• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Kulit merupakan lapisan terluar tubuh yang selalu terkena paparan polusi dan sinar matahari. Karenanya, menjaga kesehatan kulit menjadi suatu hal yang amat penting. Tips merawat itu dilakukan semata-mata demi tidak terganggunya fungsi kulit.

Kamu bisa menjaga kesehatan kulit dengan menerapkan kebiasaan tertentu dan mengonsumsi makanan yang baik bagi kulit. Ingin tahu apa lagi hal lain yang dapat menyehatkan kulitmu? Simak dulu informasi selengkapnya berikut ini.

Fungsi Kulit pada Setiap Lapisannya

fungsi kulit lapisan okaydoc

Kulit terdiri dari beberapa lapisan - OkayDoc

Fungsi utama kulit adalah melindungi bagian dalam tubuh dari paparan berbagai hal yang berbahaya. Kendati demikian, setiap lapisan kulit memiliki fungsi spesifik yang berbeda. Berikut di antaranya:

Lapisan epidermis

Lapisan terluar kulit disebut epidermis. Lapisan inilah yang melindungimu dari paparan sinar matahari. Pada lapisan epidermis terdapat pula pigmen melanin yang memberikan warna pada kulit.

Penyusun utama lapisan epidermis adalah sel-sel kulit mati. Lapisan kulit mati ini akan rontok dan terlepas dari kulit setiap kali kulit bergesekan. Selanjutnya digantikan oleh sel kulit baru yang aktif membelah pada bagian terbawah lapisan epidermis.

Lapisan dermis

Lapisan kedua disebut dermis. Lapisan dermis tersusun oleh jaringan protein yang disebut kolagen. Struktur kolagen yang berserat dan elastis menjadikan kulitmu bersifat kuat tapi tetap lentur. Jika kulitmu meregang, lapisan dermis dapat robek dan menyebabkan terbentuknya stretch mark.

Pada lapisan dermis, terdapat kelenjar keringat yang secara aktif mengatur suhu tubuh sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Kamu juga bisa menemukan pembuluh darah kapiler, folikel rambut, serta berbagai serabut saraf di lapisan ini.

Lapisan hipodermis

Lapisan kulit paling bawah disebut juga hipodermis atau subkutan. Pada lapisan ini, terdapat pembuluh darah, pembuluh limfa, jaringan saraf, kelenjar keringat, kelenjar minyak, jaringan ikat, dan jaringan lemak.

Jaringan lemak pada lapisan hipodermis memiliki beragam fungsi, di antaranya sebagai cadangan makanan bagi tubuh, menjaga suhu tubuh ideal, tempat produksi berbagai hormon, dan menahan guncangan yang dapat mencederai tulang dan persendian.

Cari Tahu Cara Tepat Menjaga Kesehatan Kulit

fungsi kulit menjaga kulit okaydoc

Menjaga kesehatan kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara - OkayDoc

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa kulit yang sehat dan indah adalah kulit yang putih. Keterbatasan waktu dan keinginan untuk memilikinya secara instan tak jarang membuat orang mengambil jalan pintas untuk mendapatkannya.

Padahal ada cara lain untuk menjaga keindahan dan kesehatan kulit, misalnya dengan cara berikut:

Konsumsi Makanan Sehat

Mulailah menjaga asupan makananmu dari sekarang dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dalam porsi seimbang. Guna menjaga kesehatan dan fungsi kulit, kamu pun perlu mengonsumsi berbagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan kulitmu.

Tidak Merokok

Merokok dapat merusak jaringan kulit dan menghilangkan sifat elastis kulit, sehingga menyebabkan keriput dan membuat kulit jadi terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Merokok juga dapat menurunkan suplai oksigen pada kulit, padahal oksigen sangat penting dalam proses metabolisme kulit. Hal ini juga diakibatkan oleh menurunnya aliran darah, karena penyempitan pembuluh darah yang berada pada lapisan dalam kulit.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan kulit, diantaranya keriput, bintik penuaan, dan meningkatkan risiko kanker kulit. Lindungilah kulitmu dengan menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

Pilih tabir surya yang memiliki kandungan minimal 30 SPF. Gunakan setidaknya setiap dua jam, atau lebih jika berenang. Selain itu, kenakan pakaian yang melindungi kulitmu, topi, dan payung, agar kulitmu tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Kelola Stres dengan Baik

Menjaga pikiran kamu tetap positif dan mengendalikan stres dapat menjauhkan kulit dari segala macam masalah, termasuk jerawat. Cobalah untuk melakukan hal yang dapat membuatmu senang guna menjaga fungsi kulit tetap optimal.

Rawat Kulitmu dengan Cara yang Benar

Hindari mandi dengan menggunakan air panas dan sabun berbahan keras, karena dapat menghilangkan lapisan minyak alami pada kulit dan membuatnya kering. Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan tubuh, dan gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, gunakan krim saat bercukur.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Berminyak dengan Tepat!

Konsumsi Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Kulitmu

fungsi kulit makanan sehat okaydoc

Kamu bisa menjaga kesehatan dan fungsi kulit dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan - OkayDoc

Kamu dapat mengoptimalkan cara-cara di atas dengan mengonsumsi beragam jenis makanan yang baik bagi kesehatan kulitmu. Berikut beberapa contoh makanan yang dapat kamu coba:

Stroberi

Buah yang kaya akan vitamin C ini dipercaya dapat mengatasi kulit kering dan keriput, melawan radikal bebas, serta membuat kulit halus dan terhidrasi dengan baik. Tak perlu takut untuk menjadikannya camilan karena meskipun padat nutrisi, stroberi tergolong rendah kalori.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang diyakini dapat menghaluskan kulit. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun dalam olahan masakan atau dioleskan pada bagian kulit yang kering.

Teh Hijau

Kandungan antioksidan di dalam teh hijau dapat melindungi kulitmu dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mampu mencegah kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu, herba ini juga dapat meningkatkan kelembaban, ketebalan, dan kelenturan kulit.

Labu

Warna jingga pada labu berasal dari karotenoid yang dapat menetralkan radikal bebas pada kulit. Labu memiliki kandungan vitamin C, E, dan A, serta enzim yang dapat membersihkan dan menghidrasi kulit.

Buah Delima

Antioksidan dalam buah delima dapat membantumu menangkal radikal bebas, melindungi sel kulit dari kerusakan, dan mencegah inflamasi.

Kamu bisa memperoleh manfaat ini dengan mengonsumsi buah delima secara langsung, mengolahnya menjadi jus, atau digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Baca juga: Makin Memesona dengan 6 Vitamin untuk Kulit Berikut Ini

Mengingat pentingnya fungsi kulit bagi tubuh, sudah merupakan keharusan bagi setiap orang untuk merawat dan menjaga kesehatannya. Hal ini bertujuan agar kulit semakin sehat sehingga fungsinya dapat berjalan dengan baik.

Alih-alih mencoba metode perawatan kulit yang rumit, kamu bisa menjaga kesehatan kulit dengan cara alami melalui konsumsi makanan dan kebiasaan menyehatkan lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jaga kesehatan kulitmu dari sekarang!

 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...