• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Cara merawat rambut kering tidak perlu mengorek kocek dalam-dalam. Kamu bisa melakukannya dengan mengubah kebiasaan di rumah maupun mengoleskan beragam bahan alami agar rambut kembali sehat.

Rambut kering tentu membuatmu risau dan mengganggu penampilan. Selain terlihat kusam, rambut kering juga berpotensi mengalami kerontokan. Yuk, simak informasi berikut dan dapatkan kembali rambut cantik berkilau yang kamu dambakan!

Ternyata Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Rambut Kering

Cara Merawat Rambut Kering

Sering menggunakan alat catok atau curling iron bisa memicu kekeringan pada rambut - OkayDoc

Kelembapan alami rambut dihasilkan oleh minyak dari kulit kepala. Bagian akar akan memproduksi minyak untuk melembapkan rambut sehingga terlihat mengilat.

Bila produksi minyak ini berkurang, rambut dan kulit kepala akan ikut mengering. Kekeringan pada kulit inilah yang akhirnya mengelupas dan rontok seperti ketombe.

Rambut juga memiliki lapisan pelindung bernama kutikel. Bila lapisan ini rusak, rambut akan kehilangan tameng terhadap sinar matahari yang bisa merusaknya.

Hilangnya pelembap alami maupun pelindung rambut bisa dipicu oleh banyak hal, dari kebiasaan hingga pengaruh cuaca. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Tinggal di daerah beriklim kering dan panas.
  • Terlalu sering keramas menggunakan sampo.
  • Menggunakan produk perawatan rambut dengan bahan kimia yang terlalu keras.
  • Mengecat rambut.
  • Kebiasaan menggunakan alat pengering rambut (hairdryer).
  • Sering meluruskan atau mengeriting rambut, misalnya dengan alat catok maupun curling iron.

Baca Juga: Rambut Kamu Gersang? Vitamin Rambut Kering Ini Wajib Diberikan!

Pakai 5 Cara Sederhana Ini untuk Merawat Rambut Keringmu

Cara Merawat Rambut Kering

Kenakanlah topi saat di luar ruangan untuk melindungi rambutmu dari terik sinar matahari - OkayDoc

Terdapat sejumlah kebiasaan baik dan cara mudah yang bisa kamu terapkan sebagai cara merawat rambut kering. Yuk, pelajari apa saja caranya!

1. Tidak Perlu Keramas Setiap Hari

Kamu tidak perlu keramas setiap hari kecuali kulit kepalamu sangat berminyak. Pasalnya, sampo tidak hanya menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, namun juga sebum (minyak alami rambut yang berfungsi melembapkan) di kulit kepala.

Nah, terlalu sering keramas bisa mengikis sebum dan memicu rambut kering. Jadi, kamu disarankan untuk mencuci rambut 2 hari sekali atau paling tidak satu minggu sekali.

2. Lindungi Rambutmu

Udara kering, paparan sinar matahari secara langsung, hingga air asin atau tinggi kandungan klorin (seperti air kolam renang), bisa merusak rambut indahmu.

Oleh karena itu, cobalah memakai topi atau selendang untuk melindungi rambut saat bepergian. Produk yang membantu menjaga rambut tetap sehat seperti gel aloe vera juga bisa kamu gunakan untuk merawat rambut kering.

3. Pilihan Sampo dan Pelembap Rambut

Kamu sebaiknya memilih produk sampo khusus untuk rambut kering. Produk ini biasanya terbuat dari bahan-bahan lembut, mengandung pelembap, dan memiliki pH rendah. Hindari penggunaan produk mengandung pewangi, senyawa sulfat, maupun alkohol yang berpotensi mengeringkan rambut.

Setelah keramas, oleskan kondisioner untuk menjaga lapisan kutikel rambut tetap sehat. Kondisioner sebaiknya mengandung humektan, emolien, ataupun zat-zat lain yang melembapkan seperti gliserin dan natrium laktat. Mengganti kondisioner dengan pijatan sambil mengoleskan minyak kelapa juga boleh kamu lakukan.

CaraMerawatRambutKering-MengecatRambut-OkayDoc.jpg

Cara merawat rambut kering termasuk membatasi frekuensi pengecatan - OkayDoc

4. Batasi Pemakaian Alat juga Bahan Kimia untuk Menata Rambut

Alat pengering, pelurus, hingga pengeriting rambut dengan bantuan panas mungkin kerap kamu gunakan dalam keseharian. Padahal, panas bisa memicu rambut kering dan rusak.

Bila kamu tetap perlu menggunakan pengering rambut, jangan gunakan terlalu dekat. Beri jarak sekitar 15 cm saat menggunakannya. Batasi juga pemberian beragam jenis bahan kimia, termasuk cat rambut.

Pemakaian bahan kimia berlebih bisa memicu rambut kusam dan kusut. Sebagai saran bila tetap ingin mengecat rambut, pilihlah warna cat semirip mungkin dengan warna rambut asli. Cara ini bisa mengurangi penggunaan bahan kimia bleaching dalam proses pewarnaannya.

