• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Rambut yang lebat dan indah tentu menjadi dambaan siapapun. Mengingat perannya yang penting dalam penampilan, banyak orang yang menggunakan perawatan khusus sebagai cara menyuburkan rambut.

Rambut yang tidak sehat bisa ditandai dengan kondisi kusam, kusut, bercabang, dan mudah patah. Kerontokan juga bisa terjadi. Normalnya, rambut yang gugur berkisar 100 helai per hari. Bila lebih dari itu, kamu perlu waspada dan mencari cara untuk mengatasinya.

Guna merawat rambut agar senantiasa tebal, banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari perawatan dari luar hingga menjaga nutrisinya dari dalam. Inilah deretan pilihan untuk menyuburkan rambut yang bisa kamu terapkan!

1. Memenuhi Asupan Omega-3 dan Omega-6

cara menyuburkan rambut dengan omega-3 dan omega-6

Sajian ikan salmon merupakan makanan yang kaya omega-3 dan omega-6 yang baik untuk mendukung pertumbuhan rambut - OkayDoc

Sebuah studi menunjukkan bahwa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 dapat menjadi pilihan pelengkap gizi untuk menebalkan rambutmu dan mengusir kerontokan. Contohnya, ikan haring, makarel, dan salmon.

Selain itu, ikan segar juga bisa memberikan vitamin B, D3, protein, dan selenium. Kandungan nutrisi ini juga berpotensi dalam menjaga kekuatan alami dari mahkotamu.

Meskipun begitu, penelitian ini memerlukan kajian lebih lanjut dari para ahli agar hasilnya lebih akurat dan bisa diandalkan.

Baca Juga: Jangan Takut Amis, Baca Dulu Manfaat Makan Ikan Ini!

2. Mencukupi Kebutuhan Protein

cara menyuburkan rambut dengan memenuhi kebutuhan protein

Yoghurt merupakan makanan yang kaya protein sehingga cocok dijadikan panganan untuk merawat rambutmu agar senantiasa lebat - OkayDoc

Asupan nutrisi yang kaya protein merupakan salah satu cara menyuburkan rambut yang bisa kamu lakukan. Protein dapat membantumu mengusir masalah rambut rontok dengan melindungi helai rambut dari kerusakan.

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian, setidaknya diperlukan sekitar 45 gram bagi wanita dan 52 gram bagi pria. Kamu bisa mendapatkannya dari sumber-sumber alami, seperti yoghurt, kacang-kacangan, ikan, dan sayuran.

Mengaplikasikan produk perawatan protein untuk rambut juga dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat proses styling maupun bahan kimia. Misalnya, akibat curling atau pewarna rambut.

3. Memenuhi Pasokan Biotin

cara menyuburkan rambut dengan biotin

Mengonsumsi telur merupakan salah satu cara menyuburkan rambut yang tepat - OkayDoc

Biotin merupakan vitamin yang dipercaya dapat memperbaiki kondisi rambut yang rontok. Kandungan ini umumnya bisa ditemukan pada telur, terutama bagian kuningnya.

Kuning telur juga kaya akan vitamin A, E, dan folat. Bersama biotin, nutrisi tersebut tidak hanya dapat mengurangi kerontokan dan helai yang rapuh, tapi juga diyakini efektif dalam merangsang pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut.

Di samping menyantap telur untuk mencukupi kebutuhan biotin, kuning telur bisa pula dioleskan langsung pada rambut. Dengan ini, rambutmu pun dapat terlindungi dari berbagai kerusakan, sekaligus melembutkan rambut yang terlihat kering.

4. Mencukupi Kebutuhan Vitamin A, C, dan E

cara menyuburkan rambut dengan memenuhi kebutuhan rambut

Aneka buah beri termasuk makanan sumber vitamin C yang baik untuk menguatkan helai rambutmu - OkayDoc

Kamu bisa pula menambah kesuburan rambutmu dengan menambah asupan vitamin A, C, dan E. Kekurangan asupan vitamin-vitamin tersebut dikatakan dapat memperlambat pertumbuhan rambut.

Ubi jalar bisa menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan vitamin A. Vitamin ini merupakan nutrisi yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut dengan meningkatkan produksi sebum (minyak alami), sekaligus mencegah kerusakan pada folikel yang menjadi lubang tumbuhnya rambut.

Sementara vitamin C dibutuhkan tubuh untuk membentuk kolagen. Kolagen berfungsi menguatkan helai rambut dan mencegah rambut yang mudah patah. Untuk mendapatkan vitamin C secara alami, kamu bisa mengonsumsi paprika, bayam, bluebbery, serta strawberry.

Di samping vitamin A dan C, vitamin E juga populer dalam menangkal stres oksidatif. Vitamin E dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambutmu tampak lebih tebal. Kamu bisa menyantap alpukat guna memenuhi kebutuhan vitamin ini.

5. Memijat Kulit Kepala dengan Minyak Esensial

cara menyuburkan rambut dengan minyak essensial

Kamu bisa mengoleskan minyak esensial untuk menyuburkan rambutmu - OkayDoc

Cobalah manfaatkan berbagai minyak esensial untuk mendapatkan rambut yang lebat dan sehat. Salah satunya adalah minyak pumpkin seed (biji labu kuning). Minyak esensial ini mengandung fitosterol yang dapat berperan dalam membantu menumbuhkan rambut.

Di samping minyak pumpkin seed, kamu juga dapat memanfaatkan minyak peppermint dan minyak rosemary untuk rambutmu. Kedua minyak ini dapat memicu pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala. Sehingga folikel rambut akan mendapatkan suplai darah yang lancar dan terhindar dari kerusakan.

Ketika memakai minyak esensial di atas, ada satu hal yang harus kamu ingat. Jangan membubuhkannya secara langsung pada kulit kepala. Kamu dapat menambahkannya beberapa tetes pada sampo saat kamu keramas untuk hasil yang optimal.

Baca Juga: Tampil Cantik dengan Cara Meluruskan Rambut yang Mudah

Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak hanya akan menyehatkanmu, tapi juga bisa menjadi cara menyuburkan rambut. Daripada suplemen, memilih bahan pangan sebagai sumber alami adalah cara yang terbaik.

Ingatlah juga bila kamu ingin memakai minyak esensial, pastikan minyak tersebut cocok dengan kulit kepalamu. Jangan sampai niat baikmu untuk mendapatkan rambut lebat dan sehat malah berbalik menyakitimu.

Jika kamu memiliki riwayat alergi kulit tertentu, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik. Selamat mencoba!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kulit
Cara Menebalkan Alis: Mulai dari Alami hingga Transplantasi
Vivi Hermin
16 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...