• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Bersin termasuk reaksi alami tubuh yang umum terjadi. Terkadang, kamu juga bisa mengalaminya berkali-kali dalam satu waktu. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai bersin, ada baiknya kamu tahu fakta menarik seputar bersin di sini!

Bersin adalah mekanisme yang digunakan oleh tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke hidung. Metode pertahanan alami ini akan melindungi tubuh dari serangan debu, bakteri, kuman, maupun serangga yang menyusup masuk.

Meski begitu, masih terdapat banyak mitos mengenai bersin yang mungkin sering kamu dengar. Mulai dari jantung yang berhenti ketika kamu bersin sampai bola mata yang bisa keluar kalau kamu bersin terlalu kencang. Guna mengetahui kebenarannya, mari menyimak faktanya di bawah ini.

1. Benarkah Jantung Berhenti Berdetak Saat Kamu Bersin?

fakta seputar bersin jantung berhenti okaydoc

Anggapan ini hanyalah mitos, nyatanya bersin hanya membuat irama detak jantung mengalami perubahan sesaat - OkayDoc

Ada yang mengatakan bahwa detak jantung berhenti saat bersin. Tapi anggapan ini hanyalah mitos. Nyatanya, bersin hanya membuat irama detak jantung mengalami perubahan sesaat.

Hal ini terjadi akibat tekanan dalam dada mengalami perubahan ketika kamu bersin. Sebagai akibatnya, aliran darah akan ikut terpengaruh dan mengubah irama detak jantung untuk sesaat.

2. Matamu akan secara Otomatis Terpejam Saat Bersin

fakta seputar bersin mata terpejam okaydoc

Menutup mata ketika bersin adalah refleks alami dari tubuh - OkayDoc

Hampir semua orang pasti menutup matanya saat bersin. Namun ada juga yang mengatakan bahwa membiarkan mata terbuka ketika bersin, dapat menyebabkan bola mata keluar dari rongganya. Hal ini tentu saja mitos belaka.

Menutup mata ketika bersin adalah refleks alami dari tubuh. Pasalnya, otak yang menerima sinyal untuk bersin, akan memerintahkan tubuh untuk bersiap melakukannya. Termasuk memejamkan mata.

3. Bersin Tidak akan Terjadi Ketika Kamu Tidur

fakta seputar bersin tidak terjadi saat tidur okaydoc

Pasalnya saraf-saraf akan berada dalam keadaan istirahat dan rileks - OkayDoc

Saat tidur, saraf-saraf akan berada dalam keadaan istirahat dan rileks. Begitu juga saraf yang mengatur reaksi bersin.

Oleh sebab itu, kamu tidak mungkin bersin saat terlelap. Kecuali ada orang yang sengaja memancing reaksi ini. Misalnya, menggunakan aroma tajam atau meniupkan pemicu iritasi di dekat hidungmu.

Baca Juga: Cari Tahu Bahaya Menahan Bersin dan Faktor Penyebabnya 

4. Kamu Mungkin Bisa Menahan Bersin

fakta seputar bersin menahan bersin okaydoc

Meski begitu, menahan bersin sebaiknya tidak sering kamu lakukan - OkayDoc

Bersin terkadang terasa menjengkelkan bagi sebagian orang, apalagi jika muncul di saat yang tidak tepat. Bila kamu termasuk salah satunya, kamu sebenarnya bisa menahan bersin. Caranya mudah, kamu cukup bernapas melalui rongga mulut dan menekan kedua cuping hidung dengan jari.

Meski begitu, menahan bersin sebaiknya tidak sering kamu lakukan. Pasalnya, tindakan ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh karena bersin adalah cara tubuh untuk mengeluarkan kuman yang masuk ke hidung.

5. Seseorang Bisa Bersin Berkali-Kali Dalam Satu Waktu

fakta seputar bersin bersin berkali-kali okaydoc

Setidaknya seseorang bisa bersin lebih dari sekali dalam satu waktu - OkayDoc

Fakta menarik seputar bersin yang tidak kalah unik adalah seseorang sangat mungkin untuk bersin lebih dari sekali dalam satu waktu. Kamu bahkan bisa bersin hingga 3 atau 4 kali.

Hal ini juga bisa berkaitan dengan pemicu munculnya bersin. Selama pemicu tersebut masih ada dalam hidungmu, bersin umumnya akan terus belangsung. Begitu pula jika terjadi peradangan kronis pada mukosa hidung atau reaksi alergi.

6. Cahaya Terang Bisa Saja Memicu Bersin

fakta seputar bersin cahaya terang memicu bersin p okaydoc

Melihat cahaya terang dianggap dapat menjadi salah satu pemicu bersin - OkayDoc

Apa kamu pernah merasa ingin bersin ketika keluar ruangan saat matahari sedang terik? Reaksi ini mungkin saja terjadi.

Melihat cahaya terang dianggap dapat menjadi salah satu pemicu bersin. Fenomena ini juga dikenal dengan istilah solar sneeze reflex.

Baca Juga: 9 Alasan di Balik Bersin Terus-menerus yang Kamu Alami 

Setelah mengetahui sederet fakta menarik seputar bersin di atas, saatnya kamu melupakan mitos bersin yang sering kamu dengar. Kamu juga dianjurkan untuk tidak menahan bersin. Ingat, bersin adalah reaksi alami tubuh untuk menyingkirkan kuman atau partikel pemicu iritasi dari dalam hidungmu.

Berkali-kali bersin dalam satu waktu pun termasuk hal normal. Namun segera konsultasi dan periksakan kondisimu ke dokter bila bersinmu terus terjadi dan disertai mata berair atau hidung gatal dan beringus. Kondisi ini mungkin saja menjadi gejala dari alergi atau kondisi medis lain.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
7 Penyebab Wajah Merah yang Paling Sering Dialami!
Maya Ligina
05 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
5 Penyebab Mata Gatal dan Cara Cepat Menanganinya!
Annisa Trimirasti
03 Jan 2018
Kebugaran
Cari Tahu Bahaya Menahan Bersin dan Faktor Penyebabnya
Veronica
27 Sep 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...