• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif dan Bikin Ramping

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria

Tidak semua cara menurunkan berat badan akan memberi hasil yang sama untuk semua orang. Namun, kamu bisa mencoba terapkan 9 cara di bawah ini guna memulai hidup sehat dan menjadi kunci dalam mencapai berat badan ideal.

Tidak hanya melakukan aktivitas fisik dengan teratur. Memiliki komitmen yang kuat, disiplin terhadap metode yang kamu rancang, dan mendapatkan dukungan dari orang sekitarmu juga bisa berpengaruh, lho. Yuk, intip apa saja kiat-kiat jitu menurunkan berat badan!

1. Berkomitmen untuk Berubah

berkomitmen untuk hidup sehat

Cobalah berkomitmen kuat untuk menurunkan berat badan - OkayDoc

Hal pertama yang perlu kamu terapkan jika ingin memiliki berat badan ideal adalah dengan berkomitmen pada dirimu untuk berubah. Jika kamu tidak berkomitmen atau disiplin dengan dirimu, maka keinginanmu untuk mendapat berat badan ideal bisa menjadi hal yang sulit.

Bahkan, terkadang seseorang dapat mudah tergoda kembali ke gaya hidup dan pola makan tidak sehat setelah mendapatkan berat badan yang diinginkannya. Jika sudah begini, artinya usaha menurunkan berat badan menjadi sia-sia.

Jadi, fokuslah untuk mempunyai gaya hidup sehat dan mulai mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru yang lebih mendukung kehidupan sehat.

Cobalah kenali kebiasaan-kebiasaan dan pilihan yang tidak akan mendukung gaya hidup sehat dan menghambat upayamu mencapai berat badan ideal. Setelah itu, mulailah susun rencana dan jalani gaya hidup sehat.

2. Jangan Lewatkan Sarapan

cara menurunkan berat badan dengan rutin sarapan

Untuk mendapatkan badan yang ideal jangan pernah lewatkan sarapan - OkayDoc

Ingatlah, bahwa waktu makan terpenting adalah sarapan. Kenapa? Karena sarapan akan memberi kita tenaga untuk beraktifitas pagi sampai siang, dan juga mengurangi rasa ingin mengemil selama beraktifitas.

Alasan lain kenapa sarapan itu penting adalah karena akan membantu proses pencernaan di tubuh, sehingga dapat membantumu menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Dengan kata lain, konsumsi sarapan setiap hari tidak hanya mendukung untuk menurunkan berat badan, tapi akan juga membantumu memiliki berat badan ideal dalam jangka yang panjang.

Tapi butuh juga diingat juga bahwa makanan yang dikonsumsi waktu sarapan sangat berpengaruh dalam proses pencernaan. Pilihlah menu sarapan seperti, yogurt, sereal sehat, havermut, dan buah-buahan.

Baca Juga: Kenali Beragam Manfaat Sarapan Pagi Untuk Tubuhmu!

3. Hindari Godaan

hindari pola makan yang tidak sehat

Pahami bahwa pola makan tidak sehat dapat menurunkan kualitas kesehatan tubuh - OkayDoc

Salah satu hal yang paling sulit dilakukan dalam menjalani hidup sehat adalah mengurangi makanan yang kita suka meskipun kita tahu itu tidak baik untuk tubuh. Nah, untuk menghindarinya kamu perlu melakukan beberapa cara.

Misalnya seperti mengurangi makan di luar, merencakan apa yang akan kamu makan, hilangkan camilan yang tidak sehat di rumah atau mencoba beberapa resep makanan sehat sendiri misalnya resep burger sehat.

Meski begitu, menghindari godaan bukan berarti kamu sama sekali berhenti konsumsi makanan yang kamu suka. Kamu hanya perlu memilih kapan waktu yang tepat dan seberapa banyak kamu mengonsumsi makanan tersebut.

Mungkin bagimu ini terlihat tidak penting, tapi sebagian besar orang yang bisa mempertahankan berat badan ideal adalah mereka yang bisa menahan godaan untuk makan sembarangan.

4. Mulai Aktif Bergerak dan Bakar Kalori

mulai bergerak dan bakar kalori

Coba lakukan aktivitas fisik secara rutin untuk membakar kalori tubuh - OkayDoc

Setelah kamu berhasil menahan godaan, cara menurunkan berat badan lainnya yang perlu kamu lakukan adalah aktif bergerak. Olahraga itu salah satu cara untuk lebih aktif, tapi bukan hanya itu caranya.

Masih ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjadi lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari dan membakar kalorimu. Misalnya beberapa cara di bawah ini, 

Berjalan Kaki

Berjalan kaki bukanlah yang sulit dilakukan dan tidak butuh banyak tenaga, tapi akan sangat membantumu menurunkan berat badan. Kamu bisa membiasakan dirimu untuk berjalan kaki di mana saja.

Misalnya dengan mulai menggunakan tangga dibandingkan lift, atau berjalan kaki dibandingkan menggunakan kendaraan. Dengan begini, kamu tidak hanya sampai tujuan tapi juga membakar kalori.

Latihan Mini

Kamu tidak sempat ke gym atau berolahraga lainnya? Tenang, masih banyak hal yang bisa dilakukan di kamar sebelum dan setelah tidur. Misalnya seperti, push-up, sit-up, yoga, stretching dan pull up.

Banyak sekali cara untuk beraktifitas tanpa mengganggu jadwal sehari-hari kita, dan tiap aktifitas akan membantu untuk mengurangi berat badan. Pada intinya, lebih banyak bergerak lebih banyak lemakmu yang hilang.

Baca Juga: Cara Membakar Kalori Dengan Pola Makan Sehat Berikut Ini!

