• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dalam penerbangan, kamu perlu tahu cara menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat. Beberapa hal perlu kamu perhatikan dengan saksama guna memperbesar peluang untuk selamat.

Terpenting, optimislah untuk tetap bertahan hidup, sebab, hampir 95% kecelakaan pesawat memiliki korban selamat. Jadi, meski penerbangan mengalami gangguan, peluangmu berhasil lolos dari maut cukup besar. Apalagi jika kamu melakukan cara-cara dan persiapan yang tepat.

Lakukan Hal Ini agar Selamat Ketika Terjadi Kecelakaan Pesawat

cara-menyelamatkan-diri-dari-kecelakaan-pesawat-waspada-keadaan-sekitar-okaydoc.jpg

Waspadalah terhadap keadaan sekitar dan jadilah cermat serta sigap ketika kecelakaan terjadi - OkayDoc

Ketika pesawat mengalami masalah, terdapat beberapa cara yang dapat penumpang lakukan untuk bertahan hidup, seperti berikut:

1. Berusaha Tenang dan Tidak Panik

Meskipun dalam keadaan darurat dan lingkungan sekitar terlihat panik, coba untuk tetap tenang. Sebab, nalar dan logika bekerja lebih baik ketika seseorang dapat berpikiran jernih. Hal ini pun membuatmu lebih baik dalam mengambil keputusan.

2. Mengikuti Instruksi Jika Ada

Jika ada awak pesawat yang memberikan instruksi ketika kecelakaan terjadi, ikuti arahannya. Namun, mungkin saja hal ini tidak sempat dilakukan.

Bila demikian, jangan hanya duduk dan menunggu. Kamu dapat melakukan langkah evakuasi dasar seperti yang tertera pada buku petunjuk keselamatan di depanmu. Karenanya, penting untuk memahami hal ini sebelum tinggal landas.

3. Waspada dengan Keadaan Sekitar

Jadilah cermat dan sigap saat kecelakaan terjadi. Misalnya, segera mencari pintu keluar terdekat, mendengarkan setiap instruksi yang diberikan dengan saksama, serta memastikan tubuh aman dan terlindungi.

Pastikan juga jaket dan sepatumu telah terpasang dengan baik, lepaskan semua hal yang berpotensi menjadi bahaya, dan kembalikan tempat duduk ke posisi tegak seperti semula.

cara-menyelamatkan-diri-dari-kecelakaan-pesawat-hindari-api-dan-kenakan-pelampung-okaydoc.jpg

Hindarilah api dan asap yang terjadi dan bersiaplah pada kemungkinan pesawat jatuh ke air - OkayDoc

4. Perhatikan Postur Tubuh

Bila kamu duduk pada bangku dengan kursi di depannya, sandarkan tangan yang disilangkan pada punggung kursi tersebut. Tundukkan juga kepala di antara lingkaran lenganmu.

Namun, jika duduk di tempat yang tidak memiliki kursi di depannya, bungkukkan badan dan tekuk lututmu. Kemudian, lindungi kepala dengan kedua lenganmu.

Pada kedua posisi, pastikan telapak kakimu tetap datar menjejak lantai. Langkah ini dapat membantu melindungi tubuh dari cedera akibat guncangan yang terjadi.

5. Menghindari Api dan Asap

Jika terjadi kebakaran, ingat, menghirup asap bisa berbahaya. Jadi, basahi tisu atau saputangan dan tutupi area hidung serta mulut dengannya. Jika memungkinkan, segeralah untuk berjalan keluar secepat mungkin.

6. Bersiap Jika Pesawat Jatuh ke Air

Untuk menghadapi kemungkinan pesawat jatuh ke air, segeralah temukan rompi pelampung dan kenakan. Namun, bila masih di dalam pesawat, jangan dulu mengembangkan pelampung, tunggulah sampai kamu telah keluar.

Baca Juga: Penting, Pelajari Cara Melakukan CPR yang Tepat Sebagai Pertolongan Pertama!

Tips Aman saat Bepergian dengan Pesawat

cara-menyelamatkan-diri-dari-kecelakaan-pesawat-kenakan-pakaian-nyaman-okaydoc.jpg

Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman ketika bepergian dengan pesawat - OkayDoc

Proses evakuasi saat kecelakaan terjadi akan lebih mudah dilakukan bila kamu telah mempersiapkan diri dengan beberapa tips seperti di bawah ini:

  • Gunakan baju yang nyaman dan tertutup. Baju jenis ini dapat menjagamu tetap hangat dan melindungi kulit dari kemungkinan luka atau cedera saat kecelakaan.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan tidak menghambat ruang gerak. Ingat, kamu harus bergerak cepat ketika melakukan evakuasi. Jangan menggunakan sepatu berhak tinggi atau sandal jepit agar terhindar dari cedera.

cara-menyelamatkan-diri-dari-kecelakaan-pesawat-membaca-instruksi-keselamatan-okaydoc.jpg

Bacalah instruksi keamanan dengan baik meski sudah sering naik pesawat - OkayDoc

  • Baca dan dengarkan instruksi keamanan dengan baik. Meski sudah sering naik pesawat, tetap patuhi perintah ini. Sebab, bisa saja instruksi berubah sesuai jenis pesawat atau posisi dudukmu. Misal, jika duduk dekat pintu darurat, kamu mungkin perlu tahu cara membuka pintu tersebut saat kecelakaan terjadi.
  • Ketahui posisi pintu keluar terdekat. Kamu bisa memperkirakan jarak ini dengan menghitungnya dalam jumlah barisan kursi yang ada sebelum sampai di tempat dudukmu.
  • Jika memungkinkan, pilih kursi di ekor pesawat (bagian belakang) karena penumpang yang duduk di tempat ini disebut memiliki kemungkinan, sekitar 40% lebih besar selamat dibanding penumpang di kursi paling depan.

Baca Juga: Pertolongan Pertama pada Kecelakaan yang Penting Diketahui

Jika terjadi sesuatu pada penerbanganmu, berusahalah untuk bertahan hidup sebaik mungkin. Terapkan cara menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat di atas dengan tenang. Ingat, kedatanganmu ditunggu oleh orang terkasih di rumah!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...