• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Sekitar 1,5 juta orang per tahun mengalami patah tulang karena penyakit tulang seperti osteoporosis.Terjadi secara perlahan dan bertahap, penyakit tulang dapat dicegah bila kamu menerapkan cara menjaga kesehatan tulang berikut!

Tulang memiliki beragam fungsi mulai dari melindungi organ, tempat cadangan mineral, juga memberi bentuk pada tubuhmu. Sayangnya, pengeroposan dapat muncul pada tulang seiring dengan bertambahnya usia.

sakit pinggang belakang

Pengeroposan dapat muncul pada tulang seiring dengan bertambahnya usia - OkayDoc

Kondisi tersebut dapat menjadikan tulang rapuh dan mudah patah. Selain itu, beragam masalah dapat timbul akibat tulang yang rapuh, mulai dari kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, hingga kecacatan.

Ayo praktikkan cara menjaga kesehatan tulang berikut untuk memperlambat proses pengeroposan dan tulangmu tetap kuat!

Mencukupi Asupan Kalsium

mencukupi asupan kalsium

Susu adalah salah satu sajian berkalsium tinggi yang baik untuk tulang - OkayDoc

Kalsium adalah mineral yang penting bagi tulang. Orang dewasa usia 19 sampai 50 tahun direkomendasikan untuk mengonsumsi 1000 mg kalsium per hari. Sedangkan wanita menopause dan pria di atas usia 70 tahun memerlukan 1200 mg kalsium per hari.

Susu dan produk olahannya seperti yoghurt dan keju tinggi kandungan kalsium. Selain itu, sumber sajian lain seperti almond, sayuran hijau (brokoli ; bok choy ; kale), salmon dan sarden, serta produk olahan kedelai (tofu ; susu kedelai) juga dapat menjadi sumber kalsium.

Kebutuhan kalsium juga dapat dipenuhi dengan konsumsi suplemen. Pastikan mengonsumsinya sesuai petunjuk pemakaian.

Kadar Vitamin D yang Cukup

kadar vitamin D yang cukup

Terpapar sinar matahari merupakan cara alami mencukupi kebutuhan vitamin D - OkayDoc

Tubuh dapat menyerap kalsium dengan bantuan vitamin D. Bersama kalsium, vitamin ini juga berfungsi menyusun struktur tulang dan menjaganya tetap sehat serta kuat. Vitamin ini dapat dibuat secara alami oleh tubuh saat kulit terpapar sinar matahari.

Oleh karena itu, cobalah untuk memperbanyak waktu terpapar matahari dari sekarang. Pasalnya, penuaan menjadikan tubuh kurang efektif memproduksi vitamin tulang ini. Tetapi, hindari terpapar matahari secara langsung dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang.

Sumber makanan seperti ikan tuna dan sarden, kuning telur, serta susu formula juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D. Orang dewasa usia 19 hingga 70 tahun direkomendasikan untuk mendapatkan 600 IU vitamin D per hari.

Sedang untuk orang berusia di atas 71 tahun, rekomendasi vitamin D meningkat menjadi 800 IU per hari. Tetapi, kamu tidak boleh melupakan asupan nutrisi lain, misalnya protein, Vitamin B12, magnesium, dan vitamin C.

Nutrisi seimbang diperlukan untuk kesehatan tulang. Jangan hanya mencukupi vitamin D dan kalsium namun melupakan nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuhmu.

Baca Juga: Makanan Pengganti Susu Demi Tulang dan Gigi yang Kuat

Rajin Berolahraga

rajin berolahraga

Olahraga menahan beban termasuk berlari bagus dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan tulang - OkayDoc

Olahraga tidak hanya berfungsi untuk pembentukan otot tetapi juga menguatkan tulang. Pilihlah jenis olahraga yang membuatmu menahan beban (weight-bearing), baik itu beban tubuhmu atau beban dari alat-alat olahraga seperti dumbbell, barbel dan lainnya.

Olahraga beban mandiri seperti berjalan, jogging, naik-turun tangga, menahan tubuh dengan lutut ditekuk setengah, ataupun push up bisa kamu lakukan. Bila kamu suka pergi ke gym, berjalan di elliptical machine bisa dicoba.

Semua kegiatan tersebut membantumu membangun tulang sekaligus memperlambat proses pengeroposan. Olahraga-olahraga tersebut perlu dilakukan secara benar dan rutin. Kamu disarankan melakukannya selama 30 menit per hari atau 150 menit per minggu.

Meminimalkan Kemungkinan Terjatuh

cara menjaga kesehatan tulang untuk meminimalkan kemungkinan terjatuh

Kegiatan seperti yoga dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh - OkayDoc

Seiring bertambahnya usia, keseimbangan akan menurun. Kurangnya keseimbangan meningkatkan risiko terjatuh ataupun cedera yang bisa menyebabkan tulang patah atau retak.

Kamu bisa melakukan kegiatan yang membantumu mempertahankan keseimbangan seperti berjalan atau mengikuti kelas-kelas olahraga seperti yoga, Tai Chi, dan menari.

Selain itu, minimalkan potensi bahaya terjatuh di sekitarmu, seperti lantai licin dan pencahayaan yang kurang. Pemeriksaan mata untuk memantau fungsi penglihatan juga bisa kamu lakukan.

hindari minum alkohol untuk menjaga kesehatan tulang

Hindari minum minuman beralkohol sebagai cara menjaga kesehatan tulang - OkayDoc

Selain beragam cara di atas, kamu juga disarankan untuk berhenti merokok dan membatasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 2 gelas per hari agar tulang tetap kuat.

Baca Juga: Nutrisi Makanan untuk Penderita Patah Tulang!

Menjaga kesehatan tulang adalah proses seumur hidup yang perlu dilakukan sejak dini. Beragam cara menjaga kesehatan tulang tidaklah sulit untuk dilakukan, seperti memerhatikan pola makan dan rajin berolahraga.

Tak hanya itu, cara-cara tersebut juga mendukung kesehatan secara keseluruhan mengingat tulang adalah salah satu komponen utama dalam tubuhmu. Yuk, miliki tulang kuat, padat, dan sehat dari sekarang!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Catat 7 Penyakit Tulang yang Paling Umum Terjadi Ini!
Annisa Trimirasti
10 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...