• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Mendapati bayi dalam keadaan lemas, sering menangis, dan kesakitan tentunya sangat meresahkan orang tua. Agar tidak salah menduga, Bunda bisa mempelajari ciri-ciri bayi sakit guna memberi pertolongan yang tepat.

Bayi yang rewel tidak selalu menandakan dirinya sakit. Namun, Bunda sebaiknya jeli dalam memerhatikan perilaku Si Kecil. Amati juga beberapa gejala yang membuat Bunda harus membawa Buah Hati ke dokter secepatnya. Yuk, simak di sini!

1. Bayi Mengalami Demam

Demam pada bayi okaydoc

Demam pada bayi merupakan ciri-ciri bayi sakit - OkayDoc

Meski sering terjadi, kepanikan bisa tetap muncul saat Buah Hati terserang demam. Gangguan medis ini ditandai dengan suhu tubuh yang mencapai 38 °C. Demam merupakan tanda bahwa tubuh bayi sedang melawan infeksi yang terjadi. Namun, kondisi ini sering kali membuat bayi tidak nyaman.

Segera hubungi dokter ketika suhu tubuh Si Kecil melebihi 38 °C. Apalagi jika demam disertai batuk, flu, atau diare yang berlangsung lebih dari 3 hari. Kondisi ini bisa menjadi tanda penyakit yang serius.

Baca Juga: Kembali Ceria dengan 6 Cara Menurunkan Demam pada Anak

2. Muntah-muntah hingga Diare

Bayi muntah okaydoc

Muntah dan diare merupakan salah satu gangguan saluran cerna pada bayi - OkayDoc

Gangguan saluran cerna seperti muntah dan diare merupakan salah satu ciri bayi sakit. Sejumlah penyakit yang menyerang si Kecil dapat ditandai dengan dua gejala tersebut. Jika Bunda abaikan, kondisi ini berpotensi menyebabkan dehidrasi pada Buah Hati.

Selama diare dan muntah masih berlangsung, pastikan Bunda menjaga asupan cairan mereka. Jika bayi muntah, tunggu hingga 30 menit lalu berikan kembali asupan cairan yang ia butuhkan. Porsi pemberian dapat dimulai dengan 1 sendok makan lalu tambahkan secara bertahap.

3. Menangis Tanpa Henti

Menangis okaydoc

Tanda-tanda bayi sakit terlihat saat dirinya kerap kali menangis tanpa henti - OkayDoc

Beberapa bayi sangat mungkin mengalami kondisi yang dikenal sebagai kolik. yang membuatnya menangis terus-menerus selama berjam-jam atau setiap malam. Selain menangis, kolik juga membuat bayi rewel dan gelisah.

Jika bayi sulit ditenangkan dengan segala cara, mintalah bantuan nasehat dokter anak. Si Kecil yang rewel terus-menerus bisa menjadi tanda suatu penyakit tertentu.

4. Pilek yang Disertai Mata Berair, hingga Belekan

Pilek okaydoc

Bayi pilek dalam jangka waktu panjang disertai gejala lain merupakan tanda bayi sakit - OkayDoc

Hal yang bisa Bunda amati saat bayi sakit lainnya adalah hidung dan mata yang berair. Perhatikan durasi dan keparahan pilek yang terjadi. Jika melebihi 14 hari atau membuat si Buah Hati sesak napas, segeralah menemui dokter.

Selain pilek, bayi juga dapat mengalami belekan, baik di salah satu mata ataupun keduanya. Mata si Kecil juga bisa berair dan kemerahan. Tanda-tanda ini terjadi karena infeksi mata. Bahkan, bagian mata yang terinfeksi bakteri bisa mengeluarkan belek kuning yang lengket sehingga mata kelopak mata bayi menjadi rapat dan sulit dibuka.

5. Kulit Bayi Terlihat Ruam

Ruam okaydoc

Ruam pada bayi disertai gejala lainnya dapat menandakan bayi sakit - OkayDoc

Kulit bayi bisa saja mengalami ruam ringan. Namun, ruam yang terjadi bukan hanya karena popok atau biang keringat. Untuk itu, Bunda perlu cermat dalam mengamati ruam yang terjadi pada tubuh si Kecil.

Perhatikan gejala lain seperti demam, menolak ketika diberi makanan atau disusui, kulit pucat, mudah mengantuk, rewel, dan menangis hebat. Jika ruam diikuti gejala ini segera mintalah bantuan dokter.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ruam Popok agar Buah Hati Tak Rewel Lagi

Ketika Buah Hati terserang penyakit, ada kalanya Bunda dibuat kebingungan kapan saat yang tepat untuk membawanya ke rumah sakit. Segera minta pertolongan ke UGD (unit gawat darurat) bila terjadi tanda-tanda seperti

  • penurunan kesadaran,
  • kesulitan bernapas,
  • kejang-kejang,
  • perdarahan yang tidak kunjung berhenti,
  • cedera berat pada area wajah atau mulut,
  • kulitnya terlihat kebiruan, keunguan, atau abu-abu.

Saat Buah Hati mengalami ragam ciri-ciri bayi sakit di atas, sigaplah untuk memberikan penanganan yang tepat. Tetaplah tenang dan bersabar saat si Kecil rewel dan tidak nyaman.

Bila perlu, konsultasikan kesehatannya pada dokter anak guna untuk mendapatkan penanganan terbaik. Semoga bermanfaat!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...