Membersihkan Kamar

Debu di kamarmu sangat cepat menumpuk? Nah, hal ini bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk membakar kalori. Karena ternyata menyapu dan mengepel dapat membakar kalori juga. Selain itu, memindah-mindah furniture dan mendekorasi kamar juga bisa membuat tempat tinggal kita lebih nyaman dengan bonus membakar kalori dalam tubuh.

5. Ajaklah Kawan

ajaklah kawan untuk menurunkan berat badan

Lakukan pola hidup sehat bersama teman-teman dapat membantu kamu menurunkan berat badan lebih cepat - OkayDoc

Kurang percaya bisa berkomitmen untuk menurunkan berat badan? Nah, cara menurunkan berat badan yang satu ini bisa menjadi cara yang ampuh. Ajaklah teman, pasanganmu, rekan kerja atau anggota keluarga. Melakukan sesuatu dengan orang lain akan membantumu lebih disiplin untuk hidup lebih sehat.

Selebihnya, dengan mengajak kawan dalam menurunkan berat badan, kamu akan bisa saling mendukung dan saling mengingatkan satu sama lain.

6. Jadwalkan Makanmu

cara menurunkan berat badan OkayDoc

Buat jadwal makan untuk memantau asupan kalori sehari - OkayDoc

Untuk mempermudah memantau asupan kalorimu dalam sehari, buatlah jadwal tersendiri. Tentukan jam makan dan mengemil. Masukkan pula makanan yang akan dikonsumsi ke dalam daftar menu harian agar sesuai dengan kebutuhan kalorimu.

Cara menurunkan berat badan yang satu ini memang tidak mudah dan membutuhkan komitmen besar. Namun, tips ini akan membuat tubuh membentuk ritme makan. Selain itu, mengemil secara berlebihan juga dapat dihindari dengan cara ini.

7. Gunakan Alat Makan yang Lebih Kecil

cara menurunkan berat badan OkayDoc

Makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat memberikan sinyal visual dan sugesti bahwa kamu sudah makan banyak - OkayDoc

Pernah berpikir ukuran alat makanmu akan memengaruhi keberhasilan menurunkan berat badan?

Makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat memberikan sinyal visual dan sugesti bahwa kamu sudah makan banyak. Sehingga lebih mudah merasa kenyang.

Sebaliknya, piring besar biasanya akan mendorongmu untuk memasukkan makanan dalam jumlah besar pula. Sebab, makanan terlihat sedikit bila dimasukkan dalam tempat yang besar.

Bukan hanya piring, gunakan juga peralatan makan lain yang lebih kecil, misalnya sendok. Makan dengan sendok kecil akan membuat asupan tiap suapan lebih sedikit dan makan lebih lama. Hal ini dapat membantu tubuh untuk mengolah makanan secara perlahan.

8. Kunyah Makanan Perlahan

cara menurunkan berat badan OkayDoc

Mengunyah perlahan juga dipercaya akan memicu peningkatan produksi hormon yang berhubungan dengan penurunan berat badan - OkayDoc

Bila sebelumnya kamu selalu makan terburu-buru, mulai sekarang ubah kebiasaan ini. Mengunyah secara perlahan akan membantumu mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Tak hanya itu, mengunyah perlahan juga dipercaya akan memicu peningkatan produksi hormon yang berhubungan dengan penurunan berat badan.

9. Cobalah Puasa Berjeda

cara menurunkan berat badan dengan diet puasa berjeda.jpg

Diet puasa berjeda dipercaya sebagai salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif - OkayDoc

Jika cara-cara di atas sudah kamu terapkan, namun kamu masih sedikit kecewa terhadap hasilnya, cobalah diet puasa berjeda. Jenis diet ini dipercaya dapat menurunkan berat badan melalui mekanisme penyesuaian kadar hormon yang memengaruhi pembakaran cadangan kalori dalam tubuh.

Namun, konsultasi dengan dokter perlu dilakukan jika kamu menderita gangguan kesehatan. Dalam beberapa kasus, kamu tidak diperbolehkan berpuasa selama menderita atau menjalani terapi penyembuhan penyakit tertentu.

Apabila dokter mengizinkan kamu untuk menjalani diet ini, terapkan metode puasa berjeda yang paling nyaman untukmu. Agar lebih termotivasi, ingatlah terus target nilai bobot badan ideal yang kamu inginkan selama menjalani diet!

Baca Juga: Cara Diet Alami dan Sehat Ini Anti Bikin Kamu Kelaparan

Sekarang kamu sudah tahu cara menurunkan berat badan yang efektif, bukan? Hal yang perlu kamu ingat adalah, kunci mendapatkan berat badan ideal adalah dengan menjalankan hidup yang lebih sehat dan mempertahankannya. Jadi, mulai lawanlah godaan sehari-hari dan lebih sayangi diri dengan hidup lebih sehat untuk mencapai berat badan ideal.

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria
Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
17 Nov 2017
Kamu Tetap Langsing dengan Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami
Vivi Hermin
Diet
06 Jun 2018
Diet Puasa Berjeda demi Tubuh Ramping Tanpa Tersiksa
Diah Ayu Lestari
Kesehatan Bayi
19 Oct 2017
Berapa Berat Badan Ideal Bayi yang Sehat?
Annisa Trimirasti
Kebugaran
04 Jul 2017
Gerakan Senam Aerobik yang Efektif Menurunkan Berat Badanmu
Dewangga
Kebugaran
23 Apr 2018
Ini 4 Cara Menggemukkan Badan yang Sehat dengan Mudah!
Diah Ayu Lestari
Kebugaran
06 Jun 2018
6 Penyebab Berat Badan Naik Saat Berpuasa
Venny Firstyani
Memuat...
Konsultasi
Memuat...