• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

MRI dapat digunakan sebagai alat pendeteksi penyakit yang akurat. Pemeriksaan menggunakan alat ini umumnya dilakukan apabila pemeriksaan lain tidak dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai penyakit yang diderita.

Teknologi ini digunakan oleh para praktisi kesehatan untuk membantu menentukan diagnosis berbagai penyakit. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi MRI serta peranannya dalam dunia kesehatan, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

Fungsi MRI pada Pemeriksaan Kesehatan

fungsi-MRI-otak.jpg

Pemeriksaan MRI dapat memberikan gambaran organ yang lebih jelas dan rinci - OkayDoc

MRI (Magnetic Resonance Imaging) adalah suatu alat yang digunakan untuk membantu melihat organ serta jaringan yang ada di dalam tubuh. Menggunakan bidang magnet, gelombang radio, serta komputer, MRI dapat menciptakan gambaran yang rinci.

Saat terjadi trauma di otak misalnya, pemeriksaan MRI dapat memberikan gambaran kelainan yang terjadi di dalamnya seperti perdarahan atau pembengkakan. Kelainan lain yang dapat terdeteksi di antaranya stroke dan radang pada tulang belakang.

Tidak hanya itu, MRI juga dapat mendeteksi penyakit lain seperti:

- Tumor dan kista

- Cedera atau kelainan pada persendian seperti lutut dan punggung

- Penyakit pada hati serta organ di area perut lainnya

- Kelainan pada rahim serta organ di area panggul lainnya

Alat ini juga dapat digunakan pada pemeriksaan kanker payudara bagi wanita yang berisiko tinggi terkena penyakit ini. Selain itu, MRI juga digunakan untuk memeriksa kerusakan struktur jantung akibat penyakit tertentu.

Selain untuk membantu penegakkan diagnosis, hasil pemeriksaan MRI juga dapat digunakan untuk menentukan rencana perawatan yang tepat dan melihat hasil perawatan yang sebelumnya telah dilakukan.

Baca Juga: Yuk, Kenali Mamografi yang Ampuh Deteksi Kanker Payudara

Persiapan Pemeriksaan MRI

fungsi-MRI-persiapan.jpg

Alat yang mengandung metal seperti alat pacu jantung dapat memengaruhi hasil MRI - OkayDoc

Sebelum melakukan pemeriksaan, kamu disarankan memberi informasi kepada dokter mengenai riwayat kesehatan dan alergi yang kamu miliki. Terutama jika kamu sedang hamil atau memiliki kemungkinan hamil. Pasalnya, gelombang-gelombang yang dipancarkan MRI mungkin memengaruhi kondisimu.

Selain itu, karena MRI memiliki bidang magnet, maka sebaiknya informasikan juga jika di bagian tubuhmu terdapat suatu yang berbahan metal.

Hal ini dilakukan karena alat atau bahan yang mengandung metal dapat menyebabkan gangguan saat pemeriksaan. Alat dan bahan tersebut di antaranya tindikan, implan, bahan tambal pada gigi, pompa insulin, dan alat pacu jantung.

Pada hari pemeriksaan kamu dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang longgar dan tidak memiliki bagian yang mengandung metal. Kamu juga bisa menggunakan pakaian khusus yang disediakan rumah sakit.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki ketakutan terhadap ruang sempit, beritahukan hal tersebut kepada dokter yang merawat. Dokter mungkin akan memberikan obat untuk menenangkan sebelum pemeriksaan.

Proses Pemeriksaan Menggunakan MRI

fungsi-MRI-hasil.jpg

Teknisi akan memeriksa kualitas gambar yang dihasilkan sebelum pasien diperbolehkan pulang - OkayDoc

Setelah semua persiapan selesai dilakukan, kamu akan berbaring di dalam MRI dan teknisi akan berkomunikasi menggunakan interkom untuk memastikan kenyamanmu. Prosedur ini tidak akan dimulai sebelum kamu merasa siap.

Saat proses pemindaian, dilarang untuk melakukan gerakan apapun karena dapat mengganggu proses pengambilan gambar. Beberapa instruksi seperti menahan nafas juga mungkin akan diberikan sesuai keperluan pemeriksaan.

Setelah pengambilan gambar selesai dilakukan, teknisi akan memeriksa hasil gambar yang didapat. Jika sudah baik, kamu diperbolehkan untuk pulang.

Efek Samping Pemeriksaan MRI

fungsi-MRI-alergi.jpg

Suntikan pewarna yang dilakukan sebelum pemeriksaan MRI dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang- OkayDoc

Pada beberapa pemeriksaan MRI, dokter akan menyuntikkan suatu pewarna khusus ke dalam tubuh agar gambaran jaringan tertentu dapat terlihat lebih jelas. Walaupun sangat jarang terjadi, pewarna tersebut dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Efek samping yang mungkin terjadi di antaranya mual, pusing, serta nyeri pada area tubuh yang disuntik. Reaksi alergi seperti gatal-gatal juga mungkin muncul. Apabila kamu mengalami hal ini, segera beritahukan kepada teknisi MRI yang mengawasi.

Baca Juga: Pahami Ciri-Ciri Alergi pada Kulit dan Jenis Alerginya!

Penggunaan MRI telah banyak membantu para praktisi kesehatan dalam menentukan diagnosis yang tepat. Selain itu, alat ini juga telah membantu berbagai penelitian mengenai kesehatan.

Walaupun begitu, MRI tidak selalu dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit. Diskusikan dengan dokter yang merawat mengenai kondisimu guna menentukan pemeriksaan penunjang yang paling tepat.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Pengobatan
Cara Manjur Mengecilkan Amandel Bengkak Tanpa Operasi
Annisa Trimirasti
06 Sep 2018
Pengobatan
9 Cara Mengobati Sariawan di Lidah agar Tak Perih Lagi
Tsalis Annisa
05 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Gejala dan Jenis Penyakit Thalasemia yang Perlu Kamu Waspadai
Nina Hertiwi
27 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
6 Kelainan pada Otot yang Perlu Kamu Waspadai
Vivi Hermin
30 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...