• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Degenerasi makula menempati urutan 3 sebagai penyebab gangguan penglihatan dengan persentase kebutaan sebesar 8.7%. Tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, penting untuk mengenal fakta seputar kondisi ini secara mendalam.

Kemungkinan seseorang terkena penyakit ini terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu degenerasi makula sering disebut juga dengan AMD (Age Related-Macular Degeneration)

Mengapa Degenerasi Makula Bisa Terjadi?

kenapa degenerasi makula bisa muncul?

AMD terjadi saat makula rusak atau menurun kualitasnya - OkayDoc

Degenerasi makula terjadi saat makula mengalami kerusakan atau penurunan kualitas seiring proses penuaan. Makula adalah area kecil di tengah lapisan bagian dalam retina dan merupakan bagian paling sensitif terhadap rangsangan cahaya.

Dalam proses melihat, cahaya masuk ke mata melalui kornea dan lensa, kemudian dilanjutkan ke makula. Dari makula, cahaya atau objek penglihatan dikirimkan ke otak melalui saraf optik sehingga akan diterjemahkan sebagai sebuah gambar.

Makula berperan penting untuk memberikan kemampuan melihat dengan fokus sehingga benda dapat tampak detail, fokus, dan tajam. Kerusakan makula menyebabkan penderita mengalami gangguan penglihatan sentral.

"AMD menjadi penyebab utama kebutaan pada orang berusia di atas 50 tahun. Tetapi, AMD tidak menyebabkan kebutaan total karena tidak memengaruhi penglihatan bagian tepi."

Misalnya, saat melihat ke arah jam dinding, penderita AMD hanya dapat melihat angka di bagian tepi jam, namun bagian tengah jam nampak kabur, buram, gelap atau hitam, terdistorsi dan bergelombang.

Kerusakan makula ini dapat disebabkan oleh endapan berwarna kuning (drusen) di area makula. Endapan yang terbentuk dari protein lemak serta lipid ini terjadi karena perkembangan pembuluh darah abnormal di bawah makula yang dapat merusak sel.

Adakah Faktor Risiko Tertentu Terkena Degenerasi Makula?

degenerasi makula OkayDoc

Paparan sinar UV hingga penyakit kardiovaskular dapat menjadi faktor risiko AMD - OkayDoc

Gangguan penglihatan ini tidak hanya terjadi karena pengaruh usia. Beragam faktor lain dinilai dapat memicu terjadinya AMD. Berikut beberapa penyebab degenerasi makula, di antaranya

  • Gaya Hidup tidak sehat seperti merokok, memiliki kadar kolesterol atau tekanan darah tinggi dan obesitas bisa memicu munculnya AMD.
  • Pengaruh Genetik. Pasalnya, orang yang memiliki ikatan keluarga dengan penderita AMD lebih mungkin mengalami hal serupa.

Selain itu, jenis kelamin juga mungkin memengaruhi seseorang terkena AMD. Pasalnya, kondisi ini cenderung lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria.

Baca Juga: Teliti Penyebab Mata Minus Demi Mencegah Kondisi yang Semakin Parah

Kenali Juga Berbagai Tipe Degenerasi Makula

degenerasi-makula-OkayDoc.jpg

AMD dapat menjadi penyebab utama kebutaan pada orang berusia di atas 50 tahun - OkayDoc

Ada dua tipe AMD, yakni kering (Dry AMD) dan basah (Wet AMD). AMD akibat penumpukan drusen pada makula disebut AMD kering (Dry AMD) dan lebih banyak ditemukan dibanding AMD basah, yaitu sekitar 80% dari keseluruhan penderita.

Sementara AMD akibat munculnya pembuluh darah baru abnormal di bawah retina yang terjadi karena penumpukan drusen disebut AMD basah. AMD ini lebih berbahaya karena 90% kasus kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula terjadi karenanya.

AMD merupakan penyebab utama kebutaan pada orang berusia di atas 50 tahun. Diperkirakan 1 pada setiap 10 orang berusia di atas 65 mengalami kondisi ini. Tetapi, AMD tidak memengaruhi penglihatan bagian samping sehingga tidak menyebabkan kebutaan total.

