• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Tulang kering memegang peranan penting dalam susunan tubuh manusia. Beberapa fungsi tulang kering adalah menyusun struktur kaki dan berdiri.

Penting untuk mengetahui berbagai fungsinya lebih jauh, termasuk tentang cedera yang dapat terjadi pada tulang ini. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan di bawah ini!

Tulang Kering dan Fungsinya

fungsi-tulang-kering-okaydoc

Tulang kering merupakan tulang terbesar kedua dalam tubuh manusia setelah tulang paha - OkayDoc

Tulang kering atau tibia merupakan tulang terbesar kedua dalam tubuh manusia setelah femur atau tulang paha. Letaknya ada di bagian depan betis dan menghubungkan lutut dengan pergelangan kaki.

Tibia tentu tidak bekerja sendiri, karena struktur tulang pada tungkai bawah juga memiliki fibula, atau yang juga dikenal sebagai tulang betis. Fibula berukuran lebih kecil dari tibia dan terletak di samping tibia. Keduanya bekerja sama sebagai penyangga otot-otot kaki dan menopang berat badan.

6 Jenis Gangguan Tulang yang Dapat Mengintai Tibia

fungsi-tulang-kering-jenis-gangguan-okaydoc

Beragam gangguan tulang kering bisa terjadi bila kamu tidak menjaganya dengan baik - OkayDoc

Bila tidak terjaga dengan baik, tulang kita terancam oleh mengalami berbagai gangguan kesehatan. Ini juga berlaku untuk tulang kering yang menyangga beban tubuh. Gangguan yang terjadi juga bisa ringan hingga berat. Beberapa contoh kondisi yang dapat mengintai tulang kering meluputi:

1. Patah Tulang Kering

Patah pada tulang tibia termasuk kondisi yang paling sering terjadi. Penyebab utamanya adalah benturan keras, misalnya karena kecelakaan lalu lintas atau cedera olahraga.

Nyeri hebat adalah gejala yang umumnya langsung terasa. Tulang juga bisa kehilangan kemampuannya untuk menopang tubuh sehingga kamu tidak bisa berdiri. Bagian tulang yang patah pun bisa tampak menonjol di bawah kulit, bahkan merobeknya dan tampak ke permukaan.

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Tulang Keropos agar Tak Menyesal

2. Cedera pada Tulang Kering

Aktivitas atau latihan yang berat juga bisa menyebabkan cedera pada tulang kering. Kondisi ini ditandai dengan nyeri di sepanjang tulang tersebut dan adanya pembengkakan.

Gangguan tulang dengan istilah medis medial tibial stress syndrome ini umumnya dialami oleh penari atau atlet lari, misalnya ketika ada peningkatan intensitas waktu latihan mereka.
Sebagai akibatnya, otot, tendon, dan jaringan tulang akan bekerja lebih keras dan mengalami cedera.

3. Osteoporosis

Pada gangguan ini, tulang akan menjadi rapuh dan mudah patah. Kalangan lanjut usia, wanita, penderita obesitas, dan keturunan Asia memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami osteoporosis. Begitu juga jika kamu memiliki orang tua yang mengidap gangguan tulang yang sama.

Tulang keropos ini umumnya terjadi pada tulang pinggul, pergelangan tangan, atau tulang belakang. Namun, tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh tulang kering.

fungsi-tulang-kering-osteoporosis-okaydoc

Wanita penderita obesitas, dan keturunan Asia memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami osteoporosis - OkayDoc

4. Osteomielitis

Osteomielitis adalah infeksi tulang yang dapat terjadi akibat bakteri atau jamur. Staphylococcus aureus merupakan jenis bakteri yang paling sering menjadi penyebabnya.

Bakteri tersebut bisa masuk ke tubuh melalui berbagai cara. Di antaranya meliputi:

- Luka terbuka yang dalam, dan menyebabkan infeksi pada tulang di sekitarnya.

- Akibat prosedur operasi tulang.

Infeksi yang terjadi dapat menyebar dalam tubuh dan ke tulang lain melalui aliran darah.

5. Osteomalacia

Jika mengalami osteomalacia, pembentukan tulang akan mengalami gangguan pemadatan, atau kesulitan untuk mengeras. Akibatnya, tulang akan menjadi lemah dan mudah melengkung atau patah. Sebagian besar kasus osteomalacia terjadi akibat kekurangan vitamin D.

6. Osteosarcoma

Kanker tulang jenis ini paling umum menyerang anak-anak dan remaja, khususnya remaja laki-laki. Sama seperti keganasan lain, penyebab munculnya mutasi yang memicu osteorsarcoma juga tidak diketahui secara pasti.

Pada anak-anak dan remaja, sel-sel kanker tumbuh pada ujung-ujung tulang. Tulang di sekitar lutut merupakan bagian yang paling sering menjadi lokasi pertumbuhannya, contohnya, ujung bawah tulang paha dan ujung atas tulang kering.

Bagaimana Cara Mencegah Gangguan Tulang?

fungsi-tulang-kering-cara-mencegah-okaydoc

Mengenakan sepatu yang tidak tepat dianggap dapat mengingkatkan risiko cedera tulang kering - OkayDoc

Beberapa jenis gangguan pada tulang kering bisa dicegah, misalnya patah dan cedera tulang, maupun osteoporosis. Kamu bisa mengurangi risikonya dengan cara-cara berikut:

Melakukan pemanasan sebelum berolahraga, terutama pada jenis olahraga dengan intensitas tinggi.

Jangan berolahraga secara berlebihan.

Melakukan olahraga yang dapat meningkatkan keseimbangan.

Mengenakan sepatu yang tepat ukuran dan sesuai dengan jenis aktivitas fisik yang dilakukan, misalnya memakai sepatu khusus mendaki bila ingin hiking.

Memastikan asupan nutrisi tubuh tercukupi, terutama kalsium.

Memanfaatkan sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D.

Menjaga agar berat badan berada pada batas ideal. Memiliki berat badan berlebih atau obesitas akan menambah beban pada tulang, termasuk tibia.

Baca Juga:

Mengingat fungsi tulang kering yang penting untuk menopang tubuh, gangguan sekecil apapun sebaiknya kamu waspadai. Konsultasikan dan periksakan kondisi kakimu bila tibia mengalami nyeri yang berkepanjangan.

Selain itu, hindari juga latihan atau aktivitas fisik yang terlalu berat dan lakukan pemanasan sebelum olahraga untuk mencegah cedera pada tulang. Semoga bermanfaat!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...