• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Ciri-ciri tulang retak tidak selalu mudah untuk diketahui apalagi jika ukurannya kecil. Sekalipun bagian yang retak terasa sakit, dugaan awal kita biasanya mengabaikan potensi gangguan pada bagian terkeras dari tubuh ini.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui tanda atau gejala dari tulang yang retak. Dengan lebih waspada, keretakan pada tulang akan diketahui lebih dini sehingga pengobatan bisa segera dijalani. Konsultasi dengan dokter juga merupakan hal yang penting.

Tulang Retak akibat Tekanan Berlebihan

tulang retak akibat tekanan berlebih

Keretakan tulang bisa terjadi karena tekanan berlebihan dan berulang - OkayDoc

Salah satu bentuk keretakan pada tulang adalah fraktur stres (stress fracture) atau keretakan tulang akibat cedera kecil yang berlangsung berulang-ulang. Kondisi ini berupa retakan kecil yang muncul pada tulang karena tekanan yang berlebihan dan aktivitas berulang yang berlangsung dalam jangka panjang.

Contoh aktivitas yang bisa memicu keretakan ini meliputi melompat-lompat atau berlari jarak jauh. Fraktur stres juga bisa muncul karena tulang mengalami pelemahan akibat kondisi kesehatan tertentu, misalnya osteoporosis.

Kondisi ini paling sering menimpa bagian tulang yang menahan beban (weight-bearing). Tulang kaki dan telapak kaki merupakan contoh tulang yang kerap mengalami keretakan. Namun tidak menutup kemungkinan tulang lain untuk mengalami keretakan.

Semua orang tentu bisa mengalaminya, tetapi atlet serta personel militer merupakan pihak yang paling rentan terkena kondisi ini. Jenis olahraga yang mungkin dapat memicu fraktur stres meliputi lari, tenis, basket, dan banyak lagi.

Begitu juga bila kamu memulai melakukan program olahraga baru. Fraktur stres dapat muncul ketika tubuhmu terlalu banyak melakukan gerakan yang tidak biasa kamu lakukan.

Seperti Inilah Ciri-ciri Tulang Retak yang Perlu Kamu Catat

ciri-ciri tulang retak

Rasa sakit merupakan ciri-ciri tulang retak utama yang harus kamu perhatikan - OkayDoc

Gejala utama dari adanya tulang yang mengalami keretakan adalah munculnya rasa sakit. Gejala ini umumnya akan mulai terasa ketika seseorang beraktivitas dan hilang saat dia beristirahat.

Sakit yang datang dan pergi inilah, yang kemudian membuat banyak orang mengabaikannya. Masalahnya, membiarkan kondisi ini akan membuat rasa sakit diderita lebih lama.

Jika sebelumnya akan sembuh setelah beristirahat, tulang retak yang diabaikan akan tetap sakit. Bahkan ketika aktivitas atau olahraga telah selesai. Rasa sakit juga biasanya akan muncul saat malam hari tiba atau ketika bagian tulang yang bermasalah melakukan aktivitas ringan.

Selain itu, area tulang yang mengalami retak kemungkinan akan terasa sakit jika disentuh. Pada kasus tertentu, pembengkakan dan kemerahan ringan akan muncul.

Baca Juga: Patah Tulang Tangan Gejala dan Pertolongan Pertamanya

Kapan Kamu Harus ke Dokter?

ciri ciri tulang retak pada kaki

Untuk memastikan diagnosis, dokter akan menganjurkanmu menjalani pemindaian dengan sinar X atau MRI - OkayDoc

Ciri-ciri tulang yang retak termasuk susah diketahui, kecuali bila gejala sudah berlangsung lama. Oleh karena itu, perlu penilaian dari ahli medis untuk mengetahuinya dengan pasti.

Cara paling bijak untuk mendeteksi hal ini sedini mungkin adalah dengan segera menemui dokter bila mengalami sakit berulang pada kaki atau lengan. Untuk memastikannya, dokter kemungkinan akan bertanya tentang aktivitas sehari-hari dan beberapa hal lain yang berisiko menyebabkan terjadinya keretakan.

Konsultasi DokterBabe:

"Bagaimana cara membedakan keseleo dan patah tulang? Lalu gimana pengobatannya?"

