• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Niat memakai baju ketat untuk memamerkan bentuk tubuh yang indah perlu diwaspadai. Pasalnya, hal tersebut ternyata mengundang beberapa masalah di masa mendatang. Tidak lain, kamu akan dihadapkan kepada risiko gangguan kesehatan.

Bagaimanapun, kulitmu akan terasa tidak nyaman akibat efek pakaian yang dikenakan. Salah satu risiko yang nyata adalah kesulitan pori-pori kulit untuk bernapas.

Efek Samping Baju Ketat pada Tubuh

efek samping baju ketat

Baju ketat ternyata dapat memengaruhi kondisi tubuhmu - OkayDoc

Efek negatif memakai baju ketat bukan hanya berdampak kepada kulit saja, tubuhmu secara umum akan turut menderita akibat pakaian yang ketat. Beberapa efek samping baju ketat yang mungkin akan kamu rasakan, antara lain:

  • Kesemutan di paha

Jika pakaian yang ketat berupa celana, jangan heran ketika paha mengalami kesemutan. Celana ketat umum menyebabkan masalah pada syaraf, disebut dengan meralgia paresthetica.

Selain kesemutan di paha, gejala lain yang mungkin muncul adalah paha menjadi lengket dan lembap akibat keringat yang tidak menguap.

"Pakaian yang pas dengan tubuh berisiko menyebabkan gangguan pencernaan, yaitu penyakit asam lambung."

  • Nyeri punggung

Celana jins ketat juga berisiko menimbulkan sakit punggung bagi pemakainya. Sebab, celana yang terlalu ketat di bagian pinggang akan menekan otot punggung sehingga menyebabkan rasa sakit.

Gejala yang umum muncul akibat kondisi ini adalah kesemutan di daerah pinggang, terutama saat duduk.

gangguan perut sebagai efek samping baju ketat

Gangguan pada perut dapat terjadi sebagai efek samping baju ketat - OkayDoc

  • Gangguan pernapasan

Efek negatif mengenakan baju ketat lainnya adalah risiko gangguan pernapasan. Jika hal ini sudah parah, selain sesak napas, pemakai baju ketat berkemungkinan akan mengalami keringat berlebih dan bahkan pingsan juga.

Ciri-ciri pakaian yang sebenarnya terlampau ketat akan menyebabkan kamu merasa tidak nyaman, susah mengambil napas dalam-dalam, sakit kepala, dan penglihatan menjadi samar.

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Paling Efektif

  • Perut mulas dan sakit perut

Pakaian yang pas dengan tubuh juga berisiko menyebabkan gangguan pencernaan, yaitu penyakit asam lambung. Salah satu gejala penyakit asam lambung adalah perih pada tenggorokan.

Hal ini bisa terjadi karena bagian perutmu mengalami tekanan yang terlalu kuat sebagai efek baju ketat yang dikenakan.

Jika kamu memakai pakaian ketat bagian atas dan bawah sekaligus, jangan heran jika aktivitas pencernaanmu mengalami gangguan. Sebaiknya hentikan pemakaian baju ketat jika kamu mendapatkan gejala-gejala rasa pahit di mulut dan nyeri di bagian perut lainnya.

Efek Baju Ketat terhadap Kulitmu

efek samping baju ketat berupa iritasi kulit

Iritasi kulit sebagai efek samping baju ketat - OkayDoc

Bagian tubuh yang paling terkena dampak negatif akibat memakai baju ketat adalah kulitmu. Beberapa potensi gangguan yang mungkin dialami adalah:

  • Lecet

Baju dengan ukuran terlalu ngepas dengan tubuh akan membuat kulitmu mengalami gesekan langsung dengan material pakaian. Gesekan ini akan membuat kulit terasa sakit dan akhirnya lecet. Jika hal ini terjadi, maka kulit akan mengalami luka retakan pada bagian lapisan terluar.

