung juga sering terjadi pada penderita GERD. Pada beberapa kasus, muntah juga sering dialami oleh sebagian orang.

3. Heartburn

Heartburn adalah sensasi panas atau terbakar yang Anda rasakan ketika asam lambung naik sampai ke esofagus. Anda akan merasa dada terasa panas seperti terbakar dengan tingkat nyeri yang berbeda-beda.

Keluhan ini sering disebut mirip dengan nyeri dada. Namun pada kasus nyeri dada akibat serangan jantung, pemeriksaan laboratorium (tes darah) dapat memperlihatkan kenaikan enzim jantung dan pada elektrokardiografi akan menunjukkan kelainan.

ciri-ciri asam lambung naik

Asam lambung naik dapat menyebabkan kesulitan menelan - OkayDoc

4. Sulit menelan

Sulit menelan (disfagia) dapat menjadi gejala khas penyakit naiknya asam lambung ini. Tak hanya itu, sebagian kasus diikuti rasa nyeri menelan hingga radang pada pita suara.

Namun tak hanya asam lambung naik yang menyebabkan gejala ini, penyakit lain seperti stroke, penyakit Parkinson, kanker dan multiple sclerosis juga dapat menimbulkan gejala yang sama.

5. Sendawa, mual, dan cegukan

Gejala lain yang mungkin Anda alami adalah sering mengalami mual, cegukan, dan sendawa. Sering kali, sendawa juga diikuti dengan aroma yang tidak sedap.

6. Napas bau

Sama seperti sendawa, jika asam lambung sudah naik ke saluran cerna bagian atas Anda bisa mengalami gejala napas bau (halitosis). Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Selain itu, lakukan juga penanganan untuk meredakan napas bau yang mengganggu.

Baca Juga: Catat! Ini Makanan Penyebab Asam Lambung Naik yang Harus Dihindari

7. Batuk kering

Gejala lain yang dialami saat asam lambung naik adalah batuk kering. Beberapa orang mungkin merasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan dan menyebabkan mereka perlu batuk berulang kali untuk membersihkan tenggorokannya.

8. Suara serak

Ternyata suara serak bisa menjadi salah satu gejala asam lambung yang naik. Asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan bisa saja mengiritasi pita suara Anda menyebabkan suara serak. Nyeri tenggorokan juga sering menjadi keluhan penyakit ini.

9. Produksi air liur (saliva) yang berlebihan

Asam lambung naik juga dapat menyebabkan produksi saliva meningkat. Produksi berlebihan ini terkait dengan respon tubuh Anda untuk mengeluarkan sesuatu yang mengiritasi kerongkongan.

10. Pada kasus yang berat, feses akan berwarna kehitaman disertai darah

Pada kondisi yang berat, peningkatan asam lambung dapat menyebabkan tinja berwarna hitam, berlendir atau mengandung darah. Jika kondisi ini terjadi, Anda harus segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan mengeliminasi kemungkinan penyakit lain yang menimbulkan gejala serupa.

Bila Anda mengalami gejala diatas dengan nyeri dada seperti ditiban atau diremas, nyeri yang menjalar hingga lengan atau rahang, serta mengalami sesak napas segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Karena hal tersebut tidak hanya pertanda asam lambung naik, kondisi tersebut dapat menjadi tanda serangan jantung.

Begini Cara Mengatasi dan Mencegah Asam Lambung Kembali Naik

cara menangatasi asam lambung dan mencegah kembali

Cokelat dan makanan pedas termasuk sajian yang sebaiknya dihindari agar penyakit tidak kambuh - OkayDoc

Saat asam lambung naik, obat bebas seperti antasida untuk menetralkan asam lambung dapat dikonsumsi. Namun obat ini bukan ditujukan untuk menyembuhkan peradangan pada esofagus. Penggunaan yang berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping berupa diare hingga gangguan ginjal.

Perubahan gaya hidup merupakan salah satu upaya terbaik mengurangi keluhan refluks asam lambung seperti: 

  • Makan dalam porsi kecil
  • Beri jarak antara makan terakhir dan waktu tidur paling sedikit 3 jam
  • Gunakan pakaian longgar terutama yang ketat di bagian perut 
  • Duduk dalam posisi tegak
  • Menurunkan berat badan
  • Berhenti merokok

Hindari juga berbagai makanan pemicu refluks asam lambung seperti sajian pedas, berlemak atau digoreng, bawang bombay, bawang putih, saus tomat, mint, cokelat, soda, serta kafein.

Baca Juga: Makanan yang Aman Untuk Penderita Asam Lambung Naik!

Penyakit asam lambung naik sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan makan kurang tepat. Meskipun kerap terjadi di masyarakat, kondisi yang terus menerus terjadi perlu diwaspadai. Kenali gejala asam lambung naik di atas dan hindari penyebabnya. Konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan menyeluruh dan mendapatkan penanganan yang tepat sehingga mengurangi frekuensi kekambuhan.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...