Jawaban Dokter

Area yang sakit juga akan menjadi perhatian dokter guna memastikan bahwa ciri-ciri yang diderita memang akibat tulang yang retak. Wilayah yang sakit akan disentuh untuk memeriksa kondisinya, lalu mencari apakah ada kemerahan atau pembengkakan yang muncul.

Agar lebih pasti, pemindaian menggunakan sinar X atau MRI (magnetic resonance imaging) mungkin akan dilakukan.

Waspadai pula Faktor Risiko Tulang Retak

faktor risiko tulang retak

Bentuk telapak kaki yang rata atau lengkungan telapak kaki yang tinggi akan mempertinggi risiko seseorang untuk mengalami tulang retak - OkayDoc

Selain mengetahui ciri-ciri tulang yang retak, mewaspadai berbagai faktor risikonya juga penting. Yuk, pelajari faktor apa saja yang dapat mempertinggi risikomu untuk mengalami kondisi ini!

Usia

Seiring usia, kepadatan tukang akan ikut menurun. Inilah yang membuat seseorang rentan mengalami tulang retak.

Jenis Kelamin

Tulang yang retak lebih mungkin dialami oleh wanita daripada pria. Ini bisa terjadi karena wanita memiliki risiko osteoporosis yang lebih tinggi.

Kondisi Tulang

Beberapa masalah kesehatan, seperti osteoporosis, bisa membuat tulang mengalami pengeroposan dan menjadi lebih rapuh. Dengan kondisi ini, keretakan tentu saja lebih mudah terjadi.

Bentuk Tubuh

Kelebihan berat badan atau obesitas akan meningkatkan beban pada tulang sehingga risiko keretakan pada tulang juga meningkat.

Jenis Olahraga Tertentu

Ada berbagai jenis olahraga mempunyai kemungkinan lebih tinggi untuk memicu fraktur stres, contohnya lari, basket, tenis, tari, senam, dan banyak lagi.

faktor risiko tulang retak

Berat badan yang berlebih atau obesitas juga dapat meningkatkan risiko terjadinya tulang retak - OkayDoc

Aktivitas yang Padat

Peralihan secara tiba-tiba dari gaya hidup malas bergerak ke pola hidup yang aktif, bisa pula meningkatkan risiko fraktur stres. Peningkatan pada intensitas, durasi, maupun frekuensi berolahraga yang cepat pun dapat menjadi faktor risikonya.

Masalah pada Bentuk Kaki

Orang dengan telapak kaki yang rata atau lengkungan telapak kaki yang tinggi serta kaku juga sebaiknya berhati-hati. Bentuk kaki tersebut berpotensi lebih besar untuk mengalami fraktur stres.

Alas kaki yang sudah tidak layak pakai bisa juga berperan dalam faktor risiko ini. Oleh karena itu, gantilah sepatu atau sandalmu yang sudah usang.

Pernah Mengalami Tulang Retak

Jika kamu pernah sudah mengalami kondisi ini, risiko munculnya keretakan tulang akan bertambah.

Kurangnya Nutrisi

Beberapa nutrisi, seperti kalsium dan vitamin D, memiliki penting dalam pembentukan dan kekuatan tulang. Jika tubuh seseorang kekurangan kedua nutrisi tersebut, risiko untuk mengalami tulang retak pun akan lebih tinggi.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Vitamin untuk Tulang dan Cegah Tulang Keropos

Karena menemukan ciri-ciri tulang retak termasuk sulit, terutama di masa-masa awal, kamu sebaiknya tidak mengabaikan bila merasakan sakit yang tak kunjung mereda. Segeralah periksakan kondisimu ke dokter agar penyebabnya bisa segera terdeteksi.

Perkecil pula risiko terkena tulang retak dengan memperhatikan faktor risikonya, seperti pola makan yang seimbang dan mengatur kepadatan aktivitas. Memilih jenis olahraga sesuai dengan kondisi kesehatanmu juga tak kalah penting.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
8 Akibat Kekurangan Vitamin C Ini Bisa Terjadi pada Tubuhmu
Rabbani Haddawi
02 Sep 2018
Kebugaran
5 Bahaya dari Badan Terlalu Kurus Ini Patut Diwaspadai
Kevin Jonathan
29 Mar 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...