• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh gatal pada payudara tentu dapat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Mulai dari ringan hingga parah, penyebab munculnya kondisi ini cukup beragam.

Maka dari itu, perawatan yang dilakukan untuk mengatasi kondisi ini dapat pula berbeda. Agar tidak salah penanganan, yuk, pahami terlebih dahulu macam penyebabnya.

Apa Saja Penyebab Gatal pada Payudara?

Salah satu penyebab gatal pada payudara adalah penggunaan losion yang tidak sesuai dengan kulit - OkayDoc

Gatal yang muncul pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang umum seperti inflamasi (peradangan) pada kulit hingga penyakit kronis seperti kanker. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang perlu kamu waspadai:

1. Dermatitis Atopik (Eksim)

Penyakit ini merupakan penyebab umum munculnya rasa gatal pada payudara. Biasa disebut juga dengan eksim, kondisi ini merupakan peradangan pada kulit.

Hingga saat ini, penyebab awal dari dermatitis atopik belum diketahui secara pasti. Namun, keadaan ini dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal, kulit kering, serta kemerahan pada kulit.

2. Infeksi Jamur

Gatal akibat jamur tentu sudah sering kamu dengar. Kerap muncul di area yang hangat dan lembab, infeksi jamur juga termasuk kondisi umum yang dapat terjadi pada bagian sebelah bawah payudara.

Kondisi ini dapat menyebabkan payudaramu terlihat merah, iritasi, dan terasa sangat gatal. Infeksi ini juga dapat menyerang ibu menyusui di area puting dan dapat menimbulkan rasa nyeri ketika menyusui.

Tidak hanya itu, kulit juga dapat terlihat mengkilat dan seperti mengelupas. Kamu disarankan untuk segera menghubungi dokter apabila mengalami tanda-tanda tersebut.

3. Iritasi Bahan dari Produk Tertentu

Gatal pada payudara juga dapat timbul akibat kandungan bahan kimia dalam sabun, losion atau deterjen yang kamu gunakan. Pasalnya, bahan-bahan ini dapat menjadi penyebab timbulnya dermatitis kontak.

Tak hanya rasa gatal, bahan-bahan tersebut juga mungkin menimbulkan bercak kemerahan di kulit. Selain produk pembersih dan perawatan kulit, rasa gatal juga dapat dipicu oleh pakaian dalam yang kamu gunakan.

Jenis bahan dan pewarna yang digunakan untuk membuat pakaian dapat menjadi penyebab dermatitis kontak. Bahkan, cara kamu menggunakannya juga bisa berpengaruh.

Jika kamu menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat, maka gesekan antar kulit dengan kain lebih mungkin timbul. Hal ini bisa memicu timbulnya rasa gatal. Terkadang, kondisi ini juga disertai dengan sensasi seperti terbakar.

4. Bertambahnya Ukuran Payudara

Payudara dapat membesar karena beberapa kondisi. Misalnya, kehamilan, kenaikan berat badan, maupun pubertas. Kondisi-kondisi ini dapat membuat kulit di sekitar payudara melebar. Proses inilah yang menyebabkan rasa gatal serta tak nyaman pada payudara.

Alasan di balik membesarnya payudara bisa beragam. Sebagai contoh, saat hamil, payudara membengkak akibat meningkatnya produksi hormon estrogen serta progesteron sebagai persiapan untuk menyusui.

5. Penyakit Paget

Penyakit paget adalah salah satu jenis kanker yang jarang terjadi. Penyakit ini awalnya akan menyerang area puting lalu meluas ke daerah di sekitarnya.

Rasa gatal yang timbul akibat penyakit ini umumnya dapat disertai dengan pengelupasan kulit, kemerahan, serta benjolan di payudara. Selain itu, tanda lain yang harus kamu waspadai adalah terjadinya perdarahan pada puting.

Cara Mengatasi Gatal pada Payudara

Untuk membantu mengurangi gatal, kamu bisa menggunakan campuran air hangat dengan sabun berbahan ringan - OkayDoc

Agar gatal yang terjadi pada payudara dapat ditangani dengan tepat, maka perawatan yang dilakukan perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Umumnya, rasa gatal yang muncul dapat diatasi dengan mengoleskan krim tertentu.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba membersihkan kulitmu dengan air hangat dan sabun berbahan ringan. Jika rasa gatal timbul karena pakaian dalam atau produk kecantikan tertentu, maka hentikan penggunaannya sementara.

Sedangkan, untuk penyakit paget, kondisi umumnya diatasi dengan prosedur operasi. Tipe prosedur operasi akan disesuaikan dengan konsisi masing-masing penderita.

BACA JUGA
  • Menjaga Kesehatan Payudara agar Bebas Kanker
  • Perubahan Payudara saat Hamil Ini Mungkin Kamu Alami

Nah, setelah mengetahui lebih jauh mengenai gatal pada payudara, diharapkan kamu dapat lebih mewaspadainya. Konsultasikan juga kondisimu ke dokter agar penagangan yang kamu dapatkan tepat guna.

Sumber

What Cause Nipple Itching?. https://www.healthline.com/symptom/nipple-itching. Accessed on November 8th, 2018.

Do You Have an Itchy Breast, but No Rash?. https://www.healthline.com/health/itchy-breast-no-rash#causes. Accessed on November 8th, 2018.

_Why Are My Nipples Itchy? 12 Possible Causes . https://www.webmd.com/women/ss/slideshow-women-itchy-nipples. Accessed on November 8th, 2018.

Paget's Disease of Breast. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pagets-disease-of-the-breast/symptoms-causes/syc-20351079. Accessed on November 8th, 2018.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Gejala dan Jenis Penyakit Thalasemia yang Perlu Kamu Waspadai
Nina Hertiwi
27 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
6 Kelainan pada Otot yang Perlu Kamu Waspadai
Vivi Hermin
30 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...