5. Menggunting Ujung Rambut

Ujung rambut yang kering dan bercabang akan membebani pertumbuhan sehat pada rambut. Karena itu, kamu dianjurkan untuk menggunting ujung rambut yang bercabang sekitar 6-8 minggu sekali.

Walaupun rambutmu belum terlalu panjang, rambut bercabang juga dapat membuat rambutmu sulit ditata, nampak kasar dan tidak sehat. Memotong bagian ujungnya akan membantumu mendapatkan panjang dan gaya rambut yang sesuai untukmu.

Bahan Alami untuk Merawat Rambut Kering

perwatan rambut kering

Cara merawat rambut kering dapat dilakukan dengan memberikan minyak esensial dan bahan alami lainnya - OkayDoc

Kamu juga bisa menambah kesehatan rambut dengan memakai bahan alami dalam bentuk minyak, masker, maupun bahan segar. Berikut berbagai bahan alami yang baik bagi rambutmu:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah populer sejak zaman dulu sebagai pelembap rambut. Minyak ini dapat melembutkan rambut karena mengandung berbagai emolien yang dapat bersifat melembapkan.

Oleskan 2 sendok teh minyak zaitun ke helai-helai rambutmu, lalu bungkus dengan topi mandi. Setelah 15 menit, bilaslah hingga bersih. Kamu cukup melakukannya seminggu sekali.

2. Minyak Kelapa

Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa juga termasuk emolien alami. Minyak ini bisa menyerap ke dalam helai-helai rambut yang rusak.

Tuang minyak kelapa di tanganmu, lalu ratakan dan usapkan pada ujung dan akar rambut. Pijatlah kulit kepalamu dengan lembut, terutama bagian puncak kepala. Kemudian bilaslah hingga bersih setelah didiamkan selama 20 menit.

3. Minyak Jojoba

Minyak jojoba dipercaya dapat memperkuat helai rambut sekaligus melembapkan kulit kepala. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak jojoba ke dalam kondisionermu agar rambut lebih terlindungi dari kekeringan, patah, atau bercabang.

Kamu perlu mempertimbangkan kembali penggunaan minyak esensial apabila memiliki alergi. Jika kamu merasa ragu, oleskan dulu sedikit minyak ke punggung tanganmu. Bila tidak ada reaksi alergi, berarti kamu tidak perlu cemas menggunakannya.

Namun jika muncul reaksi alergi seperti gatal atau ruam, kamu sebaiknya menghindari penggunaan minyak-minyak esensial tersebut. Diskusikan dengan dokter agar bisa mendapatkan anjuran yang lebih tepat.

4. Masker Yoghurt dan Minyak

Untuk membuat masker dari yoghurt dan minyak, campurkan 170 gram yoghurt dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan 6 tetes minyak esensial. Oleskan pada rambut setelah keramas, lalu tutup rambutmu dengan plastik atau topi mandi. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

CaraMerawatRambutKering-IkanTuna-OkayDoc.jpg

Cara merawat rambut kering termasuk memerhatikan menu makanmu - OkayDoc

5. Masker Pisang

Pisang kaya akan kalium dan memiliki kadar air yang tinggi sehingga baik untuk merawat rambut kering. Kedua kandungan ini juga diyakini dapat mencegah pembentukan cabang rambut, melembutkan rambut, dan meningkatkan elastisitas rambut.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu dapat menghaluskan satu buah pisang dan mengoleskannya dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air hangat.

6. Makanan Sumber Asam Lemak Esensial dan Antioksidan

Apa yang kamu makan juga bisa berdampak pada kesehatan rambutmu. Kamu disarankan untuk mengonsumsi sajian tinggi lemak sehat seperti salmon, tuna, alpukat, juga minyak zaitun.

Sajian ini dinilai kaya akan asam lemak esensial yang dapat melembapkan, mencegah rambut menipis, sekaligus menjadikannya lebih bersinar. Selain itu, perbanyak juga konsumsi makanan kaya antioksidan seperti kacang kenari, tomat, juga brokoli.

Makanan-makanan tersebut turut membantu menjaga kesehatan rambut indahmu sekaligus menjadikannya tampak lebih ‘muda’.

7. Vitamin dan Mineral

Selain protein, rambut yang sehat juga membutuhkan vitamin A, vitamin C, biotin (vitamin H), zat besi, dan asam lemak omega-3. Seluruh kandungan ini bisa kamu dapatkan dari makanan bergizi seimbang maupun suplemen.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi suplemen sebaiknya dilakukan sesuai petunjuk penggunaan dan lebih baik lagi jika didasari anjuran dokter.

Baca Juga: 3 Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Rambut kering sebenarnya bukanlah masalah besar yang perlu dikhawatirkan. Meski begitu, kondisi ini tetap bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan dirimu.

Tapi kini, kamu bisa menerapkan cara merawat rambut kering yang sesuai dengan kondisi rambutmu saat ini. Jangan lupa melakukan perawatan rambut secara rutin agar hasilnya optimal. 

 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Rambut
5 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami yang Anti Ribet
Tsalis Annisa
04 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...