Apa Tanda Terjadinya AMD?

degenerasi makula OkayDoc

Penderita AMD mengalami pandangan kabur dan sulit mengenali wajah orang - OkayDoc

Sebagian besar kasus AMD berjalan lambat dan tidak bergejala di tahap awal hingga timbul kerusakan lebih lanjut dan permanen. Meski begitu, AMD tetap dapat diamati dengan beberapa kondisi berikut.

  • Tampak endapan kuning kecil di bawah retina. Gejala ini merupakan salah satu tanda terumum AMD.
  • Pandangan kabur. Pasien menjadi sulit membaca, mengenali wajah orang, dan warna-warna tampak kurang jelas.
  • Terdapat titik-titik buram pada bagian tengah penglihatan.Titik-titik ini dapat membesar atau menjadi lebih gelap seiring berjalannya waktu

Gejala AMD di atas biasa terjadi secara bertahap seiring berjalannya waktu. Namun, pada beberapa kasus, AMD juga dapat terjadi secara cepat.

AMD umumnya terjadi pada kedua mata meski dapat terjadi pada salah satunya saja. Gangguan ini pun bisa mengganggu kualitas kegiatan sehari-hari penderita. Misalnya saja seperti membaca, mengenali wajah, berkendara, dan lainnya.

Begini Cara Mendeteksi AMD

degenerasi makula OkayDoc

Pasien akan diminta melihat garis kotak. Gambar di sebelah kanan adalah pola yang dilihat oleh pasien - OkayDoc

AMD tidak menunjukkan tanda jelas pada tahap awal. Oleh karena itu, bagi orang yang berisiko terkena kondisi ini, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin retina mata sebagai upaya mencegah kerusakan mata lebih lanjut.

Pemeriksaan tersebut dapat meliput beberapa uji di bawah ini.

Uji Dilatasi Mata

Diteteskannya obat untuk melebarkan pupil. Cara ini akan membuat bagian belakang mata dapat terlihat jelas termasuk retina dan saraf-saraf optik.

Uji Ketajaman Visual

Bagan (dapat berupa deretan angka ataupun huruf) atau disebut juga dengan snellen eye chart untuk mengukur seberapa baik kamu melihat pada jarak tertentu

degenerasi makula OkayDoc

Snellen eye chart digunakan untuk tes ketajaman penglihatan mata dan warna - OkayDoc

Flourescein Angiogram

Dokter mata akan menyuntikkan pewarna flourescent ke lengan pasien. Saat pewarna melewati pembuluh darah di mata, gambar akan diambil untuk mengecek apakah ada pembuluh yang bocor, yaitu salah satu tanda terjadinya AMD.

degenerasi makula OkayDoc

Gambar angiogram fluorescein (a) dan foto fundus berwarna (b) dari pasien dengan AMD kering - OkayDoc

Tomografi Koherensi Optik atau disebut OCT

Pemeriksaan diagnostik ini dilakukan menggunakan cahaya near-infrared (gelombang infrared khusus) dengan resolusi tinggi.

Dokter akan membuat mata pasien berdilatasi dan meminta pasien menempatkan dagunya pada alat seperti keratometer untuk mengambil gambar pembuluh darah pada mata. Pemeriksaan ini menghasilkan gambaran detail lapis demi lapis jaringan retina. 

degenerasi makula OkayDoc

Tes OCT di RS. Mata JEC tidak menimbulkan rasa sakit dan dilakukan hanya dalam hitungan menit - OkayDoc

Amsler Grid

Uji penglihatan bagian tengah dengan meminta pasien melihat pola garis lurus yang menyerupai bentuk kotak-kotak seperti papan catur.

degenerasi makula OkayDoc

Kiri : Mata normal akan melihat titik di tengah dengan tepat. Kanan : Menunjukkan gejala AMD yaitu : 1) Distorsi, 2) Memutih atau luntur, 3) Buram, 4) Bergelombang, 5) Titik hitam - OkayDoc

Pasalnya, penderita AMD akan melihat garis lurus tampak bergelombang ataupun berpendapat ada garis yang hilang. Rangkaian pemeriksaan ini penting dilakukan sedini mungkin sehingga perkembangan AMD dapat diperlambat.