Kulit juga berpotensi mengalami kekeringan dan pembengkakan. Artinya, di balik seksinya tubuhmu mengenakan baju ketat, terdapat kemungkinan besar pula ada kulit yang terluka. Kamu pastinya tidak mau tampil dengan luka-luka di kulit, bukan?

  • Radang folikel rambut

Masalah lain yang mungkin datang kepadamu jika terlalu sering memakai pakaian terlampau ketat adalah folikulitis atau peradangan pada folikel rambut. Kondisi ini umum terjadi pada penyuka celana jeans ketat dan sering mencukur bulu kaki.

Benjolan-benjolan merah umumnya muncul di kaki yang terasa saat kamu habis mencukur bulu kaki.

Kondisi ini umumnya muncul karena adanya infeksi bakteri atau jamur. Sebab, kondisi lembap yang ditimbulkan akibat memakai celana ketat merupakan lingkungan yang mendukung perkembangbiakan bakteri atau jamur.

gatal selangkangan sebagai efek samping baju ketat

Terlalu sering menggunakan baju ketat dapat menyebabkan gatal selangkangan - OkayDoc

  • Kurap

Baju atau pakaian ketat juga kerap menjadi biang kerok dari gangguan kulit memalukan dan menjijikkan bernama kurap. Kurap terjadi akibat kemunculan keringat berlebihan saat memakai pakaian ketat. Sehingga jamur dapat berkembang biak dengan subur.

Akibatnya, kulit mengalami infeksi jamur yang ditandai dengan adanya ruam merah, kulit bersisik, dan gatal pada kulit di area selangkangan. Beruntung, obat jamur untuk mengatasi kurap bisa ditebus tanpa resep di apotek terdekat.

  • Gatal pada selangkangan

Bagi kamu yang sering menggaruk-garuk selangkangan akibat gatal mendapatkan manfaat terbanyak dari membaca artikel ini. Penyebab utama rasa gatal pada selangkangan adalah infeksi jamur.

Nah, pertumbuhan jamur berlebihan bisa diakibatkan oleh celana ketat yang kamu sering kenakan. Dengan kata lain, ketatnya kain celana yang kamu pakai berisiko tinggi menyebabkan selangkangan lembap sehingga jamur tumbuh subur di situ.

Khususnya, kondisi ini menyerang kalian yang gemar berolahraga berat. Mereka yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas rentan mengalami hal semacam ini juga.

Baca juga: Kurang Percaya Diri? Ini Dia Cara Memutihkan Selangkangan Secara Alami

  • Kulit kering

Baju ketat sangat mungkin menyebabkan kulit kering alias kekurangan suplai cairan. Lebih parah lagi, kulitmu yang terlalu kering berisiko tinggi mengalami dermatitis, ruam kemerahan, dan kulit lembek akibat kerusakan lapisan kulit pelindung.

Mengingat efek baju ketat bagi tubuh dan kulitmu, kurangi kebiasaan memakai baju ketat mulai dari sekarang. Jika sulit dihindari, setidaknya jangan terlalu lama memakai model pakaian sejenis ini.

Ingat, biarkan kulitmu bernapas dengan leluasa agar terhindari dari serangan penyakit kulit akibat infeksi jamur.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kulit
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
11 Nov 2017
Kulit
5 Cara Menghilangkan Panu yang Jitu dan Memuaskan!
Dedi Irawan
02 Oct 2017
Gangguan Kesehatan
Kenali Penyebab Kepala Sering Pusing dan Cara Mencegahnya
Vivi Hermin
19 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Cepat Pulih dengan 5 Tips Selama Masa Penyembuhan Amandel
Maya Ligina
19 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
Obat Panu Alami yang Bisa dengan Mudah Didapatkan di Dapur
Arief Tirtana
20 Jul 2017
Kebugaran
Begini Cara Membersihkan Pusar yang Tepat Agar Tidak Bau
Annisa Trimirasti
28 Apr 2018
Rambut
Ragam Alergi Cat Rambut dan Cara Alami Mengatasinya
Dedi Irawan
31 Aug 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...