• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Tahukah kamu? Bahwa ternyata begadang membuat kamu kurang tidur. Selain itu, masalah kesehatan yang mungkin timbul di kemudian hari tidak bisa dianggap enteng. Jika kebiasaan ini dipertahankan, efek begadang bisa sangat berbahaya.

Begadang terlalu sering bisa menyebabkan tubuh mengalami kurang tidur. Kurang tidur memengaruhi banyak hal dalam tubuh, mulai dari kesehatan secara keseluruhan, kehidupan seksual, kemampuan konsentrasi dan berpikir, penampilan, hingga masalah berat badan.

Tidur telah didesain sedemikian rupa sehingga memungkinkan manusia untuk mengoptimalkan beragam fungsi tubuh ketika bangun. Jika waktu untuk terlelap dikurangi secara terus menerus, masalah-masalah ini mungkin saja terjadi pada dirimu;

Begadang dapat membuatmu mudah sakit dan kurang fokus - OkayDoc

1. Kurang Fokus dan Emosional

Terlalu banyak begadang membuat kamu mengantuk dan mudah tersinggung di siang hari. Kedua kondisi ini dapat membuat kamu menjadi kurang fokus dalam mencerna informasi dan tidak dapat memberikan solusi yang dibutuhkan.

Selain itu, kelelahan akibat kurang tidur bisa menyebabkan kamu kurang baik dalam menjaga emosi sehingga dapat membuatmu mudah marah.

2. Kecerdasan Menurun dan Mudah Lupa

Terganggunya proses berpikir, belajar, mengingat, hingga memproses informasi bisa menjadi efek bedagang. Pasalnya, selama tidur, otak melakukan proses penggabungan ingatan. Proses ini dikenal dengan nama sharp wave ripples dan sebagian besar terjadi pada tingkatan tidur terdalam (nyenyak).

Bila proses di atas terganggu, tentu ingatan juga informasi yang sudah kamu terima dan cerna pada hari tersebut akan berantakan. Padahal, ingatan merupakan faktor penting dalam mekanisme belajar dan sebagai indikator kecerdasan.

Tak hanya itu, saat seseorang kurang tidur, tingkat perhatian, kewaspadaan, konsentrasi hingga kemampuannya memecahkan masalah juga dinilai akan terhambat. Bila sudah begini, hasil kerja ataupun nilai ujianmu yang tidak sesuai harapan lebih mungkin terjadi.

EfekBegadang-MudahSakit-OkayDoc.jpg

Bila sering begadang kamu jadi rentan terkena penyakit - OkayDoc

3. Kamu Jadi Mudah Sakit

Tidur merupakan waktu yang tepat agar sistem kekebalan tubuh dapat melakukan tugasnya dengan baik. Jangan heran jika orang-orang yang teratur kehilangan waktu tidur berisiko tinggi terkena penyakit, seperti penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, aritmia, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes.

Baca Juga : Kembalikan Tidur Nyenyakmu dengan Cara Mengatasi Insomnia

4. Membuatmu Terlihat Tua

Efek begadang dapat menyebabkan wajah terlihat pucat dan mata bengkak. Ketika begadang menjadi kebiasaan, kemungkinan kulit akan kendur, berkerut halus, dan terdapat lingkaran di bawah mata yang makin hitam.

Selain itu, hormon kortisol sebagai tanda stres akan dikeluarkan tubuh lebih banyak. Tingginya kadar hormon ini akan memecah protein kulit untuk menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit. Sebagai hasilnya, kulit akan terlihat lebih tua dari seharusnya.

efek begadang bisa membuatmu terlihat lebih tua

Begadang dapat menurunkan gairah seks - OkayDoc

5. Menurunkan Gairah Seks

Begadang bisa menyebabkan kamu lelah, mengantuk, dan stres. Ketiganya berperan besar dalam menurunkan libido seseorang, baik pria maupun wanita.Seorang laki-laki dengan masalah begadang yang disebabkan oleh sleep apnea atau gangguan pernapasan selama tidur, kemampuan seksual kemungkinan

6. Rentan Mengalami Kecelakaan

Begadang atau tidur yang tidak berkualitas, misalnya kerap terbangun dan merasa lelah setelah tidur, bisa menyebabkan dirimu rentan mengalami kecelakaan. Pasalnya, ribuan kecelakaan lalu lintas terjadi akibat pengemudi mengantuk namun tetap berkendara.

Peneliti juga menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur lebih sering mengeluh tentang rasa kantuk di siang hari. Tak hanya itu, orang yang kerap begadang pun disebut lebih mungkin mengulangi kesalahaan yang sama dan rentan mengalami kecelakaan kerja.

EfekBegadang-BeratBadanNaik-OkayDoc.jpg

Berat badan jadi lebih mudah naik akibat efek begadang - OkayDoc

7. Berat Badan Mudah Naik

Sering begadang bisa membuat berat badanmu bertambah. Penelitian menyebutkan orang yang tidur kurang dari 5 jam per malam 50% lebih berisiko mengalami obesitas.

Pasalnya, saat begadang atau kurang tidur, seseorang lebih mengidam-idamkan dan menyantap makanan tinggi kandungan karbohidrat (pati) serta lemak juga makanan bercita rasa asin atau manis. Misanya, keripik kentang asin, sajian olahan siap saji, serta kue-kue manis.

Perubahan hormon dianggap sebagai alasan di balik kejadian tersebut. Saat kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang memicu lapar meningkat sedangkan kadar hormon leptin yang mengatur nafsu makan menurun.

8. Meningkatkan Risiko Masalah Mental

Efek begadang yang dilakukan terus-menerus berisiko menyebabkan mental atau perasaan pelakunya bermasalah. Beberapa kondisi mental yang mungkin terjadi antara lain frustrasi, depresi, kecemasan, dan kebingungan.

Baca Juga : 5 Cara Tidur Nyenyak Ini Efektif Bantu Tidur Kamu Lebih Berkualitas

Guna menjaga kesehatan tubuh, tidur cukup dan menghindari begadang merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, hindari efek begadang dengan tidur tepat waktu.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
3 Tips Hidup Sehat yang Sederhana, namun Efektif!
Veronica
12 Jan 2018
Psikologi
Penyebab Bad Mood Ini Mungkin Jarang Kamu Sadari
Nina Hertiwi
04 Nov 2018
Kebugaran
Jangan Sepelekan Manfaat Senam Aerobik bagi Tubuh ini!
Maya Ligina
15 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...