Apakah AMD dapat Disembuhkan?

cara menyembuhkan degenerasi makula

Konsumsi wortel dan sayuran hijau dapat membantu memperlambat perkembangan AMD - OkayDoc

Hingga saat ini, tidak ada obat untuk mengatasi degenerasi makula. Penanganan hanya membantu memperlambat perkembangan penyakit sehingga hilangnya penglihatan dapat dicegah. Berikut adalah beberapa pilihan penanganan AMD

Obat Anti-angiogenesis atau Suntikan Anti-VEGF: Vascular Endhothelial Growth Factor (VEGF)

Penanganan ini menggunakan obat yang dapat menghambat perkembangan pembuluh darah baru yang tidak normal dan rapuh sehingga mengurangi tingkat kebocoran dari pembuluh darah abnormal pada mata yang dapat menyebabkan AMD.

Penyuntikan obat ini umumnya dilakukan setiap satu bulan sekali dan harus dilakukan secara rutin seumur hidup.

Pada banyak pasien, penanganan ini mengembalikan penglihatan mereka yang sempat hilang. Pengobatan mungkin perlu diulangi beberapa kali.

Terapi Laser

Sinar laser berenergi akan dipancarkan untuk menghancurkan perkembangan pembuluh darah abnormal. Terapi laser juga dapat dikombinasikan dengan pemberian obat yang disebut terapi laser fotodinamik.

Pada langkah tersebut, obat yang peka akan cahaya akan disuntikkan ke pembuluh darah abnormal di mata. Selanjutnya, sinar laser akan dipancarkan ke mata sehingga obat dapat aktif dan merusak pembuluh darah abnormal.

Perubahan Pola Makan

Diet tinggi vitamin A, C, dan E serta antioksidan lutein dan zeaxanthin, dapat memperlambat perkembangan AMD tipe kering.

Kamu bisa menemukan zat-zat sehat tersebut dapat buah dan sayuran berwarna seperti jeruk, mangga, kiwi, sayuran hijau, tomat dan wortel.

perubahan pola makan

Penggunaan kacamata dapat membantu pasien AMD melihat - OkayDoc

Alat Bantu Melihat

Kacamata dengan lensa khusus atau dengan bantuan sistem elektronik dapat disarankan.Kacamata ini akan membantu memanfaatkan semaksimal mungkin sisa penglihatan pasien.

Kacamata juga mungkin dilengkapi dengan kaca pembesar sehingga objek dalam jarak dekat dapat terlihat. Tak hanya itu, operasi penanaman lensa teleskopis juga mungkin direkomendasikan untuk memperbesar bidang penglihatan.

Degenerasi makula terjadi saat makula rusak dan dapat menyerang siapa saja. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan secara total sehingga pemeriksaan sedini mungkin perlu dilakukan.

Oleh karena itu, mulailah melakukan pemeriksaan mata secara rutin di rumah sakit khusus mata seperti RS Mata JEC yang sudah berpengalaman selama 34 tahun, dengan mengusung konsep One Stop Service.

Baca Juga: Bisa Memicu Kebutaan, Sebenarnya Apa Penyebab Katarak?

Rumah sakit khusus mata seperti ini bertujuan agar semua pasien yang mengalami gangguan mata dapat dilayani di satu tempat tanpa harus dirujuk ke rumah sakit lain. Karena JEC memiliki fasilitas terlengkap dengan teknologi modern, dan memiliki sederet dokter spesialis yang ahli, serta staf terbaik dengan kualitas pelayanan bertaraf internasional.

Ingat, dengan memeriksakan secara rutin dapat membantu kamu mendeteksi AMD sedini mungkin dan meminimalisir kebutaan!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Herba
6 Manfaat Goji Berry, Si Merah dengan Potensi Melimpah!
Annisa Trimirasti
04 Jul 2018
Kebugaran
11 Manfaat Buah Mangga Bagi Tubuh Menurut Para Ahli
Ayu Winarni Lanjani
22 Mar 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...